Weblog Kanker Payudara

KANKER PAYUDARA YANG BERMETASTASE PADA TULANG

Posted on: Juni 29, 2008

Pada kanker payudara stadium lanjut, sering ditemukan penyebaran atau metastase pada tulang. Kanker pada tulang yang disebabkan oleh kanker payudara, tidak sama dengan kanker yang timbulnya memang dari tulang. Hal ini terjadi apabila sel kanker lepas dari tumor utama pada payudara dan masuk kedalam aliran darah. kemudian sel kanker ini tinggal didalam tulang dan mulai membelah diri / menggandakan diri.

Yang sering terjadi pada metastase tulang adalah pada tulang belakang, kemudian pada tulang pelvis, pinggang, paha, tulang rusuk. Tulang tengkorak.

Selain kanker payudara, kanker lain yang sering menyebar ke tulang adalah :

  • Kanker paru, biasanya pada tulang tangan dan kaki
  • Kanker prostate
  • Kanker thyroid
  • Kanker hati
  • Kanker usus
  • Kanker-kanker pada daerah perut.

Gambar kerusakan tulang karena kanker yang bermetastase

Metastase pada tulang, sering memyebabkan rasa nyeri. Juga bisa menyebabkan tulang fracture ( patah ) atau hancur.Ini sangat mengganggu activitas sehari-hari. Gejala dari metastase tulang ini bisa bermacam-macam. Diantaranya :

  • nyeri pada tulang yang lama kelamaan menjadi amat sakit hingga pasien tidak bisa jalan. Bisa jadi ini karena tulang yang patah atau urat syaraf tulang belakang yang rusak ( orang awam sering mengira sebagai urat kejepit )
  • Merasa lemas
  • Mati rasa pada bagian yang syarafnya terkena kanker
  • Masalah pada buang air kecil
  • Tekanan akibat metastase pada syaraf tulang belakang menyebabkan :
  1. mati rasa, sakit dan kaki yang melemah
  2. Masalah pada isi perut dan kandung kemih
  3. Mati rasa pada daerah perut
  • Mual
  • Haus
  • Konstipasi
  • Kelelahan
  • Merasa bingung, tidak tenang
  • Perlu kalsium darah yang tinggi ( hypercalcemia )
  • Kelebihan kalsium yang dikeluarkan dari tulang yang sakit, mungkin mengakibatkan kurang nafsu makan, mual, lelah.

Memang perlu memahami perilaku dari kanker, dan komplikasinya, sehingga pasien bisa mengantisipasi dan melakukan control secara terus menerus. Karena komplikasi ini bisa datang sepuluh tahun kemudian atau lebih yaitu ketika pasien lengah. Bisa juga satu atau dua tahun kemudian.

Pasien yang mengalami metastase tulang sering diterapi dengan menggunakan obat golongan bisphosphonate. Gunanya untuk menahan agar tulang tidak mengalami kerusakan akibat dari pertumbuhan tumor pada tulang, mengurangi rasa sakit, menjaga agar tulang tetap kuat dan juga menjaga agar kalsium dalam darah tetap pada level normal. Obat-obat untuk tulang yang bermetastase antara lain adalah BONDRONATE, ZOMETA, AREDIA.

10 Tanggapan to "KANKER PAYUDARA YANG BERMETASTASE PADA TULANG"

artikel yang bagus. metastase pada tulang sering menimbulkan nyeri yang luarrr biasa…

Hallo, mbak TItah apa khabar?. Memang sangat sakit metastase itu kalau sudah kena syaraf. Dulu saya sampai berbulan-bulan nggak bisa tidur

permisi moderator mau beritahu info

dear anyone,

mengapa ketika sudah dilakukan operasi kanker, kanker kembali muncul?
itu karena tubuh penderita tidak diberi dukungan untuk melawan kanker.
melawan kanker bisa dilakukan dengan 2 cara. dari dalam tubuh dan dari luar tubuh. dari luar tubuh bisa dengan cara operasi, kemoterapi, radiorterapi. bagaimana dengan melawan kanker dari dalam? caranya menggunakan transfer factor. info lebih lanjut kunjungi http://molekulajaibtf.co.nr

salam,

Gumilang

kira2 penyembuhan nya gimana ya jika telah terjadi metastasis ke tulang.. Selain dengan pembedahan

ibu saya, sudah satu tahun terakhir ini diketahui bahwa kanker payudaranya sudah metastase ke tulang belakang. yang ingin saya tanyakan, apakah penyebaran sel-sel kanker dalam darah bisa ditekan?? karena waktu cek yg kedua, tulang yg rusak telah bertambah dari T7 dan T11 sekarang menjadi T6,T7, dan T11.
Oiya, sudah 1,5 th ini ibu saya melakukan terapi pengobatan herbal dari china, yaitu Tradisional Chinese Madichine (TCM). Mohon informasinya, trimakasih.

Chepy, kalau kamu yakin TCM bisa menyembuhkan usul saya nyobanya jangan lama-lama, teman saya pasien kanker PD juga metastase ketulang menggunakan TCM gagal. Perlu diketahui bahwa obat chemopun tidak mudah masuk ke tulang biasanya selain chemo, dibantu obat khusus seperti ZOMETA, BONDRONATE atau BONEFOSE dan radiasi. Kanker yang sudah metastase ketulang kalau nggak cepat ditangani ibumu bisa sangat kesakitan.

Makasih mbak.. kalo boleh saya tau, kondisi mbak sendiri sekarang bagaimana? kan kanker yang menyerang mbak juga sudah metastase ke tulang? Alhamdullilah, ibu saya sekarang bisa melakukan aktivitas seperti biasa, beliau juga seorang wiraswasta, tapi jam kerjanya sudah banyak dikurangi.
Oiya, sejauh ini ibu saya tidak tau kalo kankernya telah menyebar ke tulang. Beliau typecall orang yang sangat sensitif, sehingga keluarga sangat berhati-hati dalam berkomunikasi, takut ibu jadi kepikiran dan kondisinya malah menurun. Ibu saya berumur 49th, dan kami menyampaikannya bahwa tulangnya telah mengalami penurunan kualitas, seperti osteoporosis.
Dulu waktu pertama kali diketahui adanya kanker (grade 3) pertengahan tahun 2007, sebenarnya ibu saya juga telah menjalani TACI di RSPAD. Setelah 5x TACI dan tidak ada perubahan, apalagi capek karena kami dari jogja, ibu saya putus asa dan memilih untuk berhenti. Saya sudah membujuknya, tapi mungkin karena ibu pendidikannya tdk tinggi, saya jadi kesulitan untuk meyakinkan beliau. Sampai sekarang menjaga perasaan ibu adalah yang paling saya utamakan.

Chepy, bersyukurlah kalau begitu. Tapi gerakan ibu harus hati-hati jangan jongkok, kalau ibu seorang muslim, kalau sholat sebaiknya duduk dikursi saja. Sayang,ya ibumu sangat sensitif dg penyakitnya. kalau dia bisa menerima dengan ikhlas, pengobatan bisa lebih efektif

Mba, jd klo yang sudah kena metastase ini baiknya mengikuti pengobatan apa selain suntik 3 obat yang tadi mba sebutkan diatas.
Apakah ada pantang2an tertentu ? Dan apakah bisa sembuh ? mami saya barusan di deteksi terkena metastase ini😦

Ivana, mengenai sembuh atau tidak hanya Tuhan yang tahu, komsentrasilah pada pengobatan saja, berdoa, dan ikhlas. Karena memang bisa kambuh lagi, bisa juga tidak.biasanya selain diinfus dengan salah satu obat yang sudah saya sebutkan, pasien akan disinar ( Radiotherapy). Makan makanan sehat saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 1,056,482 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
%d blogger menyukai ini: