Weblog Kanker Payudara

BENJOLAN DI PAYUDARA, APAKAH ITU KANKER ?

Posted on: April 20, 2008

Perubahan pada payudara terjadi hampir pada setiap wanita. Tapi sebagian besar perubahan itu bukan kanker. Ini bisa jadi karena perubahan level hormone, yang normal terjadi pada wanita apabila usia bertambah. Wanita yang lebih muda, bisa jadi mempunyai kelenjar payudara lebih banyak, lebih padat dan tidak berlemak/gemuk, dibandingkan wanita yang usianya lebih tua, apalagi yang telah menapouse. Meskipun begitu, bisa juga perubahan yang terjadi pada payudara itu merupakan tanda-tanda dari kanker. Perubahan ( benjolan ) pada payudara yang bukan merupakan kanker disebut benign ( tumor, tapi bukan kanker ).

 

Dalam siklus kehidupan wanita sering terjadi perubahan-perubahan pada payudaranya. Perubahan-perubahan yang bukan kanker itu diantaranya adalah :

 

1. LUMPINESS ( BENJOLAN )

Beberapa wanita mengalami beberapa jenis benjolan pada payudaranya, sebagian lebih terasa padat dibanding wanita lain, kadang juga terasa kenyal ketika di raba. Ini bisa jadi merupakan kelenjar pada jaringan payudara.

 

2. PERUBAHAN PADA PAYUDARA DIKARENAKAN MENSTRUASI

Banyak wanita, yang pada payudaranya mengalami pembengkakan, terasa lembut dan agak sakit, yaitu pada waktu sebelum atau sedang menstruasi. Mungkin juga terasa ada satu atau beberapa benjolan didalamnya. Ini disebabkan oleh adanya cairan ekstra di payudara yang dikarenakan adanya perubahan normal dari hormone. Dokter, biasanya akan menyarankan untuk kembali lagi satu atau dua bulan lagi, untuk memantau apakah benjolan itu akan hilang dengan sendirinya, ( karena apabila itu ada hubungannya dengan masa menstruasi, maka begitu menstruasi selesai, benjolan akan hilang ).atau akan tetap ada dan bahkan mungkin ada menunjukkan suatu perubahan. Dan ini yang membutuhkan penanganan khusus.

 

3. SINGLE LUMPS ( BENJOLAN TUNGGAL )

Sebuah benjolan bisa terjadi kapan saja, dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Tapi kebanyakan benjolan bukanlah kanker. Bagi dokter akan selalu diperiksa benjolan itu secara hati-hati. Mungkin akan disarankan untuk menjalani test mammography untuk meyakinkan bahwa itu memang bukan kanker. Dan selalu control ke dokter secara rutin apabila sudah ada benjolan dipayudara. Bisa saja benjolan yang terdahulu hanya tumor biasa, tapi apabila ada tumbuh benjolan baru, bisa jadi itu bukan tumor biasa, tapi merupakan salah satu jenis kanker.

 

4. PUTING MENGELUARKAN CAIRAN

Sebenarnya puting mengeluarkan cairan itu bisa dikatakan umum pada wanita. Cairan yang keluar itu bisa dalam warna dan bentuk yang berbeda. Sebagai contoh, ini bisa dikarenakan pil anti hamil,atau obat-obatan lain seperti misalnya obat-obat penenang, ataupun infeksi-infeksi tertentu. Namun begitu cairan yang keluar dari payudara, tetap harus diwaspadai, terutama bagi wanita yang sedang menuju atau telah lewat masa menapouse. Karena bisa jadi itu merupakan pertanda dari kanker. Untuk itu segeralah ke dokter, apalagi bila cairaan itu berubah warna dan tekstur. Dokter, akan mengambil sample dari cairan itu untuk di selidiki di laboratorium.

 

5. MASTITIS

Selama menyusui, kadang bisa terjadi suatu infeksi yang disebut mastitis. Ini terjadi apabila saluran air susu tersumbat. Akan terlihat memerah, ada benjolan / pembengkakan, terasa hangat dan agak kenyal. Biasanya diobati dengan antibiotic dan kadang air susu perlu dikeluarkan dari salurannya, apabila dengan pengobatan biasa belum berhasil.

 

6. AKIBAT PERUBAHAN LEVEL HORMON

Perubahan hormone bisa menyebabkan payudara terasa lembut, padat bahkan kadang terasa lebih menonjol dari sebelumnya. Akibat bertambahnya usia, perubahan pada payudara bisa saja terjadi. Diantaranya :

- Intraductal papiloma

Ini seperti jerawat, tumbuhnya di puting. Biasanya akan diambil melalui operasi kecil yang tidak akan merubah penampilan dari payudara

 

- Mammary duct ectasia

Sejalan dengan masa menapouse, saluran air susu dibawah puting bisa membengkak dan tersumbat. Ini akan terasa sakit dan puting akan mengeluarkan cairan. Masalah ini akan diobati dengan antibiotic, kompres hangat, bahkan kadang harus dioperasi untuk menghilangkan saluran air susu tersebut.

Apabila pasien sedang menggunakan terapi hormone seperti misalnya hormone replacement therapy ( HRT ), pil anti hamil, atau suntikan. Harus diinformasikan ke dokter yang merawatnya, karena akan mempengaruhi hasil mammogram. Karena terapi hormone akan menyebabkan payudara menjadi lebih padat, yang menyebabkan dokter agak kesulitan dalam membaca hasil mammography.

Ketika wanita mengalami menapouse, level hormonnya akan menurun, dan kelenjar payudara akan berkurang kepadatannya, lebih berlemak / gemuk. Pada saat ini, mungkin wanita akan merasa bahwa keluhannya seperti adanya benjolan, sakit, atau cairan yang keluar dari putting akan menghilang. Dan pada masa inipun hasil pemeriksaan mammography akan mudah terbaca.

 

MAMMOGRAM

Adalah penting bagi wanita selalu mengontrol payudaranya dan melakukan mammography satu hingga dua tahun sekali terutama yang telah berusia 40 tahun, agar bisa cepat diketahui apabila ada perubahan bentuk.

GAMBAR MAMMOGRAPHY PADA PASIEN :

GAMBAR HASIL MAMMOGRAPHY :

Mammogram gunanya adalah sebagai screening dan juga sebagai alat diagnosa. Screening, untuk menemukan perubahan pada payudara, apabila wanita sendiri tidak merasakan adanya perubahan apa-apa.

Sebagai alat diagnosa, apabila dokter mencurigai adanya suatu perubahan pada payudara, maka pasien mungkin memerlukan diagnostic mammogram. Yang berarti sinar x-Ray harus lbh banyak, agar memperoleh gambaran yg jelas.

 

APA YANG BISA DIPERLIHATKAN DARI MAMMOGRAM

1. KISTA

Bentuk

- benjolan berisi cairan .

- biasanya bukan kanker

- hampir terjadi pada

Wanita usia 35 – 50 th

- Sering terjadi pada ke-dua payudara

- beberapa terlalu kecil sehingga sukar

Untuk diraba

 

Rekomendasi dokter

Dokter akan mengamati kista ini untuk beberapa kali atau menggunakan fine needle aspiration untuk mengangkat cairan dari dalam kista. USG bisa juga digunakan untuk mengetahui apakah kista tersebut berisi cairan atau solid.

 

2. FIBROADENOMA ( FAM )

Bentuk

- Keras, bulat, tumor yang tumbuh. Penyebabnya karena sering makan yg. berlemak

- Terasa seperti karet,mudah berpindah-pindah

- Biasanya terasa sakit

- Biasanya sering terjadi pada remaja dan wanita muda

- Penampakan dalam mammogram, benjolan yang membulat halus dengan batas yang jelas

- Akan membesar pada saat wanita hamil atau menyusui

Rekomendasi dokter

Kadang didiagnosa dengan biopsy ( fine needle aspiration )

Apabila terlihat tidak normal, maka dokter akan menyarankan untuk diambil saja.

 

3.MACROCALCIFICATION

Bentuk

- Dalam mammogram akan terlihat sebagai endapan kalsium yang besar.

- Biasanya karena usia

- Biasanya bukan kanker

- Tapi apabila mereka mengumpul dengan cara / bentuk tertentu, bisa jadi itu pertanda kanker.

 

Rekomendasi dokter

Akan dilakukan mammogram ulang pada area tersebut, dan biopsy mungkin juga digunakan untuk mendukung diagnosa.

 

4. LUMP /BENJOLAN ( MASSA )

Bentuk

- Mungkin berbentuk bulat dan halus

- Mungkin dikarenakan perubahan hormone

- Tepi benjolan yang berbentuk tak beraturan bisa jadi merupakan pertanda kanker

 

Rekomendasi dokter

Akan dilakukan mammogram atau USG pada area tersebut untuk mengetahui apakah benjolan itu solid atau mengandung cairan, dan biopsy mungkin juga digunakan untuk mendukung diagnosa.

 

4. MICROCALCIFICATION

Bentuk

- Terlihat dalam mammogram sebagai bintik kecil kalsium disuatu area dimana

terjadi pembelahan sel yang cepat

- Apabila merupakan suatu kumpulan yang berubah dengan pola tertentu,

kemungkinan kumpulan itu bisa merupakan pertanda kanker

Rekomendasi dokter

Mammogram lagi pada area tersebut, untuk melihat lebih detail.

Kemungkinan akan dilakukan biopsi untuk menentukan diagnosa

About these ads

167 Tanggapan to "BENJOLAN DI PAYUDARA, APAKAH ITU KANKER ?"

suatu benjolan yang terletak dimana mana apakah memungkinkan bahwa itu adalah suatu kanker? apakah sama antara penbengkakan kelenjar dengan tumor atau kanker??
pada payudara kiri, saya menemukan 1 pembengkakan yang sangat terasa, tapi pada bagian lain pun saya menemukan nya, hanya tidak terlalu besar. dan ini banyak saya temukan.
apakah ini hanya pembengkakan kelenjar yang di pengaruhi hormon? atau sebaliknya?
tolong bantu saya dalam menemukan jawab nya. sebelumnya terima kasih telah membantu.

Bisa saja benjolan yang ada dimana-mana itu,tidak ada yang ganas. Tapi bisa juga salah satu atau beberapa yang ganas. Biasanya dokter akan menyuruh pasien kembali setelah beberapa waktu sehabis menstruasi. Tapi kalau ketika diraba ada yang sangat mencurigakan, biasanya lalu disuruh USG dan mammography. Karena dari test tersebut akan terlihat apakah benjolan2 itu kista biasa atau kanker.

saya ibu 34 thn yg sudah hampir tiga tahun tidak mneyusui anak ke dua (terkahir menyusui anak semala 9 bulan) ada benjolan di payudara kanan saya sudah di USG dan ditemukan kista di payudara kanan kiri hanya sebelah kanan lebih besar menurut dokter itu hanya hormon saya diberikan obat tp setiap minum obat itu saya mual (1 kali pernah muntah) apa mungkin cairan itu timbul krn saya suka memencetnya dgn tujuan utnk mengeluarkan asi saya krn saya takut kalau masiha da sisa asi itu bisa berbahaya…dan apakah ada obat yg lebih ringan. terimakasih

Saya kurang paham dengan obat hormon, karena tidak pernah memakainya. Tapi setahu saya, pasien-pasien yang saya temui, tidak ada yang mual oleh obat hormon. Lebih baik ibu bicarakan ke dokter yang selama ini merawat sehingga bisa diganti jenis yang lebih ringan.

thanks utk artikelnya, helpfull bgt.

saya ibu 1 anak ,..umur 26 tahun,..pd usia 24 tahun (belum punya anak) ada beberapa benjolan di payudara saya ,..1 di kiri dan 2 di kanan,….sy sudah usg kata dokter sih tdk berbahaya,…kalo mau diangkat silahkan,..ga diangkat pun tdk apa-apa,…lalu setelah saya punya anak (umur anak saya skarang 6 bulan) saya sering mengalami sakit ngilu gitu pada kedua payudara saya….apakah bahaya ????? saya baru mau memeriksa lagi ke dokter…….tp saya agak takut……

Seperti yang sudah saya jelaskan pada penanya yang lain, sangat sulit apabila menentukan benjolan itu berbahaya atau tidak hanya berdasarkan informasi. Banyak benjolan yang terasa sakit meskipun itu bukan kanker, karena itu tergantung dari letak benjolan, dan menekan bagian apa dari tubuh. periksalah USG dan mammography kemudian konsultasikan ke dokter bedah onkology

jika tangan kadang terasa kebal / kebas juga termasuk gejala yg berbahaya,…..terima kasih ya atas sharing nya.

Yenny, kalau tangan terasa kebas, belum tentu karena kanker payudara. tapi apabila diketiak kamu ada benjolan, danraba juga dengan cara SADARI pada payudara, apabila memang ada benjolan, maka bisa saja kebas itu akibat adanya tumor

saya wanita berumur 25 tahun, saya takut, disekitar puting susu saya ada benjolan kecil berupa jerawat,… ketika mandi saya pencet sampai mengeluarkan darah, apakah benjolan itu berbahaya?

Coba kamu baca artikel di blog ini tentang penyakit paget. Apakah seperti itu?. Apabila iya, konsultasikan ke dokter bedah Onkology

aku mo tanya…
aku punya sahabat berumur 20 th, akhir2 ini sering mengeluh sakit di payudara nya katanya sudah dirasakan sekitar 4 bulan yg lalu dan ada benjolan di payudara sebelah kanan, serta payudaranya yang sebelah kanan lebih kecil,itu menurut pengakuan teman ku itu,
aku ingin bawa dy ke rumah sakit hanya saja dy takut untul mengetahui hasilnya,
kira2 apabila aku jadi bawa dy kerumah sakit apa yang harus aku lakukan pertama kali,kira2 biayanya berapa??
yang mengetahui sakitnya ini hanya aku dan beberapa temen yg lain sedangkan orangtua nya tidak mengetahuinya.terima kasih

Bawalah kedokter bedah Onkology, yang sudah berpengalaman. Karena dokter ini secara naluri biasanya sudah tahu benjolan itu apa, tapi kalau dokter ingin lebih pasti lagi biasanya disarankan USG payudara dan mungkin mammography juga. Ke dokter bedah Onkology itu, bukan berarti teman kamu lalu hendak dioperasi. Bisa juga benjolan itu akibat hormon, atau bahkan malah hanya fibroadenoma ( Fam ) kalau ini sih bukan kanker, hanya saja memang harus dioperasi agar kelak tidak menjadi ganas. dan itu hanya operasi kecil saja, setengah hari juga sudah pulang.jangan takut, dan jangan terlambat berobat. karena akibatnya fatal.

Salam,

Saya saat ini berdomisili di Australia, dan 1,5 bulan lagi akan pindah ke Jakarta.

Saya sudah melakukan tes USG 1 minggu yang lalu dan ditemukan benjolan di payudara kiri saya. Dokter disini menyarankan agar dilakukan tes biopsi karena dicurigai benjolan tersebut adalah kanker.

Menurut mbak, apakah lebih baik saya melakukan tes biopsi di Jakarta saja (berarti menunggu sekitar 1 bulan lagi) atau di australia? Saya agak ragu biopsi dilakukan di australia dengan pertimbangan jika hasilnya positif, maka tidak dapat dilakukan tindakan lebih lanjut karena waktu yang terlalu singkat.
Saya khawatir melakukan biopsi disini karena beberapa artikel di internet yang saya baca menyebutkan bahwa biopsi menyebabkan kanker lebih cepat menyebar jika tidak langsung diambil tindakan.

Mohon sarannya..

Terimakasih
Rosie

Hallo, Rossie salam kenal dari jauh. Mengenai biopsi, menurut saya dimana saja boleh. Memang kalau sudah terdeteksi ada kanker, apalagi yang jenis invasive, memang segera harus ada tindakan lanjutan, agar tidak menyebar ke jaringan lain. Jadi menurut saya biopsi, tidak meyebabkan kanker itu menyebar, tapi mungkin pada saat biopsi memang sel kanker sudah keluar dari selubungnya sehingga menyerang ke jaringan sekitar. Karena seperti pengalaman saya sendiri dan banyak pasien di Indonesia yang kebanyakan berobat dalam kondisi terlambat, dulunya juga tidak dilakukan biopsi dan tindakan apa2 tapi karena sifat dan jenis kankernya, ya jadi tetap saja menyebar. Ok, kalau memang inginnya biopsi di Indonesia juga nggak apa-apa. Karena penangan dan obat-obat yang digunakan untuk kanker payudara, dimanapun sama.

ada yang bilang kalau kebanyakan perempuan yang terlalu banyak fikiran dan bahkan kebanyakan wanita yang saya kenal yang meninggal karena kanker payudara atau rahim atau terkena penyakit tersebut semuanya yang saya tahu suaminya BERSELINGKUH. bukan maksud untuk mencampuri atau pun mengkomentari. hanya SAYA INGIN TAHU APAKAH MEMANG ADA KORELASI ANTARA KEBANYAKAN PIKIRAN ATAU MAKAN HATI DENGAN KANKER YANG DIDERITA WANITA.

mohon bantuan jawabannya. kira-kira untuk mengantisipasi hal ini apa yang harus dilakukan.

Tidak bisa digeneralisir seperti itu juga, sih. Sebagian ada benarnya juga, tapi saya banyak mengenal secara pribadi pasien-pasien kanker yang suaminya sangat OK. kalau menurut pengamatan saya, kalau dilihat secara sisi rohani ada beberapa hal lagi, diantaranya:
- Kecewa dengan kondisi kehidupan yang dia terima ( karier, hubungan antar manusia, dll )
- Selalu menuntut kesempurnaan / memasang target yang tinggi untuk setiap aktivitas yang di lakukan. Dan memendam sendiri setiap masalah yang timbul
- Kebanyakan terjadi pada orang yang bersifat introvert
- wanita yang membujang terlalu lama, karier tidak terlalu bagus.
- Ceroboh dalam memelihara kesehatan.
Itulah diantaranya hasil pengamatan saya pribadi.

O,ya Indri, untuk mengantisipasinya menurut saya, selalu ingat pada Tuhan, jadilah manusia yang selalu bersyukur. Bersyukur ketika bangun pagi kita diberi tidur yang nikmat dan bangun dalam keadaan sehat tak kurang suatu apa, ketika menuju kantor lihatlah sekelilingmu betapa indahnya kehidupan yang kita jalani, meskipun panas dan macet, dst…dst. Jangan mudah mengeluh, ketika kita kecewa jangan mudah ngomel-ngomel. kalau sangat-sangat kecewa, tumpahkan/ceritakan sakit hati kita pada Tuhan ketika kita berdoa. nangispun boleh, dan minta kekuatan dan kesabaran. Dalam keadaan tak beruntung, sakit berat, janganlah marah pada Tuhan.Lama-lama kita akan bisa merasakan bahwa hidup itu memang indah dan sekeliling kita juga indah. Salam

Jumpa lagi Mbak..
Terimakasih atas sarannya ya…
Atas saran Mba dan pertimbangan dokter, akhirnya saya melakukan biopsy. Dan hari ini saya sudah terima hasilnya, Alhamdulillah hasilnya negatif…lega rasanya!
Benjolan di payudara kiri saya adalah “Benign Fibroadenoma”. Dari penjelasan dokter, jenis benjolan ini bukan jenis kanker dan cenderung tidak akan berubah menjadi kanker. Karena benjolan saya tidak lebih dari 2 cm, maka dokter tidak menyarankan untuk operasi. Tapi, kalau nanti dibenjolan tsb dirasakan sakit dan berubah bentuk maka harus dikonsultasikan lagi ke dokter.
Pelajaran buat saya dan mungkin buat temen2 juga, kalau memang merasakan benjolan di payudara jangan ragu untuk ke dokter dan, ikuti saran yang diberikan dokter..
Karena, semakin cepat ditangani semakin cepat disembuhkan.. betul kan Mbak..
Buat Mbak, saya salut atas perjuangan menaklukan kanker payudara, dan saya doakan mudah2n Mbak (dan keluarga) selalu diberikan kesembuhan dan kekuatan! Amien..

Cheers,
-Rosie-

Wah, Rossie saya juga ikut senang membacanya. Bersyukurlah karena sudah terhindar dari penyakit yang ditakutkan para wanita. Tapi harus selalu diingat bahwa karena pernah ada benjolan di tubuh kamu maka jaga sekali makanan, rubah pola hidup. supaya benjolan itu tidak berulah.

Alow mb,apakah ada benjolan di bawah puting payudara adalah kangker?cz terasa sakit sampe ke tulang belakang.makasie

Tidak semua benjolan adalah kanker, dimanapun tempatnya. Menentukan itu kanker atau bukan memerlukan pemeriksaan secara seksama.

Maaf, saya baru menyadari beberapa hari ininpayudara kiri saya terasa sakit, dan lalu kemudian saya menyadari adanya benjolan kecil yang seukuran puting susu di bawah puting susu. Rasanya nyeri jika tersentuh, namun sejauh ini tidak mengeluarkan cairan. Apa ini kanker? atau hanya tumor jinak?

tolong dijawab, saya mohon…

terima kasih

Ica, benjolan yang sakit tidak bisa dipastikan bahwa itu kanker. semua harus melalui pemeriksaan, tidak bisa sembarangan menentukan benjolan itu kanker.

helpful bgd blog in,,

hallo mbak..

saya gadis berusia 23 tahun…di kedua payudara saya ada benjolan besar di bagian depan dan tengah yang kira-kira simetris, terjadi seminggu setelah selesai menstruasi (27 nov), namun baru benar2 menyadari setelah adanya rasa nyeri yang mengganggu sekitar tanggal 5-8 des.rasanya nyeri seperti menjelang haid, berat, penuh, suhu badan saya meningkat ketika malam, dan ketika diperhatikan, pada kedua payudara vena terlihat agak jelas selain itu, timbul seperti biang keringat(kecil-kecil pada daerah dekat areola). saya sangat khawatir dengan hal ini. karena setelah ini terjadi saya mudah mengalami sesak nafas, mudah lelah dan berkeringat. stelah konsultasi dengan dokter umum, diagnosa awal adalah pembengkakan kelenjar, dan saya di sarankan untuk melakukan USG dan mamo untuk memastikan hal ini tgl 10 des. yang ingin saya tanyakan adalah:
1. apa penyebab terjadinya pembengkakan kelanjar?
2. jika penyebabbya perubahan level hormon, apa yang menyebabkan level hormon meningkat seextrim ini?
3. apa yang harus dilakukan untuk mengatisipasi nyeri ini?
4. jika bukan pembengkakan kelenjar, apakah hal ini bisa mengarah ke kanker?
5. maaf ya banyak banget nanyanya…habis saya khawatir sekali…hehehe

terima kasih banyak, dan mohon bantuan dan sarannya..

Shelly, karena saya bukan dokter, maka saya hanya memberi jawaban garis besarnya saja bahwa ketidak seimbangan hormon, yang paling utama adalah dari pola makan. selain kurang makan buah dan sayur, juga akibat terlalu banyak makanan-makanan yang mengandung gula. kurang olah raga, pil KB, terapi-terapi yang menggunakan hormon juga bisa. untuk mengantisipasi nyeri, mungkin kamu bisa minta kedokter. Sedangkan untuk menentukan bahwa benjolan itu kanker atau bukan, kamu harus menemui dokter bedah Onkology, untuk menjalani berbagai pemeriksaan. kemudian baru ditentukan jenis/sifat benjolan tsb.

Saya itha 20th, ingin bertanya, waktu saya berumur 16 tahun, saya pernah menjalani operasi dipayudara sebelah kanan saya, karena, waktu saya meraba payudara kanan saya terdapat benjolan, dan akhirnya saya pergi kedokter, kata dokter harus diangkat, akhrnya saya dioperasi dan hasilnya tumor ganas, setelah beberapa tahun saya normal2 saja, tapi akhir2 ini saya meraba kembali payudaya saya, yang bekas operasi terdapat benjolan lagi, saya takut apakah tumor itu berkembang lagi??? – mohon penjelasannya?
Terimakasih
itha atau di nit4_arsel4@yahoo.com

Maaf ada refisi hasilnya tumor jinak, tidak berbahaya.
terimakasih

saya berumur 26th dan belum menikah. beberapa hari yg lalu saat saya membersihkan payudara saya (dengan agak sedikit menekan), saya lihat ada sedikit cairan putih yg keluar dari puting sebelah kanan. warnanya putih seperti susu. dan itu terjadi saat bbrp hari menjelang menstruasi saya.
apakah itu normal?
jikalau normal, mengapa itu bs terjadi?
trm kasih sebelumnya.

Saya berumur 20 tahun. Di payudara sebelah kiri saya di bagian bawah ada benjolan. Beberapa tahun yang lalu saya tidak sengaja merabanya dan menemukan sesuatu seperti benjolan tidak lebih dari satu cm. namun sekarang, benjolannya membesar sekitar 2cm. benjolannya cukup keras, kadang-kadang terasa nyeri (tapi tidak sering) dan apabila ditekan berpindah-pindah, sama seperti yang mbak tulis di artikel. (saya memang sering mengkonsumsi makanan berlemak dan jarang makan buah-buahan) apakah benjolan di payudara saya termasuk fibroadenoma (fam) dan tidak berbahaya atau tidak berpotensi kanker?
Mohon penjelasannya.
Terima kasih sebelumnya.

Oh ya, ada yang saya lupa tanyakan. Puting saya juga mengeluarkan cairan berwarna putih (tapi tidak selalu), namun tidak terasa sakit. apakah frekuensi rasa sakit dan keluarnya cairan pada payudara mempunyai arti?
Terima kasih.

Lia dan J, kemungkinan cairan yang keluar dari puting itubukan karena ada kanker apalagi umurmu masih muda-muda. Sedangkan J, untuk benjolan lebih baik kamu ke dokter, deh kalau ragu-ragu ttg benjolan tsb.

Siang Mbak,
sy Lina, sy ada pertanyaan. Apakah benjolan indikasi kanker payudara tidak selalu teraba oleh tangan ? Ibu saya tidak pernah ada keluhan payudara. Kebetulan 1bln lalu medical check up yg ada mammogram, ditemukan benjolan tdk wajar, 2hr lalu diangkat dgn dia 1cm. Dokter mengatakan benjolan tsb kanker. Hari ini baru akan ada hasil stadiumnya. HB ibu saya memang agak bermasalah dibawah normal.
TerimaKasih.

Kemungkinan karena cara merabanya kurang benar, lalu ukuran benjolannya juga masih kecil, jadi bisa saja waktu diraba tidak terasa. Apabila sudah positif kanker, terapi selamjutnya adalah radiotherapy dan chemotherapy

Maaf, mbak meyambung pertanyaan saya waktu itu. menurut pendapat mbak, apakah benjolan tersebut termasuk kanker? Soalnya saya takut untuk pergi ke dokter.
Terima kasih.

kanker atau bukan, hanya bisa ditentukan lewat pemeriksaan oleh dokter bedah onkology. karena banyak sekali jenis benjolan itu yang ternyata bukan kanker. tidak usah takut ke dokter karena pemeriksaannya tidak sakit.

siank mbak,
saya kiki 18 thun.sejak bln november 2008 saya merasa di payudara saya ada benjolan.dan saya sudah memeriksakannya ke dokter,yg katanya itu tumor lalu saya akan di operasi,tapi menjelang operasi saya menjadi takut lalu saya membatalkannya.
yang ingin saya tanyakan,
1)apakah tumor harus dioperasi?
2)apa saja yang harus di lakukan untuk mengetahui adanya tumor di payudara?misal,biopsi atw mamografi.
3)apa tumor tu bisa di ketahui melalui radiologi/rongsent
- terima kasih-

siank mbak,
saya kiki 18 tahun.sejak bulan november 2008 saya mangetahui bahwa dipayudara saya ada benjolan lalu saya segera memeriksakan dri ke dokter dan hasil@ itu tumor.lalu saya dianjurkan tuk opersai,saya mau.tp menjelang hari H saya merasa tkut dan membatalkannya.yg ingin sya tnyakan,
1)apakah harus tumor tu di operasi?
2)apa yg mengetahui adanya tumor?seperti kanker hrz di biopsi atw mamografi?
3)apa tumor di deteksi melalui pemeriksaan radiologi/rongsent?
- terima kasih-

kiki, tumor itu belum tentu kanker. apakah kamu diperiksa oleh dokter bedah onkology?. dan apakah pemeriksaan benjolan kamu itu dilakukan 10-12 hari sesudah haid. kalau setelah diberi obat ternyata tumormu/ benjolanmu tidak berkurang ukurannya ya harus diambil, karena kalu tidak, dimasa yang akan datang bisa jadi kanker. kalaupun itu bukan kanker nanya fam saja, kalau membesar terus juga akan menggaggu.Untuk menentukan suatu benjolan itu diduga kanker atu bukan, memang melalui tahapan-tahapan : USG payudara dan ketiak, Mammography dan biopsi.

saya wanita 22 th blm menikah.setelah menstruasi saya menemukan benjolan kecil di payudara kanan sebelah samping bawah,benolan itu saya tekan-tekan ,tidak terasa sakit,kenyal dan berpindah-pindah.setelah ditekan biasanya ukuranya mengecil tapi kalo pagi ukurannya seperti semula,saat ini 9 hari pasca mens tp benjolan itu msh ada,yng saya tanyakan..
1. sebenarnya benjolan itu apa dan berbahaya pa tidak?
2. menekn_nekan di benjolan itu berbahaya pa tidak?
3. kenapa setelah di tekan-tekan benjolannya menjadi kecil dan kembali ke ukuran semula lagi?
mohon di beri solusinya.. mksh..

Sepertinya, sih benjolan kamu karena ketidak stabilan hormon saja. tapi kalau gelisah ya ke dokter saja. jangan takut. kalau hanya menekan-nekan PD dengan cara biasa saja dan tidak sering, ya nggak apa-apa.

saya hanya diperiksa oleh dokter bedah sja,tp bkn bedah onkology.dan jg sya diperiksa 1minggu sblm haid.dokter hnya memeriksa dgn cra mmgang sja&bilang ini tumor.dokter tnya apkh benjolan ni trasa sakit?sya blang tdk.dan sya jg tdk dberi obat apa pun olh dokter bedah.tpi saya diberi obat oleh dokter paru2,agar benjolan@ sdikit mengecil.dan benar agak sdikit mengecil.mf mbak FAM itu pa?dan jg saya tdak dianjurkan untuk pemeriksaan USG payudara dan ketiak,mamography ataupun biopsi.jadi apa yg harus saya lakukan? saya bingung.jujur skrang saya ingin di operasi krn saya tkut nanti mnjadi kanker. karna saya merasa benjolan ini semakin membesar.
-terima kasih-
kiki

Umumnya benjolan yang mengindikasikan ke kanker, memang tak terasa sakit, keras seperti menempel diotot dada demikian pula apabila sudah menjalar kebagian lain. Kalau benjolan itu akibat ketidakstabilan hormon, biasanya baru dokter memberi obat. kalau bukan, ya tidak. Saya juga heran mengapa dokter paru-paru memberi obat apakah beliau pikir benjolan itu TBC kelenjar? kalau bukan bagaimana? khan obat TBC itu harus dipakai 6 bulan dan diminum tiap hari, tidak boleh putus. Coba cari second opinion ke dokter lain.

memang waktu tu saya mw di suntik manthux yg menentukan TBC atw tdk, tp tdk jd krna ktrbatasan uang.jadi yang benar ini gmn?tumor atw TBC kelenjar?lalu kira2 berapa lama pertumbuhan tumor tu bs jd kanker?
terima kasih
kiki

Tumor dan kanker adalah hal yang berbeda. apabila kamu ingin tahu pasti benjolan di PDmu itu apa, datanglah ke dokter bedah Onkology, dan dengarkan saran beliau. OK?

Saya 31thn, akhir2 ini saya merasa payudara sebelah kiri saya sering nyeri, & setelah saya periksa ada benjolan di bagian bawah, tp tidak berpindah2 & kadang nyerinya hilang, tp klo di tekan terasa sakit, apakah itu kanker atau tumor? Thanks.

Ivon, kita tidak bisa gegabah menentukan suatu benjolan itu kanker atau bukan, tanpa ada pemeriksaan. silahkan saja konsultasi ke dokter dulu. dan apabila dari hasil pemeriksaannya beliau curiga, maka sebagai dokter yang baik seharusnya akan dirujukkan ke dokter Onkology

asss
aq dea 22 th, sdh sbln ini ada benjolan di PD sblh kanan agak smping,skrang rasanya sering nyeri krna mendkti mens.sy itu sgt jrang olh rg dok.sy blm priksa kedokter,abis sy bgung hrs periksa kmn,ktnya klo k dokter bedah solusinya sdh psti hrs dioperasi. sebaiknya sy hrs periksa kmn ya dok spy sy bnr2 tahu benjolan di PD sy itu sbnrnya apa? mksh..

Nia, pertama-tama saya ingin beritahukan, bahwa saya bukan dokter tapi pasien kanker payudara. kalau membaca penjelasan kamu, benjolan kamu itu kayaknya bukan kanker. coba tunggu 10 hari setelah mens apakah benjolan itu mengecil. apabila,ya maka benjolanmu hanya akibat ketidak seimbangan hormon. Datanglah ke dokter Onkology, apabila memang benar karena hormon, maka beliau akan memberi obat. tapi kamupun harus merubah pola hidup, yaitu banyak makan sayur dan buah, olah raga teratur. paling nggak jalan pagi yang rajin.

Benjolan kecil dìsekitar puting,apakah bisa disebut tumor/kanker?Bgmn cra mgtasinya scra alami?

Benjolan=tumor. Tumor ganas namanya kanker ( malignant ). Karena benjolan itu belum ketahuan apa, maka lebih baik konsultasi ke dokter dulu.

umur 23th, blm menikah..saya punya benjolan (tidak beraturan) di kanan dan kiri payudara saya…letaknya di sebelah atas puting agak sedikit jauh..rasanya sakit tapi tidak sering…kadang2 terasa kadang tidak sama sekali.. mulainya 1minggu setelah saya terakhir mens.. karena panik saya langsung priksa ke dokter langganan saya. dokter bilang kmungkinan ini hanya karena hormon.. kata dokter tidak perlu khawatir sebab biasanya kebanyakan kasus… benjolan atau kanker tidak pernah terletak di sebelah atas payudara…biasanya letaknua dibawah hingga samping puting.. ini yang buat saya bingung… jadi mohon paenjelasan…

Sepertinya, sih memang hanya karena hormon saja, tapi saya agak bingug dengan penjelasan doktermu mengenai letak benjolan yang merupakan kanker. Padahal ada juga pasien yang benjolannya diatas, dan dinyatakan kanker. Supaya kamu tenang lebih baik periksakan kedokter bedah Onkology yang sudah berpengalaman, karena dari rabaan beliaupun biasanya sudah ketahuan benjolan itu apa.

siank mbak saya kiki yg wktu tu krm testi ke mbak. mksh ya mbak ats saran@.saya sdh dioperasi seminggu yg lalu,dan hasil@ adalh tumor jinak.sya senang sX trnyata tu bkn kanker,terima kasih ya mbak (^_^)

OK, Adelia saya juga senang membacanya. nah, mulai sekarang aturlah makan dengan banyak makan sayur dan buah. Jangan sering jajan diluar. kalau kamu kuliah atau sudah kerja, usahakan bawa makan dari rumah karena masakan dari rumah minyak gorengnya pastri lebih bersih, dan makanannya tanpa pengawet atau penyedap. Jangan lengah,ya. karena benjolan itu bisa datang lagi. wassalam

Bu Danty, Ibu saya usia 44 tahun saat ini sedang menjalani kemoterapi (kanker payudara stadium 3b), saya sendiri sekarang berusia 22 tahun, saya berusaha untuk selalu melakukan SADARI, selain SADARI apakah saya juga sebaiknya melakukan USG Payudara?
kemudian, mamografi dan usg payudara sama atau tidak?
Bu, Kalu sempat di balas ke email saya …
terimakasih

Veetree, USG payudara dan mammography tidak sama, Mammography lebih jelas dalam penggambaran apakah suatu benjolan itu kanker atau bukan. Dan dua-duanya boleh dilakukan minimal 6 bulan sekali, kalau tidak dalam keadaan terpaksa. Kamu boleh waspada karena ibumu terkena kanker, tetapi tidak usah khawatir, karena banyak orang yang ibunya terkena kanker, tapi anak perempuannya tidak. untuk mencegahnya, kamu jaga makanan, dengan makan buah sayur jangan sering makan makanan berlemak dan gorengan. Olah raga. Jangan gemuk.

halo…
artikel ibu berguna bgt 2 saya,
saya mau tanya biaya USG biasanya berapa ya?

Saya cuma mau sharing aja mengenai pengobatan alternatif untuk kanker payudara, apabila anda mencari alternatif selain pengobatan medis yang ada. mungkin saya dapat memberikan referensi menggunakan ramuan suku dayak, baik dalam stadium dini maupun sudah mencapai stadium 4 yg sudah pecah atau belum. baik payudaranya sudah merah atau bengkak saja. untuk stadium 4 sudah berapa lama terjadinya, apakah sangat sakit atau sakitnya seperti sakit bisul. Kalau sudah pecah maka pengobatan tsb akan mengeluarkan bakteri yg masih ada dalam bentuk cairan yg bau dan bisa juga dalam bentuk nanah sedangkan apabila belum pecah maka akan menghancurkan jaringan kanker payudara yg menyebar ke daerah lain seperti jantung & hati.

Demikian sharing saya, dan apabila anda berminat, mungkin dapat datang ke :
Ibu Lasia
Jl. Abdul Rahman Hakim RT 008/19 No. 126
(belakang stasiun Depok Baru, jurusan Jakarta-Bogor samping jembatan
layang)
Atau menghubungi no HPnya : 0812 8817 5135

Semoga membantu
Eko

Biaya USG kalau di RSCM kurang dari RP.300.000,-

Biaya USG kalau di RSCM kurang dari RP.300.000,-

saya nita umur 24 th,, tgl 13 februari 2009 kemaren saya operasi yang katanya di deteksi tumor payudara,,, waktu itu saya merasakan benjolan, tp tdk merasakan sakit sama sekali,,, ketika saya bawa ke dokter ahli bedah,, saya lagsung di sarankan untuk operasi tanpa di test usg maupun mammography,, dan dari operasi itu diangkat benjolan sebesar ujung kuku kelingking orang dewasa 1 dan yang 2 kecil.
yang mau saya tanyakan apalkah setelah operasi itu mash ada kemungkinan tumbuh lagi dan apa da obat pencegahnya sehingga tdk kan tumbuh lagi!!!
terima kasih,,,,

Nita, seharusnya habis operasi, jaringan kamu itu dibawa kebagian Patology untuk diteliti apakah ada sel ganas atau tidak. biasanya hasilnya akan keluar paling lama 1 minggu setelah operasi. Kalau ternyata ada sel ganas biasanya akan ada terapi lanjutan, dan selain mendapat laporan hasil Patology, apabila ada sel ganas, kamu juga akan menerima laporan hasil IH ( Imuno Histokimia ) yang menyatakan sifat sel ganas tsb. kemudian team doktermu baru akan memberi tahu kamu terapi selanjutnya. kalau kamu hanya dioperasi dan tidak diberi 2 jenis laporan tersebut mintalah kedoktermu, apabila dalam biaya operasi itu belum termasuk biaya PA dan IH, maka kamu membayarnya dan minta diberi 2 laporan tsb, supaya yakin apa jenis benjolanmu itu. Biasanya dokter Spesialis Bedah Tumor ( Dokter bedah Onkology ) sudah tahu hal itu.Menjaga supaya tidak kambuh lagi, aturlah pola makan ( banyak makan sayur dan buah, jangan banyak makan makanan berlemak, gorengan ), olah raga, jangan stress dan janagan suka memikirkan sesuatu terlalu mendalam. Banyak-banyak bersyukur dan ikhlas

asslam.wr.wb
saat ini ada benjolan di payudara saya saya takut itu kanker
saat ini umur saya baru 19 th.
benjolann itu memang belum terlalu besar tapi sangat terasa dan keras.
kalo saya pegang memang kadang bisa berpindah, tapi kembali lagi ke posisi semula.
seandanya saja saya mengidap kanker apakah bisa disembuhkan??????????
trmakasih

Walaikumsalam, Wr, Wb, Vita, biasanya untuk remaja seumurmu benjolan itu bukan kanker, mungkin hanya ketidak seimbangan hormon karena dari pola makanmu yang ceroboh. biasa, remaja suka jajan macam-macam dan biasanya bukan makanan sehat?. bisa juga Vam. Maka kamu harus konsultasi dengan dokter, lebih baik dokter bedah Onkology ( bukan berarti kalau kesana kamu akan dibedah ) supaya benjolan kamu diobati. tapi kalau harus dioperasi juga kamu nggak usah khawatir, karena sekarang banyak sekali remaja seusiamu bahkan lebih muda diambil benjolannya. tujuannya supaya kelak tidak mengganggu atau berubah jadi kanker. Tidak usah khawatir PDmu akan jadi jelek setelah operasi. karena dokter bedah yang pintar, maka akan membuat sedemikian rupa sehingga PD pasien terlihat tetap bagus. OK, periksalah kedokter, jangan takut. Karena kemungkinan besar itu bukan kanker.

saya anggi, umur 22 tahun…sudah pernah operasi tumor payudara sejak 3 setengah tahun yang lalu…tapi kemudian setelah diperiksa lagi, ada benjolan lagi…dan terasa agak sakit…..dokter menyarankan operasi tapi saya blm siap…soalnya takut dengan operasi kmaren…klu misalnya dioperasi saya juga berpikir nanti akan timbul lagi setelah operasi lg…yang saya tanyakan apa yg bisa saya lakukan untuk mengurangi rasa sakit? apakah saya harus operasi lg??alternatif selain operasi ada g?trims sebelumnya…

Memang sering setelah operasi benjolan tumbuh lagi kalau kita tidak merubah gaya hidup. Rata-rata pasien merasa sudah bebas dari tumor, apabila telah melakukan operasi. padahal kalau kita sendiri tidak menjaga pola makan, gaya hidup, ya hormon akan tak stabil lagi dan bisa jadi benjolan akan tumbuh lagi. Saya tidak berani menyarankan tidak operasi, karena saya tidak tahu apakah benjolan yang tumbuh saat ini berbahaya atau tidak. Sebaiknya memang dikonsultasikan ke dokter yang merawatmu dulu. atau melakukan test-test laboratorium dulu.

Mbak,
hasil radiology saya terdapat 1 benjolan di kanan dan 1 di kiri. tapi yg lebih terasa mengganngu di sebelah kanan. benjolan pada arah jam 9 dan tdk terasa sakit, tapi justru sakitnya di bagian atas (arah jam 12) PD dan di sekitar antara ketiak dan bagian bawah PD.
menurut dr radiology tdk perlu di operasi, tp mnrt dr onkology harus di operasi.
sebaiknya saya mesti gmn ya mbak? mohon penjelasannya.
Terima kasih.

Pada test Radiology, biasanya khan ada kesimpulan tertulisnya, memangnya apa yang tertulis disitu, koq dokternya punya pendapat berbeda?. Biasanya kalau dokter Onkologynya dokter bedah, pendapatnya benar. Tapi coba saja Alifa baca dulu kesimpulan dari test-test tsb.

Ass,Mbak langsung aja ya Mbak
sudah kira kira 1 minggu ini istri saya di sekitar payudaranya ada seperti biang keringat (mlenting, bahasa jawanya) seperti jerawat warnanya agak kemerah merahan,tapi katanya gak gatal,itu kenapa ya mbak apakah cuma biang keringat biasa,trus kalau mau di obatin pakai saleb boleh gak?
makasih ya mbak sarannya,di tunggu ya!,makasih
Wass

Dear Mbak,
Berikut adalah catatan dari Dr. Radioogy :

Hasil foto Thorax PA :
Cor / Pulmo tidak tampak kelainan

Hasil USG Mammae :
- Tampak lesi kistik oval di jam 09.00, 4 cm dari areola mammae dextra ukuran panjang 9 mm (ini adalah bagian PD sebelah kanan Mbak)
- Tampak lesi kistik oval di jam 02.00, 1 cm dari areola mammae sinistra ukuran panjang 2cm (bagian PD sebelah kiri)

Tidak tampak pembesaran kel. axilla D/S.

Kes : Cyst Mammae Bilateral.

Dari catatan tersebut apa yg mestinya saya lakukan ya Mbak? Saya takut sekali jika harus di operasi…
Jika memang harus di operasi juga, seberapa besar bekas operasi nya? dan berapa lama luka operasinya akan kering?
Dari info yg saya dapat ada kemungkinan akan muncul kembali benjolan setelah operasi…seberapa besar kemungkinannya? penyebabnya apa ya Mbak?

Mohon masukannya dari Mbak atau temen2 yg pernah malakukan operasi PD…
Terima kasih atas sharingnya…semoga kita semua di beri kekuatan, kesembuhan dan kesehatan oleh yang Maha Kuasa…Amin…

Alifa, memang benjolannya bukan kanker hanya kista. tapi harus dilihat lagi, kalau kistanya solid, biasanya dokter akan ambil. luka operasi kista biasanya tidak meninggalkan bekas. datang saja pada ahli bedah Onkology yang khusus payudara. dan itu tidak berlangsung lama. sehari juga dudah pulang. Masalah kambuh atau tidak, memang pasien perlu sekali menjaga makanan, kondisi tubuh harus selalu fit, olah raga

Aby, apabila disekitar PDnya memang nggak ada benjolan mungkin saja itu alergy branya. coba dulu konsultasi ke dokter kulit.

Dear Mbak,
Saya menikah 4th dan belum dikaruniai anak. 3th yg lalu saya usg (Di dokter biasa dan bukan specialis) krn ada benjolan kecil yang ternyata bukan tumor ataupun CA. Setelah itu saya tidak merasakan lagi sampai setahun yang lalu benjolan terasa agak lebih besar. Dan saat ini ada lebih dari satu berpindah2 dan keras.
Pertanyaan saya :
1. Aapakah indikasi benjolan tumor/CA keras dan berpindah2 ?
2. Kalau saya boleh tanya, boleh nggak saya minta tolong rekomendasikan Bedah Onko atau Ahli khusus CA Payudara (boleh via japri saja).
Karena saat ini saya betul2 blank dan tidak tahu harus kemana. :-( Mohon di bantu ya Mbak.
Note : Aktifitas saya kerja 5hari seminggu. Karena saya senang makan (jajan), saya sangat menikmati olahraga minimal 4x dalam seminggu. Saya juga konsumsi yoghurt setiap hari untuk kebutuhan pencernaan (mengatasi BAB yg agak susah). Mohon komentar juga ya mbak.
Terima kasih banyak sebelumnya.

Asslkum mbak, istri saya ( 26 th) setelah lahiran anak yg kedua di PD nya arah jam 12 terdapat benjolan yg kalo dipegang nyilu dan terkaadang besar terkadang mengecil.menurut mbak rujukan pertama sy harus kemana mslhnya dia sangat takut skali.kemudian dia skrg sdang menyusui apakah harus disapih atau bagaimana ??? please help me

Walaikum salam, Wr, Wb, salam kenal Pak Muzamil.
Agak susah, ya menentukan benjolan pada PD istri bapak itu apa. bisa karena kelenjar air susu, dll. Kalau benjolan kanker itu, letaknya menetap tidak bisa digoyang-goyang. Daripada gelisah dan takut dimana bisa mempengaruhi kwalitas ASInya, lebih baik segera konsultasi ke dokter bedah Onkology. Kalau pasien kanker PD yang sedang menyusui memang ketika menjalani terapi harus menyapih bayinya dulu. Tapi kalau istri Bapak khan benjolannya belum tentu kanker.

Dear Ika, kalau saya selama ini berobat ke JBC ( baca tulisan “TENTANG BLOG INI”) tapi kemanapun kamu berobat, yang penting adalah kecocokan antara dokter dan pasien. Cobalah kamu konsultasi ke dokter bedah Onkology nanti dari sana akan ada surat pengantar untuk menjalani berbagai macam test-test laboratorium. kalau di JBC, dokter bedah Onkonya adalah Dr. Evert, beliau sudah tua tapi sangat sabar. Memang kamu harus mulai menjalani pola hidup sehat. Banyak makan sayur dan buah ( dalam sehari usahakan makan buah 4 macam, dan sayur 3-4 mangkuk) hindari goreng-gorengan.

dok sy mau tanya nih..sekarang umur saya 19 thn.. wkt sy umur 15 (1sma) sy pernah menjalani operasi tumor payudara sebelah kiri tumornya kira2 sebesar telur bebek tapi pipih -+ 1cm…setelah itu sampai sekarang saya gak pernah pergi periksa lagi…trus sekitar 3bulan yg lalu sy pergi periksa ke kantor… soalnya saya merasa ada gejala seperti dulu lagi… ada benjolan di payudara saya..tp kali ini 2 2 nya ada…trus sy ngerasa kok payudara seperti bengkak gitu loh…tp hasil dri dokter ktnya ini gpp punya….benjolan si emang ada.. gitu loh…nah saya jadi binggung…soalnya setau sy kl ada benjolan gitu kan ada yg gak beres… jadi apa sy hrs ke dokter lain lagi ya??

huixuan, susah,ya namanya. Pertam-tama saya beritahu bahwa saya bukan dokter, tapi pasien kanker payudara.OK?. Memang sih biasanya seumur kamu, benjolan diPD itu bukan kanker hanya Fam. tapi kalau membesardan mengganggu ya harus konsultasi ke dokter bedah Onkology. Kalau sudah pernah ada benjolan diPD, kamu harus makan makanan sehat, jangan suka jajan, olah raga, jangan stress.

salam,
saya wanita berusia 22 tahun dan belum menikah. saya ingin menanyakan mengenai benjolan yang ada di payudara.payudara sebelah kanan saya ada benjolan, terasa sakit kalo mau dateng menstruasi. ketika saya periksa ke dokter bkn spesialis, dokter bilang hanya Fam dan tidak apa-apa. Fam itu apakah bisa hilang???? bagaimana caranya????? trims

haiii,
saya naomi, umur 22 tahun,
saya mendaptkan, ada benjolan kecil di payudara kanan saya, dulu saya sudah perna ke RS, Darmis, tp menurtu dokter yg di sana ini hanya benjolan biasa dan tidak ganas,
jadi dia minta saya untuk datang lagi untuk USG, tp setelah haid saya selesai sekitr 1 minggu.
itu sekitr bulan desember
nah aq rencana skrg mau pergi USG di tgl 26 mei’09
tapi ada perubahan lagi di benjolan kecil itu, uda mulau agak membesar sedikit kita2 seruas jari,,,
so, skrg apa yg hrs saya lakukan dok

Terima kasih

kalau kondisinya begitu, Naomi sebaiknya ikutin saran dokter agar segera USG. agar bisa diketahui benjolan itu apa?

Yanni, apabila benjolan itu akibat ketidak seimbangan hormon, biasanya dokter akan memberikan semacam obat saja. tapi ada juga Fam yang harus diambil/dioperasi.

mbak, saya berusia 23 thn, blm menikah. kmrn dr dokter onk, saya pny keluhan ada benjolan di ketiak sblh kanan agak besar, tp di PD saya ga ada benjolan. dan dokter menyarankan utk di rontgen, periksa darah, dan di PA dl. apa itu tandanya saya akan dioperasi??? pertanyaan saya, mnrt mbak, benjolan saya mmg hrs dioperasi ato bs sembuah dgn dikasih obat?? tks atas jwbnnnya.

Nina, pemeriksaan itu belum tentu kamu akan dioperasi. kalau ternyata dari test-test tadi hasilnya tidak membahayakan ya, tidak perlu operasi

mau nanya…

baru 3 hari yang lalu sy menyadari kalo di payudara kanan ada benjolan.
pas diperiksa dokter katanya itu bukan kanker melainkan FAM….
tapi sy masih ada ketakutan.
takutnya itu jadi ganas.
gmn y?
apa benjolan itu harus dibuang??
trus bisa disembuhin gag??
makasih.

Fam, biasanya dioperasi tapi sekali lagi itu tergantung dari analisa dokter Onkology. Sembuh atau tidak kambuh lagi, itu tergantung dari diri kita sendiri dalam memelihara kesehatan setelah dilakukan operasi. kalau gaya hidup masih seperti semula bisa saja kambuh lagi

halo mbak,.. saya indi 21th, beberapa hr ini saya merasakan sakit dibagian dada sebelah kanan atas dan posisinya agak ke tengah dada. kemudian setelah saya raba, sepertinya ada benjolan agak kenyal yg bentuknya samar. pertanyaannya apa itu termasuk gejala tumor,dkk? karena gejalanya muncul menjelang saya haid, dan rasa sakit itu masih terasa sampai sekarang (masih masa haid). apa yg harus saya lakukan? trima kasih..

Rasanya, sih benjolanmu bukan kanker. tapi karena sudah beberbentuk demikian konsultasi saja ke dokter Onk.

koreksi: maksudnya posisinya lebih ke bagian tengah dada tp sebelah kanan, bukan di tengah payudara kanan.

PD saya sebelah kanan udah da benjolan e kira2 apa ya??da benjolannya udah dr dulu., g bgtu memperhatikan banget sich tp yang aku inget dari SMA udah da., sekarang umurQ 20an gt.,g sakit sich tp bentuknya beda gt kanan n kiri??kira2 perlu priksa g k dokter???agak takut sich.,tlong kasih solusi ya???mksh

ani, jangan takut periksa PD ke dokter. Lagian benjolanmu belum tentu kanker

di tengah (antara payudara kanan dan kiri) bukan di payudara nya,ada benjolan sebesar 2cm memanjang…dan kadang” payudara nya pun suka terasa sakit…
benjolan ini baru saya sadari beberapa hari lalu,tetapi nyeri nya sudah lama…
oh iya,benjolan ini jg bisa di geser-geser…

apakah ini bahaya?
benjolan apa ya?

tolong secepat nya di jawab y mbak….trimakasih…

Farida, kayaknya sih bukan kanker, tapi kamu tetap harus konsultasi ke dokter terutama ke dokter Onkology saja.

tambahan
benjolan ini bila di pegang terasa sakit…

alow mbak,mau tanya neh,bagian samping kanan payudara saya ada benjolan bentuk lonjong kurang lebih 2cm.benjolan itu sudah ada sejak umur 13th dan skrg saya berumur 23th.wkt pertama kali mengetahui ada benjolan saya sudah melakukan pemeriksaan dan rontgen,tp kata dokter tdk berbahaya dan kemungkinan akan hilang dgn sendirinya ketika umur diatas 20.saat umur 17th saya jg memeriksakan benjolan kerumah salit lg,tp mh sakit jakarta.
,dulu dirmh sakit kalimantan barat.dan lagi2 kt dokter itu tdk berbahaya,begitu jg dgn payudara yang tdk sama besar(kanan kecil) kata dokter tidak masalah.tp skrg pebedaan besar kecil payudara sangat membuat saya takut.yg mau saya tanya,sepengetahuan mbak,apa iya benjolan saya benar jinak/tdk berbahaya?dan apakah boleh mlakukan oprasi pembesaran payudara?mksh sebelumnya

Cintya, kalau Dokter menyatakan benjolan itu nggak berbahaya ya mungkin memang tidak berbahaya. Tapi kalau sejenis FAM sebaiknya sih diambil saja. UntukPD yang besarnya tidak sama, mengapa menjadi masalah. Yang penting PDmu sehat dan kelak apabila dikaruniai Tuhan anak kamu bisa menyusui dengan penuh. Syukuri saja karunia Tuhan. Jangan takut karena bentuk PD kamu nggak disayang suami. Saya saja yang PDnya tinggal satu karena kanker sangat bersyukur suami tidak mempermasalahkan yang penting saya bisa mendampingi dia dan anak-anak.

asS..wr.wB.
Mau tanya mbak..sy dlu prnah d’operasi krn ad bnjolan d’pyudara sya,,kra2 saat itu umur 17 thn,,
skrng umur sy 20 thn,,dan sat ini bjolan itu tumbuh lg,,stelah sy brobat dan d’usg d’Rs DARMAIS hsilnya sy mnderita tumor jinak multiple,,dan d’anjurkan hrus operasi..
mnurut mbak,,
apa kh lbih baik sy d’opersi sja,,sdangkan bnjolan yg mseti d’angkat ad 3,,jujur sy malu klo bnyak sekali bkas opersi d’PD sy,,mngingat sy belum mnikah,,
terimaksh mbak,,,jujur saat ini sy amt bngung mengmbil kputusn,,jazakumullah khoiron..

Walaikum salam Wr, Wb,
Ana, kalau menurut saya memang sebaiknya benjolan itu dibuang saja. Cobalah cari informasi dokter bedah Onk. yang rapi dan hati-hati dalam pengerjaannya. karena benjolan itu kalau tidak diambil akan mengganggu jaringan sekitar. Dan ingat karena kamu sering tumbuh benjolan, ubahlah gaya hidup dari pola makan, pola pikir, olah raga. Ambil hikmahnya penyakit ini, anggap saja Allah SWT ingin kamu selagi muda memperbaiki cara hidup agar lebih teratur dan tertib. Kesalahan para pasien adalah mereka menganggap apabila benjolan di PD sudah dioperasi, berarti sudah bebas segalanya. Padahal tidak.Tergantung maintainnya

mbak mau tanya umur saya 20 tahun 3 bulan yang lalu tumbuh benjolan di ketiak kiri saya rasanya sakit,trus keras juga
saya biarkan dan 2 minggu kemudian benjolannya mengempis, tapi masih terasa,apa itu juga gejala kanker?????????

ass,,
bapak ibu
ada yg punya hasil xray mammography kanker payudara ga ya??
dari stadium 1 – 3,,
buat data tugas akhir saya,,
mohon bantuannya kalau ada
dan di kirim ke email saya

metha.riandini261187@gmail.com

terima kasih sebelumnya..

Ass, mau minta pendapatnya mbak,
sekitar bulan april 2009 saya nyapih anak saya yang sudah 2 th. 1 bulan kemudian PD yang kanan bengkak dan sangat padat besar, setiap hari selalu di panaskan dgn handuk hangat dan asi nya terus keluar baik yg kanan / kiri. Menjelang haid sgt sakit dan bengkaknya tmbh parah. 2 hari lalu sewaktu tidur keluar air bening dari Pd kanan lama2 seperti air susu smp kasur basah karena air yg kluar, lega rasanya karena nyeri yg slama ini lmyn hilang. saya sdh kedokter bedah opini dokter hanya air susu yg tersumbat dan skrg kluar. kondisi PD saya masih normal (bengkaknya tdk merah) dan sarannya terus dikompres dikeluarkan. Kira – kira menurut pendapat mbak ada gejala tumor/kanker tidak karena dokter tidak menyarankan u/USG/Mammography.
Terima kasih
Balas

Vie,menurut saya juga bukan kanker, sih

Assalamualaikum

Mba bolehkah saya minta alamat email Mba
saya ingin sekali curhat ke Mba . Tolong banget ya Mba…
Mdh2an Mba bisa menjadi penyemangat bagi saya. terima kasih sebelumnya

Thanks u/ informasinya

Assalamualaikum,

Mba… kok ga di bales? ya sdh aku cerita disini deh.
kurang lebih 9 thn yg lalu saya pernah menjalani operasi di PD saya. Wkt itu benjolannya sebesar bakso kecil. tp kata dokter pasca operasi benjolan tsb diperiksa katanya tumor jinak. Sekarang aku sdh nikah dan punya anak. Ketika menyusui hampir 10 bulan aku baru sadar di PD kanan ku ada benjolan. tdnya aku pikir itu kelenjar susu saja dan lama lama akan hilang seiring aku menyusui anak. Tapi setelah aku sapih anakku, benjolan tsb masih ada. Aku bingung mba… soalnya benjolan tsb sdh langsung besar kira kira sbsr telor ayam. Pdhl kalau dulu aku merasakan ada benjolan tuh mulai dari kecil dulu. Tapi aku jg ga tahu apakah memang benjolan tsb sewaktu kecil aku ga engeh atau memang langsung tumbuh besar. Saya takut mba….
Sdh 2 bln benjolan tsb bersarang di PD kanan saya. Tp saya belum periksa . Saya belum punya keberanian untuk itu. operasi yg dulu buat saya trauma. Tolong mba apa yg harus saya lakukan…. Saya jg takut klo lama lama benjolan ini saya biarkan. Pikiran saya sudah kemana mana . Yg ada malah sekarang saya sering ngelamun mikirin penyakit ini.
pdhl saya tahu itu percuma.
Tolong mba berikan semangat sama aku agar aku bisa lewatin ini semua. ketakutan yg besar lah yg mengalahkan aku untuk tidak memeriksakan segera ke Dokter.

Yana, segeralah periksa ke dokter bedah Onkology. Saya rasa setelah mengalami sendiri operasi mastektomi ( payudara diambil semua ) oleh dokter bedah onkology, ternyata tidak ada rasa sakit seperti sakit setelah operasi ceasar ketika melahirkan. sangat minim sekali rasa sakitnya. lalu yang membuat kamu trauma apa,ya. kalau menurut saya seharusnya operasi kamu dulu tidak harus menimbulkan trauma.konsultasilah ke dokter.khan benjolanmu itu belum tentu kanker. kalaupun ternyata nantinya itu kanker, kamu nggak usah takut, punya kanker didalam tubuh bukan berarti kita akan mati besok. semua yang menentukan Allah SWT. Tugas kita berikhtiar semaksimal mungkin untuk kesembuhan, sehingga bisa tetap mendampingi anak-anak dan suami. Jangan seperti saya yang berobat dalam keadaan terlambat, harus sering meninggalkan anak beberapa hari untuk terapi.terutama anak yang paling kecil ( sekarang 9 thn ) suka kangen kalau saya tinggal chemo meskipun hanya menginap sehari di RS. Tegarlah, ingat anak-anak, jangan takut.

Mba terima kasih banyak untuk dukungannya. Setelah saya baca balasan dari mba mdh2an saya punya keberanian yg kuat untuk segera periksa. Di beberapa wacana yg saya baca di internet banyak yg merujuk ke Dr. Evert untuk bedah onkologi. kalau operasi disana kira2 berapa biayanya ya mba? Biar saya ada bayangan. Trus alamat JBC yg benar sekarang tuh ada dmn? Sekalian kalau Mba punya no HP nya Dr. Evert saya butuh juga tuh mba untuk janjian nanti kalo saya kesana agar tidak terlalu antri.

Makasih banyak sebelumnya ya mba…….

Yana, alamat JBC adalah Jl. Kramat VI no 14A hanya sebuah klinik kecil tapi dikelola oleh dokter-dokter senior yang reputasinya bagus. Dr. Evert juga dulu yang melakukan mastektomi pada saya. meskipun berlangsung 4 jam, tapi pasca operasi tidak ada rasa apa-apa, dan beliau sangat teliti dan jahitannya rapi. HPnya saya nggak tahu, dan kalau telp. JBC ( 021) 3106681,3107483. Selamat berjuang, semoga benjolanmu bukan kanker

setelah baca artikel “benjolan pada payudara apakah itu kanker?” makin banyak pengetahuan saya.hanya saja saya masih penasaran tentang kulit kering yang ada di permuakaan payudara saya,apakah itu juga berpotensi kanker?thanks ya mba…..

Ell, coba baca artikel diblog ini mengenai PENYAKIT PAGET.

saya mau nanya,rambut saya rontok,apa itu tanda kangker PD..TRIMS?

Mba danti alhamdulillah saya sudah menjalani operasi di salah satu rumah sakit di tangerang tgl 7 Agustus kemarin dan hasilnya jinak. saya tdk ambil lokasi di jakarta karena faktor jauh dan repot. Lega rasanya tp saya kecewa hasil jahitannya kasar karena menggunakan benang. kalau dulu operasi pertama saya di jakarta ga di jahit tp di lem dan hasilnya rapi.
memang jahitan itu masih dipakai ya mba? saya tanya dokter alasannya di jahit pake benang karena takut infeksi.
Kurang sreg aja dgn jawaban Dokter dan yg lucunya setiap pertanyaan yg saya ajukan jawabannya tdk memuaskan.
Dia tdk tahu penyebab tumor itu bisa terjadi krn apa dia juga tdk ada anjuran ke depannya gimana setelah menjalani operasi. jadi lurus lurus aja. padahal tuh dokter onkologi loh….Tu dokter mang pelit tuk berbagi informasi atau gimana yah saya ga ngerti.
Mba dulu di lem pa di jahit juga?

Yana, saya dulu dijahit juga. Saya khan mastektomi, payudara kanan diambil semua.

Saya amanda 24 thn,sy sdh mempunyai anak 1 yg berumur 4thn wktu itu sy hanya menyusui dia hanya sekitar 2 mggu karna air su2 sy tdk keluar,stelah itu nampak ad yg berubah dr payudara sy otot2 atau mungkin kelenjar2 sekitar payudara sy jika d pegang lebih keras jd bila d pegang alur2 nya sgt terasa dan keras tp tdk sakit. Namun sdh hampir 2mggu stelah 1 bln sy mangalami skt batuk berkepanjangan, bagian bwh payudara tepatnya sekitar tulang penyangga payudara sy terasa sakit pertama hanya di sebelah kanan, tpi stelah yg kanan sembuh sekarang giliran yg sbelah kiri, saya sdh memeriksa sendiri tp tak ad benjolan d payudara sya jg d bwh ketiak. Tpi saya khawatir karena bila tidur dlm keadaan menyamping sgt sakit apalg bila hendak bangun jg mengangkat yg berat.
apakah mungkin karena otot2 saya tertarik waktu saya sakit batuk kemarin, karena saya sngat khawatir.
Terima kasih mba, saya sangat terbantu sekali dgn blog ini.

Amanda, gejalanya kompleks sekali,ya. Saya nggak begitu tahu penyakitmu yang jelas sepertinya bukan kanker PD

Ass….
mau tanya tentang benjolan dipayudarah, umur saya 22 tahun, 3 bulan yang lalu saya periksa ke Rs tentang benjolan saya yang ternyata kata dokter saya terkena tumor payudarah, saya disuruh operasi tapi saya masih takut, apa ada pengobatan lain selain dioprasi…? makanan apa yang harus saya hindari dan makanan apa yang bagus untuk saya ?

Nina, karena pengalaman saya terhadap obat alternatif buruk jadi saya tidak dapat mengusulkan yang lain. Untu makanan konsumsi banyak sayur dan buah minimal 3-4 macam buah dan 3-4 macam sayur, jangan banyak makan makanan gorengan dan bersantan. Olah raga

dok, saya sekarang berumur 14 tahun. di puting payudara sebelah kanan saya terasa ada benjolan dan jika ditekan agak sakit, suatu saat saya merabanya dan agak ditekan kemudian mengeluarkan cairan, apa itu merupakan kanker? saya jadi takut dan terus terpikir, saya takut ini dapat mengganggu ujian saya di sekolah. kira2 biaya pengobatan kanker berapa ya? tolong balas dengan cepat, trims

Sena, itu belum tentu kanker, apalagi untuk seusiamu. Tapi kamu tetap harus konsultasi dokter. Nggak usah takut. Untuk konsultasi dokter Onk. rata-rata Rp. 200. 000,-an. Kalau harus dilakukan tindakan operasi, biasanya kalau bukan kanker tidak mahal,

siang mba. dulu thn 2006 teman saya pernah suntik silikon di payudaranya.. skrng teman saya ada benjolan melebar di tulang selangkanya bag kanan dan banyk benjolan keras di daerah payudara. apakah silikon bisa menyebabkan kanker? apakah silikon bisa dekeluarkan lagi? dan di punting kanannya ada belahan kadang2 ada cairan putih lengket di puntingnya.. bls ya mba

Riri, memang silikon yang tidak baik bisa menyebabkan kanker. kayaknya teman kamu butuh pertolongan dokter segera. Bawalah ke dokter bedah Onkology. Kasihan dia.

dok,sy wanita 20 th. sjk kira2 SMA kls 2 di dalam atas payudara kiri saya ada benjolan keras tapi dipegang tdk skt dan tdk mengeluarkan cairan. lama2 agk membesar. kalau sy sedang capek kadang terasa nyeri. apa itu kanker payudara? dl sy pernah berobat alternatif sdh mengecil tetapi skrg membesar lg krn sy sudah tidak terapi lg. sy tkt periksa ke dokter krn sy tkt divonis kanker payudara & hrz dioperasi. apa yg hrz sy lakukan dok?

Nia, saya bukan dokter. Saya pasien kanker PD. Kamu harus periksa kedokter, karena kalau memang semakin besar akan mengganggu

Mbak Danty,

Apa kabar? Lama gak ketemu mbak.

Yuniko – cisc

halo aku baru umur 17 nih mbak, tapi di payudara aku ada benjolan kira2 diameter 1,5 cm. aku takut banget itu ada apa2, ga brani priksa n blg ortu..tadinya cuma kecil, lm2 jd segede ini..tp uda ga tmbh bsr lagi sih sekarang..tp ttp aja takut karena skrg ini. benjolannya warna biru mbak..ga tau bengkak, atau urat ato gimana..
benjolannya ga sakit..tp aku tkt ada apa2..krn payudara aku trmasuk yg ukuran bsr bgt klo dibandingin cewe2 seusia aku..n kturunan kluarga aku ada yg tumor (di perut n payudara).

aku jadi takut jg krn kulit PD aku kering bgt,sk ngelupas kcl2 gt kulitnya. aku emang dasarnya kering sih badannya..tangan kaki dll..tp ttp aja tktnya itu tanda2 knp gitu..

tolong bgt yah dibales mbak.
thanks a lot

Shella, seumur kamu sih sebenarnya biasanya bukan kanker, hanya fam. tapi kalau kamu khawatir silahkan konsultasi ke dokter Onkology jangan takut.

malam mbak….
saya perempuan berumur 19 tahun….bbrp bulan yang lalu, saya menyadari adanya benjolan di dada sebelah kanan saya, tidak begitu keras, agak besar, tidak sakit sama sekali dan mudah berpindah2….saya takut sekali bahwa itu adalah tanda2 kanker…kira2 dari penjelasan definisi saya apakah itu termasuk kanker atau tumor jinak ato fam?terima kasih mbak…

Silvi, yang jelas, sih bukan kanker. mungkin kalau seumur kamu hanya fam

terima kasih mbak atas jawabannya….
kemarin saya sudah periksa untung hanyalah fam….lega sekali rasanya…. kira2 fam itu berbahaya gak yah mbak? pengetahuan saya kurang begitu dalam mengenai hal ini…kira2 harus dioperasi tidak yah? klo dioperasi sakit atau tidak dan meninggalkan bekas atau tidak? kalau fam ini dibiarkan saja dan tidak dioperasi apakah berbahaya mbak? ukuran fam stlh saya periksa usg berukuran 2,3 x 2,7 cm….
terima kasih sebelumnyayah mbak dan maaf kalau banyak bertanya…

eam, biasanya disarankan untuk dioperasi saja karena biarpun bukan kanker, tapi kalau semakin besar bisa mengganggu jaringan sekitar. kalau dokternya bagus, bekas operasi tidak terlihat. operasinya sebentar, termasuk operasi kecil. banyak remaja yang sudah melakukannya

pagi mba,
saya perempuan 24 tahun, saya sadari beberapa hari ini kalo besarnya payudara saya kanan dan kiri lebih besar yang kiri mba, dibagian payudara kanan juga ada benjolan kecil sekitar 1 cm, akan tetapi tidak sakit. Saya juga sering mengalami nyeri dibagian puting. Mohon penjelasan untuk kasus ini mba. Sebelumnya terima kasih banyak…

Nita, apakah benjolan kamu keras dan apabila digoyang tidak bergerak? kalau ya, saya sarankan konsultasi ke dokter bedah Onkology untuk diperiksa lebih lanjut.

siang mbak,.
saya maria umur 19,, akhir2 ini payudara saya rasanya ngilu banget!!
trus pas d raba ada benjolan kecil dan kalo benjolannya ditekan agak terasa sakit..
itu gejala kanker gak mbak?
makasi sebelumnya ya,..

Belum tentu, kanker Maria. bisa saja karena hormon. tapi kalau makin lama makin membesar, ya harus ke dokter Onkology

mba.beda dokter internist sm onkology itu apa yaa??thx.

Dokter internist, adalah dokter ahli penyakit dalam, untuk menjadi dokter ahli tumor atau Onkology, dia harus sekolah lagi.

Mba… saya berusia 20th…

da benjolan di payudara kiri saya, posisinya dekat ketiak..
setelah di periksa seminggu yang lalu di dokter bedah ternyata tumor jinak…
yang ingin saya tanyakan..
1. Fam itu sama tidak ya dengan tumor jinak?
2. Bisa tidak sembuh selain operasi?
3. Bisa tidak dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah dapat menyembuhkan atau mengurangi tumor jinak tsb?

terima kasih banyak Mba atas waktu dan jawabannya…

Nicha, kalau tanpa operasi, saya nggak tahu bisa apa tidak. kalau kamu nggak mau operasi, cobalah UDG payudara atau mammograpy supaya tahu ukurannya. setelah kamu lakukan terapi alternatif kurang lebih 3 bulan mengecil atau tidak. kalau tidak ya dioperasi saja. operasi Fam hanya sebentar, karena itu operasi kecil

owh.makasih ya mba..kemarin sudah ke internist, lalu dia menyuruh usg dan biopsi.tapi yang saya lakukan hanya usg.karena sya belum siap biopsi.sebenernya biopsi itu penting ga mba??setelah d cek ada 3 massa solid.terus 2 kista dan untungnya masih kecil..nah kalo massa solid yang bulat lonjong itu harus lonjong sempurna atau gimana yang tidak berbahaya??makasi mba.

Novi, kalau dokter curiga terhadap benjolanmu, ya harus dibiopsi supaya tahu apakah mengandung sel ganas tidak, tapi ada dokter bedah Onk. yang sangat berpengalaman, biasanya dari meraba benjolan bisa tahu jenis benjolan tsb.

saya berusia 31 thun sudah memiliki anak 2 yg terakhir berumur 8 bulan, setelah melahirkan anak yg pertama ada benjolan di dalam payudara saya, agak keras apabila disentuh terasa sangat sakit.. klo dilihat dari luar benjolan tsb tdk bgt terlihat jelas,, namun bila diraba terasa seperti meraba jerawat batu.. mohon petunjuknya serta bila kedokter mana saya harus periksa keadaan trsb, terima kasih.

Atus,konsultasikan benjolan diPDmu dengan dokter bedah Onk. jangan takut akan dioperasi, karena dokter akan mengobservasi dulu

ass. dok saya mau tanya di payudara sebelah kiri saya terdapat bintik merah seperti jerawat, tak sengaja pecah, isinya seperti nasi dan darah. layak nya seperti jerawat, namun kadang-kadang payudara saya terasa sakit ( berdenyut-denyut ). apakah itu kanker payudara ???? sebab saya belum periksa ke rumah sakit atau dokter spesialis bedah. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Rika, kalau bintiknya banyak, coba kamu baca artikel saya ttg. penyakit PAGET. tapi kalau hanya satu, mungkin alergi saja

[...] BENJOLAN DI PAYUDARA, APAKAH ITU KANKER ? [...]

selamat pagi bu,
usia saya 29 th dan sekarang sedang menyusui (anak saya 13bln). semenjak menyusui saya merasakan ada benjolan di payudara kiri.
tgl 6 mei 2009 saya USG ke rspi hasilnya susp adanya fibroadenoma dan lesi cystic. tapi waktu konsul ke dr onkology katanya gakpapa dan ga perlu di operasi. saya disarankan USG 6bln/ 1 thn lagi
tgl 10 september 2009 saya USG lg di YKI lebak bulus, hasilnya tampak lesi hipoekhoik dgn batas tidak tegas disertai dgn accustic shadows. dan disarankan utk mamografi tp blm saya lakukan krn msh menyusui.

tgl 28 oktober 2009 kemarin saya konsul ke onkology di RS dharmais dan disarankan utk di operasi.

benjolan saya keras tapi kalau dipegang bisa bergerak ( dari tulisan ibu yg saya baca kalau cancer benjolannya keras dan tidak bisa bergerak).

menurut pengetahuan ibu, benjolan saya ini apakah tumor biasa atau ganas? saya masih lumayan takut utk operasi, ditambah anak yang masih ASI, kasian kalau harus di sapih..
mohon pendapat ibu..
terimakasih sebelumnya..

Verawaty, memang sepertinya, sih hanya fam biasa,ya.ada dokter yang berpendapat harus dibuang ada juga kalau masih kecil dan tidak mengganggu serta tidak membesar, diamkan saja dulu.jadi.kamu putuskan saja mau ikut dokter yang mana. Mungkin, karena masih menyusui lebih baik USG 6 bulanlagi saja

umur saya 27 tahun dan sudah mempunyai satu orang putri..yg mau saya tanyakan di antara payudara saya tepatnya di dada saya terdapat benjolan kira2 sebesar biji kwaci,,dulunya tidak ada kemudian ada dan itu pun kecil dan saya pikir hanya jerawat..teteapi sekarang jd sebesar biji kwaci..kadang saya merasakan ngilu atau terasa berdenyut2 di sekitar payudara saya..tp bukan pada benjolan tersebut..kalau di pegang atau ditekan menggunakan 2 jari benjolan tersebut bergoyang atau dapat bergeser..apakah itu kanker atau apa..mohon beri penjelasannya dan apakah yg harus saya lakukan..sebelumnya saya pernah periksa ke dokter umum dan dokter mengatakan itu hanya tumpukan lemak..dan saya blm pernah periksa lg (periksa ke dokter lain untuk mencari second opinion). mohon balasannya.

di atas payudara saya ada benjolan bulat dan bejalan…….
apakah ini gejala kanker???
tolong kasih penjelasan.
terima kasih.

Mia, kemungkinan bukan. Tapi kalau benjolannya tambah besar ke dokter saja.

makasih mba ats pnjelasannya……..

oya saya mau menambahkan,, 2 hari yang lalu saya sedang browsing dengan posisi duduk menyandar pada kepala tempat tidur dan agak tiduran sehingga laptop yg saya pangku lama2 berada pada posisi hampir tepat di atas dada saya..setelah berapa lama saya merasakan dada saya merasa nyeri dan agak panas karna laptop yg posisinya demikian dan rasa nyeri itu saya rasakan pada bejolan didada saya..untuk memastikannya saya raba benjolan tersebut..dan benar saya merasakan nyeri pada benjolan dada saya dan sampai saat ini benjolannya masih terasa nyeri kalau dipegang agak sedikit menekan.. apkah itu kanker atau apa??sampai sekarang saya belum memeriksakan diri lg kedokter..sebelumnya terimakasih atas jawabannya

Humaira, kanker atau bukan harus dilakukan pemeriksaan lagi. melalui mammography, pemeriksaan PA ( Patology Anatomi ), datanglah ke dokter bedah Onk.

hallo mba aku mau tanya 1thn yg lalu aku temukan benjolan di PD kiriku besarnya kira2 1cm setelah aku periksakan katanya fam.aku pernah baca artikel pasca operasi PD ktnya bisa sakit apa lg menjelang menstruasi jd ampe skr aku blm operasi dan benjolannya ampe skr besarnya msh sama.yang mau aku tanya kan seandainya ga aku operasi benjolan itu apakah berbahaya di kemudian hr misalnya klu nanti hamil dan menyusui,apa kah benjolan itu bs hilang tanpa operasi,,,benjolan di PDku ga terasa sakit.terimaku bt jawabannya

Eny, fam sih biasanya tidak berbahaya, apalagi ukurannya nggak nambah. kalau kamu belum mau dioperasi, cobalah tiap 6 bulan sekali dicek melalui USG payudara. kalau ukurannya bertambah,ya mesti konsultasi ke dokter bedah Onk.

2bln belakangan ini menstruasiku cuma sebentar(hr ke3 ngelurin darahnya mulai sedikit ) dan stres yg berat apakah mempengaruhi kelebihan hormon,masalahnya di pd sebelah kiriku bertambah 1 lg benjolannya yg sebelumnya ga ada terakhir aku periksa bln3 benjolan itu ga ada tetapi tgl 27 kmrn ditemukannya benjolan lg di antara PD dan ketiak,benjolan yg sebelumnya dok bilang bukan FAM tp hormon.MBA apakah benjolanku itu tumor atau hormon? tahun ini usiaku 24 dan pola hidupku kurang sehat banyak mkn mie dan goreng2an,tidurku kurang n kerjaanku jg capek(nursing home) aku jg blm berumah tangga,terimakasi atas jawabannya:)

makasi ya mba bt jawabannya
mba klu sesudah operasi mens dateng PD yg ada bekas operasiannya bs sakit bgt ya…..kira2 butuh wkt berapa lama bs balik normal,setelah operasi kemungkinan besar fam bs tumbuh lg di tempat lain apa itu jg bnr,,,,

Sakit dibekas operasi tiap orang nggak sama. Memang FAN itu bisa tumbuh lagi, apabila kita tidak berusaha mengubah pola hidup. Apalagi kalau umurmu masih 20-an biasanya hormon tidak stabil/berlebihan. jaga makanan saja

malem mba… mw tanya nih,,,, akhir2 nih aqu gelisah karna ada benjolan di payudara qu,,,di sebelah kiri,,, sakit sih enggak klu di raba bisa pindah,,, itu benjolan ap ya mba??? masalahnya benjolan itu ada di sekitar lingkaran ( Bra holder ) pinggirannya…
mohon jawabanya byar saya tdk stress di buatnya…
tq bgt

Cory, kalau umurmu belum 20thn, biasanya benjolan itu hanaya FAM saja. tapi kalau bedar, biasanya dokter akan menyarankan diambil

hy mba, saya irna 20 tahun baru tiga hari yang lalu saya merasa ada benjolan di payudara kiri saya. bulan lalu saya sempat terlambat menstruasi hampir tiga mingu dan bebepa bulan lalu saya hanya mendapat menstruasi selama 1-2 hari saja. yang saya tanyakan kira-kira itu benjolan apa y mba??? apa benjolan itu pengaruh dari siklus menstruasi sya???sebaiknya tindakan apa yang sy harus lakukan???mohon jwbnya y..sya sangat khawatir…terima kasih…

Irna, benjolan kamu sepertinya bukan kanker.biasanya remaja seusiamu hormonnya nggak stabil. Itu semacam fam.kalau benjolan terasa membesar, ya ke dokter Onk. saja, nggak usah takut.

hai mbak, saya mau tanya dong seputar masalah benjolan pada payudara.
di payudara sebelah kiri saya ada benjolan. saya tahu ini baru sekitar 1bln kurang.
pertama saya pikir hanya benjolan biasa seperti saat haid.
tapi setelah haid benjolannya tidak juga hilang.
kadang2 benjolannya suka berpindah2, tapi tidak sakit. kecuali kalau ditekan.
saya belum periksa ke Dokter.
apakah ini kanker / kista??
mohon jawabannya, karna saya sangat butuh jawabannya.
terima kasih.

aslm, mbak saya mau tanya, di payudara kiri saya ada benjolannya. ibu saya dulu punya riwayat tumor atau kanker saa juga kurang tau, tapi ya di payudara juga.

tadinya benjolan itu gak ada mbak, tapi tau-tau ada, sebesar biji jagung kira-kira. Sudah cukup lama sie mbak, tapi alhamdulillah sampai sekarang ukuran tetap sama, trus kalau ditekan juga gak sakit

kira-kira itu apa ya mbak ya?
apa saya harus periksa kedokter? bukan gak mau sie mbak, tapi dokternya kan kadang laki-laki, jadi gimana gitu mbak.

kalau di mammograph, kira-kira radiasinya bahaya gak? katanya bisa bikin sel yang bukan kanker jadi sel kanker yang aktif, tolong penjelasannya ya mbak ya

Saya remaja berumur 16tahun. Baru-baru ini saya merasakan ada benjolan kecil sebesar biji jagung di sebelah dada kiri saya. benjolan tersebut dapat berpindah pindah dan tidak terasa sakit. apakah itu adalah kanker atau tumor?
bagaimana cara mengatasinya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 637,321 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: