Weblog Kanker Payudara

SEKILAS TENTANG KANKER LEHER RAHIM ( CERVICAL CANCER )

Posted on: November 24, 2008

Blog ini sesungguhnya saya buat untuk memberikan informasi kepada masyarakat,khususnya wanita mengenai kanker payudara.Tapi ternyata dalam perjalanan untuk mengenal kanker, saya sering menemui pembunuh wanita terbesar selain kanker payudara, ada kanker lain yang rangkingnya sering berkejar-kejaran dengan kanker payudara, yaitu kanker leher rahim.Ini sangat memprihatinkan Untuk itu saya merasa tergerak harus menuliskannya sekedar memberikan sedikit informasi mengenai kanker serviks ini. Kanker ini sebenarnya salah satu penyakit kanker yang seharusnya bisa dicegah agar penderitanya tidak meningkat dan meluas apabila masyarakat hidup bersih. Bersih disini artinya adalah dalam kehidupan pribadinya ketika orang sudah active secara seksual, hindarkanlah berganti-ganti pasangan.  Setialah pada pasangan masing-masing karena beganti-ganti pasangan dalam kehidupan seksual, seseorang akan sangat rentan tertular virus HUMAN PAPILOMA VIRUS penyebab kanker serviks. Juga rentan akan virus HIV AIDS. Hiduplah sesuai norma-norma perkawinan yang sudah digariskan dalam agama masing-masing. Karena masa inkubasi penyakit-penyakit ini bisa puluhan tahun. Dalam hal ini yang banyak dirugikan adalah wanita. Yang paling memprihatinkan mereka adalah wanita-wanita yang seharusnya terlindung dari perilaku kehidupan seksual tidak sehat yaitu para ibu rumah tangga. Mereka biasanya merupakan korban dari para suami, sungguh kasihan. Karena masa inkubasi virus ini bisa panjang, maka jangan heran apabila suatu saat pembaca blog ini menemukan seorang wanita yang sudah menjanda ternyata terkena kanker serviks. Hal ini bisa terjadi karena mungkin 3 sampai 17 tahun yll dia tertular virus dari suami yang telah lama meninggal. Bisa dibayangkan betapa menderitanya dia, mendapat peninggalan yang tidak disangka-sangka.Maka sekali lagi para wanita dan pria, hiduplah sesuai dengan norma-norma social dan agama agar terhindar dari virus-virus yang menyengsarakan ini. Terutama para remaja baik pria maupun wanita hindari kehidupan seks bebas karena bisa saja kelak beberapa tahun kemudian saat usia productive, karier mapan, telah membina rumah tangga, ternyata yang wanita terkena kanker serviks dan yang pria terkena kutil kelamin akibat pergaulan bebas masa lalu. Dibawah ini yang akan saya bahas hanya kanker serviks.

BAGAIMANA TERJADINYA KANKER SERVIX

Kanker serviks berkembang ketika sel abnormal dalam servix membelah tanpa kendali.Ini disebabkan oleh virus yang disebut HUMAN PAPILOMA VIRUS ( HPV ). Saat ini sudah diketahui ada 120 type HPV. 30 sampai dengan 40 type HPV diketahui menyerang area kelamin.

  • HPV type 6 dan 11 adalah type yang berisiko rendah, karena tidak menyebabkan kanker hanya menimbulkan “ ANOGENITAL WARTS” atau kutil/ jengger ayam pada area kelamin, diantaranya pada kulit penis, mulut vagina dan anus.
  • HPV type 16 dan 18 adalah type yang berisiko tinggi menyebabkan kanker.

 

 

 cervical-cancer2

GEJALA KANKER SERVIKS

  •  Pendarahan yang tidak normal
  •  Pendarahan setelah melakukan hubungan intim
  •  Pendarahan abnormal diluar waktu haid
  •  Pendarahan sesudah menapouse
  •  Kelainan pada vagina
  •  Keluarnya cairan kekuningan kadang bercampur darah, berbau sangat busuk
  •  Gejala lain
  •  Sakit disekitar pinggul, kaki.

Harus diwaspadai juga bahwa pada kebanyakan wanita penyakit ini TIDAK menunjukkan gejala, dan banyak orang dapat MENULARKAN HPV TANPA menyadarinya. Perlu diingat bahwa pria dapat menularkan HPV

FAKTOR PENYEBAB INFEKSI HPV

  1.  Usia muda ( puncak infeksi usia 20-29 )
  2.  Mulai hubungan kelamin pada usia muda
  3.  Berganti-ganti pasangan
  4.  Merokok
  5.  Punya banyak anak

AKIBAT YANG DITANGGUNG PASIEN KANKER SERVIKS

  • Biasanya HPV akan menjadi kanker pada usia 35-55 tahun ( usia produktif )
  • Pengobatannya berpotensi terjadinya komplikasi dan kemandulan. Sangat memprihatinkan apabila kanker ini menyerang wanita yang belum mempunyai keturunan, karena ancaman kemandulan mungkin akan terjadi.
  • Kualitas hidupnya akan sangat menurun dan akan sangat menderita
  • Apabila hanya merupakan Kutil kelamin,ini juga sangat mengganggu karena sering kambuh dan sangat sakit 

CARA PENULARAN VIRUS HPV

  • Melalui jalur seksual : hubungan intim, kelamin-kelamin, mulut-kelamin, tangan-kelamin. Kebanyakan pria dan wanita yang telah berhubungan intim berisiko terinveksi HPV, apalagi yang sering berganti pasangan dan kehidupan seksualnya tidak bersih, maka lebih dari 75%  pernah terinveksi HPV
  • Melalui jalur non seksual : Penularan langsung, yaitu dari ibu ke bayinya pada saat persalinan.Tentu saja ini pada ibu yang telah tertular virus HPV
  • Tidak melalui kelamin : pakaian dalam, alat-alat kedokteran yang tidak steril ( tapi ini sangat kecil kemungkinannya )

Bagi orang yang sudah terinfeksi HPV, ada 2 kemungkinan yang didapat

  1. 80% akan sembuh dengan sendirinya oleh system kekebalan tubuhnya yang tinggi.
  2. 10-20% kemungkinan akan menjadi infeksi yang menetap, yang kemudian berisiko menjadi kanker

CARA PENGOBATAN KANKER SERVIKS

  1. Pencegahan :   edukasi dan menggalakkan pemakaian kondom,
  2. Vaksinasi : vaksin HPV yang sekarang ada adalah Gardasil.itupun hanya dapat mencegah type HPV 6,11,16 dan 18. Selebihnya belum terbukti dapat dilindungi oleh vaksin ini. 

Vaksin HPV sebaiknya diberikan pada anak perempuan usia antara 9 – 15 thn. Wanita usia 16-55 tahun, anak laki-laki usia 9-15 tahun  Atau yang belum active secara seksual dan belum ditemukan virus HPV dalam tubuhnya. Karena vaksin ini tidak akan efektive apabila didalam tubuh seseorang sudah terdapat virus HPV.  Berhubung tidak semua jenis virus HPV dapat dicegah oleh vaksin ini, maka meskipun sudah divaksinasi, wanita tetap harus melakukan pap smear.

Pemberian vaksin adalah secara bertahap selama 6 bulan, caranya adalah :

  • satu kali diberikan pada dosis pertama
  • dosis ke dua, dua bulan sesudah dosis pertama
  • Dosis ketiga tiga bulan sesudah dosis ke dua

Jadi semua dosis diberikan harus kurang dari 1 tahun. Vaksin ini jangka waktunya 5 sampai 7 tahun. Sekali suntik harga vaksinnya kalau nggak salah Rp. 1.315.000,-

Deteksi dini : PAP SMEAR, VIA
Pengobatan : chemotherapy, radiotherapy, pembedahan untuk grade ringan dan sedang.

15 Tanggapan to "SEKILAS TENTANG KANKER LEHER RAHIM ( CERVICAL CANCER )"

Selain vaksin, chemo dan raditherapy, apakah pemakaian tambahan supplement / obat anti oksidant bisa mengurangi/mencegah?
Adakah cara alami selain itu karena setahu saya dengan chemo, radiasinya akan meninggalkan penyakit degeneratif yang baru?

Sebaiknya pasien apabila memang sudah positive didiagnosa menderita kanker, jalani saja pengobatan standard kanker. Meskipun ada yang tidak tahan dengan obat chemotherapy & radiasi, toh banyak juga saya lihat pasien yang kuat. Dan lagi, apabila menilai suatu obat lihatlah apakah lebih banyak manfaatnya ataukah mudaratnya. Sekarang obat untuk meminimalkan efek chemotherapy juga sudah banyak. Kalau suplemen atau obat-obat herbal yang bisa mematikan virus HPV saya belum pernah dengar. Selidiki dulu apakah obat itu sudah dipatenkan, sudah disetujui BPOM, uji klinisnya sudah sampai dimana?. Intinya selidiki suplemen itu jangan sampai malahan memperparah penyakit.Memang hak pasien untuk menentukan pengobatannya sendiri, tapi hati-hati jangan malahan merepotkan keluarga.

halo…
saya cowo.
dan saya mendapati kutil di batang penis saya sekitar 5 bulan yg lalu…
baru2 ini saya sering sekali melakukan hub seks dgn pasangan… apakah dia bakal tertular?

apa yang harus saya lakukan? apakah ini juga HPV?
apakah berbahaya?

Robert, kemungkinan besar pasangan kamu akan tertular apabila memang kutil itu akibat virus HPV tersebut. cobalah kamu dan pasanganmu segera datang ke dokter ginekolog Onkology ( dokter kandungan yang menangani kanker ) untuk mendeteksi apakah benar itu virus HPV. apabila “ya” maka bisa segera dilakukan tindakan. karena untuk pasanganmu, apabila HPV menjadi kanker, akan sangat menderita.

maaf payudara istri saya sering sakit kalo dia sedang terangsang. dan ini akan berlaku lama sekali…tolong beritahu saya permasalahnnya..

Thank’s
biar gw cowok, paling g’ info ini bisa bermanfaat bwt istri gw tercinta…..
bwt cewek2…. ati2 aja ya dalam menjaga diri dan pergaulan…. selamatkan indonesia, dan ini memang harus dimulai dari diri sendiri….

Trimksh sblmny.
Sy ibu rmh tngg dg dua anak sudah 1mngg vagina sy gatal sdh mnm antibiotik tp tdk berkurang ternyt di vagina sy trdpt daerah yg berwarna pth susu.Kmn sy konsulkan dr OBGIN atau KULIT KELAMIN atau ke YAYASAN KANKER?
Trmksh bnyk……..

Ibu bisa ke spesialis OBGIN atau langsung ke YKI juga boleh untuk test PAPSMEAR

Thx wat infonya…..
Blog Anda bisa memberikan pengetahuan lebih tentang bagaimana kanker serviks itu….
paling G’ bisa thu gmana pencegahan kanker yang mematikan itu=)

pap smear??
koq sy ragu ya,,,
permasalhannya adalah kultur budaya dan agama. mungkin org2 akan menilai bhwa zaman yg sudah canggih kita tdk boleh ktinggalan. tapi pasti ada saja kaum yg tidak stuju dg “pap smear”
apa ada alternatif lain? mungkin pencegahan secara alami dan tradisional??

Zahra, adalah hak setiap orang untuk menangani penyakitnya sendiri dengan cara tradisionil atau medis. Mungkin ini yang saya saksikan sehari-hari dengan pasien kanker di RS. biasanya kalau ditangani secara tradisionil akan semakin parah. dan kalau sudah pecah, kanker itu baunya sangat busuk bahkan sampai jarak 5 meter.Pap smear adalah hanya diambil cairan vaginanya saja, biasanya dilakukan oleh dokter/perawat wanita.

sy seorang ibu dg 2 org putri, sy pernah terkena pra kanker servix dan sudah mendapat tindakan medis laser utk servix jg sdh mendapat suntikan vaksin utk kanker servix tsb..selama ini sy melakukan pola hidup sehat, sy tdk merokok, tdk pernah berganti pasangan, bisa dikatakan sy selalu berusaha mengikuti pola hidup sehat dan bersih..suami sy memang perokok, termasuk agak tak acuh dlm hal kebersihan dan kesehatan tp menurutnya dia tdk pernah berhubungan badan dengan perempuan lain…pertanyaan saya..
1. bagaimana dan kenapa saya bisa terkena pra kanker servix, smt sy bisa dikatakan mengikuti pola hidup sehat?
2. menurut dokter yg merawat saya, virus yg ada pada suami masih ada, apakah saya masih bisa terinfeksi virus HPV lagi sementara sy sdh melakukan vaksinasi

pertanyaan lanjutan…
3. apakah org yang pernah terkena pra kanker beresiko lebih tinggi terinfeksi ulang oleh virus HPV dibanding kan dengan yg belum pernah terinfeksi virus tsb?
4. tindakan apa yg harus saya lakukan supaya tidak terinfeksi ulang virus tersebut?
5. bagaimana mematikan virus tersebut yang masih ada pada suami? apakah virus tersebut bisa di “matikan” ??…tks
6. apakah saya dapat t menularkan virus tsb pada kedua putri saya? mengingat mereka msh kecil2 msh dibantu saat selesai berkemih atau buang air besar…
tks…

Thnx bgt ya..
Info.ny bnr2 jelas & brmanfaat.

Klo ad info lainny tlg krm k email ya,
thnx bgt
C=

fb: tamaki_suou_theking@yahoo.com

Maaf, saya cuma mau kasih tahu bahwa rekan saya ada yang sembuh dari kanker dan penyakit yang lain yang cukup parah..

silahkan lihat testimonynya di :

http://www.facebook.com/home.php?#!/photo.php?pid=134377&id=100000908235647

semoga membantu…

kalau saran saya utk pencegahan silahkan ganti pembalutnya karena pembalut di pasaran banyak yang mengandung dioksin..

kalau mau tahu pembalut yang tidak ada dioksin silahkan sms ke 081932959940

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 1,056,482 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
%d blogger menyukai ini: