Weblog Kanker Payudara

PENYAKIT PAGET

Posted on: Maret 22, 2008

Pada umumnya, separoh dari pasien paget, terdapat pada puting. Dan pada saat pemeriksaan secara fisik akan terasa adanya benjolan dipayudara. Dalam banyak kasus, Paget pada puting awalnya hanya terbatas disekitar putting saja, namun kemudian akan menyebar ke areola ( area bulat berwarna gelap sekitar puting ), atau area lain disekitar payudara. Penyakit paget pada puting bisa juga hanya terlihat pada areola saja dimana terlihat seperti eksim, berwarna merah kasar dan gatal. Meskipun jarang, Paget bisa ditemukan di kedua payudara.

                                            Diatas adalah type dari ulcerating types of paget dan eczema of paget

BAGAIMANA PENYAKIT PAGET DIDIAGNOSA?

Apabila dokter curiga terhadap Paget pada puting payudara, biasanya pasien diminta melakukan biopsy, yaitu dokter mengambil sedikit jaringan, kemudian oleh ahli Patology akan menganalisa jaringan tersebut untuk mengetahui apakah ada sel Paget didalamnya. Kadang cairan yang keluar dari putingpun akan diselidiki, apakah juga sudah mengandung sel Paget.Karena pada umumnya pasien dengan penyakit Paget pada puting itu akan berkembang menjadi kanker, maka pemeriksaan lanjutan seperti Mammography digunakan untuk melengkapi diagnosa.

BAGAIMANA MENANGANI PENYAKIT PAGET ?

Operasi adalah penanganan yang sering dilakukan untuk penyakit Paget.Selanjutnya penanganan secara khusus dilakukan sesuai dengan kondisi kanker payudaranya. Misalnya Modified radical mastectomy mungkin akan direkomendasikan kepada pasien, apabila ternyata pada hasil Patologinya diagnosis sebagai kanker yang invasive atau extensive DCIS ( dua-duanya sifatnya menyebar ). Dalam operasi ini, dokter bedah akan mengangkat payudara, otot sepanjang dada dan beberapa kelenjar getah bening di bawah ketiak. Dalam kasus dimana Kanker payudaranya tidak invasive ( menyebar ) maka dokter bedah hanya akan melakukan simple mastectomy untuk mengangkat payudara dan otot dada. Alternative lain apabila paget tersebut memang benar-benar hanya ada di puting saja dan area sekitarnya, maka dokter bedah hanya akan melakukan operasi yang disebut breast conserving surgery yaitu mengangkat puting, areola, dan sebagian area yang diyakini telah mengandung sel kanker. Atau lumpectomy, kemudian diikuti dengan radiotherapy kemungkinan juga chemotherapy dan hormone terapi untuk menjaga agar tidak kambuh lagi.

About these ads

29 Tanggapan to "PENYAKIT PAGET"

Dear Bapak / Ibu,

Bisa tolong saya dikirm gambar untuk penyakit paget ini? sudah sekitar 1 bulan ini puting, terutama di daerah aerola gatal dan kering, seperti kerak. Saya khawatir akan penyakit paget ini, apalagi setelah membaca artikel di atas.
Mohon lebih detail lagi untuk penyakit PAGET tersebut, terutama gambar kerak dan jenis gatal nya.
Terima kasih

Maaf, saya tidak punya gambar puting yang terserang paget, tapi kalau tanda-tandanya sudah mengarah kesana lebih baik segera ke dokter bedah Onkology daripada ditunda-tunda malahan kalau menjadi luka terbuka jadi lebih repot. Selagi masih dini, penanganannya lebih mudah. Wassalam

Saya punya contoh gambar payudara yang terserang paget. Sayang mbak aprilia tidak menyertakan email..

Dina, gambar penyakit paget bisa dikirim ke email saya, yaitu : januari2006@yahoo.com, kemudian kalau diijinkan akan saya muat diartikel ini supaya setiap orang yang membaca blog ini bisa mendapat gambaran lebih jelas bagaimana paget itu menyerang payudara.

Saya benar2 berterima kasih kepada mbak, banyak banget informasi yg saya dapatkan dari web ini. Sebenarnya skrg ini saya sedang bingung dan sedih makanya mencari informasi melalui internet. Saya berumur 26 tahun, kira-kira SMA (saya lupa kapan tepatnya karena uda lama bgt), payudara sebelah kiri saya ada benjolan lunak, skrg besarnya lebih kecil dari bola pingpong (sepertinya sedikit membesar dari awal saya mengetahuinya), tetapi tidak sakit, dan klo ditekan juga benjolan itu berpindah. Dulu saya juga pernah mencari info mengenai benjolan ini dan saya berkesimpulan benjolan itu tidak apa2 karena hampir di semua wanita memiliki benjolan di payudara (benar apa tidak ya?) tergantung apakah benjolan itu berbahaya atau tidak.

Masalah muncul lagi, beberapa bulan ini, di kedua payudara saya, sekitar puting terasa gatal banget, dan jika digaruk bertambah gatal, setelah aku garuk malah muncul ruam seperti luka, sedikit berair dan ada titik2 darah, tp ga sampe parah2 bgt. Trus kalau pake bra, lukanya setelah kering nempel di bra, kalau bra dilepas luka yg kering itu jd kebuka lagi dan memperlihatkan titik2 darah.
Rasa gatal ini sering kambuh. Saya bingung nih, kenapa ya dgn saya? saya takut terkena kanker atau penyakit kulit lainnya, atau ada hubungannya dengan benjolan itu. Tp saya malu kalo harus ke dokter kulit. Mohon sarannya mbak…

Honey, kayaknya sih kalau membaca penjelasan kamu, benjolan itu bukan kanker. tapi kalau bertambah besar,ya lebih baik ke dokter bedah Onkology saja. dan kalau ke dokter bedah, belum tentu juga akan dioperasi. kalaupun menurut dokter harus dioperasi, operasinya hanya operasi kecil saja. kalau pagi dioperasi, biasanya sore sudah boleh pulang. mengenai area puting kamu yang gatal, mungkin hanya alergy bahan Bra kamu saja. cobalah cari bra dari bahan katun. dan konsultasikan kedokter kulit. kalau malu, cari dokter kulit yang perempuan.tx

Contoh orang yang terkena paget ada di link :
http://infomedis.wordpress.com/category/paget-kanker-payudara-jenis-baru
Silahkan kalau mau di copy dan di paste di artikel ini
Semoga membantu.

setelah baca artikel diatas saya jadi takut…..
tp kenyataannya gatal diputing dan sekitar kadang buat saya mau nangis….sy pikir masa si jamur… jorok bener y saya.
nyatanya lagi,,,,dengan artikel tadi saya justru berharap ini jamur aja,,,, sy takut untuk periksa…
tlong dong dijelaskan lebih detail galal seperti apa rasanya apa disertai rasa sakit….
tolong blas ke email sy,,,
thanksssss!!!

Rika, rasa gatalnya itu banget, deh. Coba sekarang kamu ganti Bra yang dari katun dulu, siapa tahu itu hanya akibat alergi bahan Bra yang selama ini kamu pakai, dan coba raba-raba payudaramu apakah kamu menemukan benjolan, terutama disekitar area yang gatal itu.

saya sirui yang pernah bertanya dalam blog KANKER PAYUDARA.
meneruskan yang sebelumnya……..
sebenarnya saya tidak begitu mengerti apa itu penyakit paget karena saya pun baru mendengarnya kali ini.
namun yang saya tangkap, secara tdk langsung, penyakit paget merupakan awal dari kanker payudara.
lalu apakah memar dari tanda penyakit paget itu dapat hilang tanpa adanya pengobatan yang benar ???
karena dulu memang saya pernah mengalaminya. memar itulah yang saya bilang sulit sembuh. namun sekarang sudah sembuh.
apakah saya mengidap penyakit paget ataukah kanker atau tidak keduanya ???
dan kalau bisa tolong lebih diperjelas lagi informasi tentang penyakit paget.
untuk sekarang itu saja yang saya tanyakan. semoga anda tidak keberatan menjawab pertanyaan – pertanyaan saya yang mungkijn akan terus berlanjut.
trimakasih !!!!!!!!

Kalau begitu kemungkinan bukan paget. Kalau Paget tidak bisa sembuh sendiri, harus menjalani terapi seperti terapi kanker payudara

lalu, apakah untuk memastikannya saya harus memeriksanya dengan USG ??:?

Kunjungi dulu dokter bedah Onkology nanti dokternya yang akan memberi surat pengantar kamu harus kemana. memang salah satunya ya USG payudara juga

mbak mau nanya nih, pada saat menyusui anak 1, waktu itu di daerah putingny terasa gatal dan setelah digaruk seperti berkerak gitu, tapi selang beberapa bulan gatal dan kerak pada kulit mulai hilang. jd itu paget atau hanya penyakit kulit aja sih mbak ? trus setelah umur anak saya berusia 2 tahun saya berhenti menyusuinya, namun setelah menyusui, di payudara sebelah kanan saya timbul benjolan agak keras tapi bisa berpindah-pindah. kira -kira itu tumor atau bukan ya mbak ? saya jadi takut kalau ngebayangin masalan tumor apalagi kanker payudara.mohon jawabannya dikirimin ke email saya ya mbak . teimakasih

salam ibu/bapak,,
saya mau tanya. teman saya merasa ada kelainan di putingnya. awalnya ada bintik kasar di putingnya.terus karena risih maka dikelupas.tapi ternyata setalah dikelupas malah mulai tumbuh kulit puting baru yang keras jg bentuknya.tapi tidak panas dan gatal.kalau dikelupas bentuk kulitnya seperti kotoran hidung.sekarang teman saya merasakan kalau payudara kiri lebih berisi dari pada sebelah kanan.tapi tidak ada benjolan.dan kadang2 ada rasa nyeri.serta tangan kanan juga sering kesemutan.apakah itu termasuk paget/kanker??
bisa mohon dijelaskan.kalau mau periksa sebaiknya ke dokter umum dulu atau langsung dokter onkologi.terima kasih.

Dian, langsung saja ke dokter bedah Onkology

Saya jg mu tanya nih mbak..
Sbnarnya mgkn gak sh bgyan payudara saya itu aLergi krna sabun??
SoaLnya saya perhatikan daerah payudara saya itu ada seperti daki (keringat yg nempeL) gitu dan terasa kasar tapi gak nimbuLin rasagataL sih..
Saya berpikir apakah itu eksim dan nanadain kaLo saya kena paget??
Mohon dibalas k aLamat emaiL saya ya mbak..
Trims..

Chika, susah saya menjawabnya. cobalah dulu konsultasi kedokter kulit

Dear mbak..
aku puting sebelah kiri gatal, tapi ngga gatal banget cuma ya kalau lagi buka bra kerasa gatal dan pengen di garuk. trus area yang berwarna gelapnya juga berbeda dengan yang kanan, yang kanan warnanya masih pink, yang kiri agak coklat dan ada totol totol di sekitar situ, totol totolnya. apakah saya paget ? tapi sejauh ini sih ngga mengganggu karena gatalnya masih wajar aja seperti jamur, apa karena Bra saya ya mbak ? atau jamur ?

Vina, saya nggak bisa memastikan, lebih baik kedokter bedah Onkology, supaya lebih akurat.OK?

thx atas penjelasannya mbak..^_^

knp selalu sebelah kiri ya? saya juga akhir2 ini sering gatal sebelah situ. tapi setelah tiap kali mandi ku kasih perhatian lebih kayak aku seka, pijit2 setelah itu ku kasih caladin cair, gatal hilang, smg cuma jamur biasa saja. saya juga agak takut ke dokter..komen pliss

Tidak selalu sebelah kiri, banyak juga sebelah kanan. ya harapan saya apabila tidak terjadi perubahan mencolok pada puting, semoga hanya jamur

dok, saya sudah pernah usg payudara dan memang ada kista, tapi menurut dokter kisa saya itu normal dan hanya karena pengaruh hormon dan makan serta kebiasaan merokok saya, sekarang sy sudah mengurangi rokok (berusaha untuk brenti dok) dan menjaga pola makan saya. tetapi di payudara saya malah ada bintil seperti jerawat namun tidak gatal, dan sekarang bintil seperti jerawat ini sudah pecah dan terasa gatal. dilingkaran payudara saya juga ada beberapa bintik2 berwarna cokelat dan jumlah serta benuknya berbeda dengan payudara 1 lagi. apakah ini gejala paget dok?

Sammy, bisa saja itu paget, tapi untuk pastinya konsultasi saja ke dokter bedah Onkology

Mba, mksh ya berkat blog ini saya jadi tau, saya harus ke dokter mana. usia sy 40 thn (lajang), dari masa pertumbuhan PD saya sudah sering gatal, dan karena sudah biasa, saya jadi tidak khawatir, karena juga tidak ada benjolan. Tapi sekitar 11 thn yg lalu, di PD saya mulai ada warna kecoklatan di dekat puting, dan rasanya gatal sekali. Saya 2 tahun yang lalu sudah ke dokter umum, dan 2 dokter kulit serta ke dokter YKI, tapi kata mereka itu hanya kulitnya aja, emang kulit saya jenis kulit yang mudah alergi. Tapi setelah membaca tentang penyakit paget, saya jadi khawatir, karena sekarang gatalnya sudah mulai disertai rasa panas, tapi tidak ada luka, tapi terkadang rasanya perih. Menurut mbak, apakah ini berbahaya?

Mell, untuk jaga-jaga, memang sebaiknya ke dokter bedah onkology. Dokter bedah onkology yang sudah pengalaman, akan tahu itu apa.

mbak .. kalo gatal di sekitar puting , warna putung coklat ,, kulit sekitar situ kering, ada benjolan kecil sekitar puting (seperti tahi lalat) ..
apakah saya harus ke bedah onkologi
atau ke dokter kulit juga cukup??

kedokter kulit saja dulu.kalau dokter tsb curiga,kamu akan dirujuk kedokter yg lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 634,220 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: