Weblog Kanker Payudara

BAHAN KIMIA PADA BOTOL PLASTIK BISA BERBAHAYA BAGI KESEHATAN

Posted on: Juni 29, 2008

Dilaporkan oleh REUTERS HEALTH, bahwa suatu penyelidikan yang dilakukan terhadap binatang ( tikus ) menunjukkan bahwa bisphenol A ( BPA) yaitu bahan kimia yang banyak terkandung dalam produk-produk rumah tangga yang terbuat dari plastic termasuk didalamnya botol susu bayi, bisa meningkatkan resiko kanker prostate dan kanker payudara. Ini dilihat akibat yang ditunjukkan oleh tikus yang setelah terpapar oleh BPA  pertumbuhan pada jaringan prostate dan payudaranya menjadi tidak normal. BPA juga diduga memberi sumbangan dalam mencapai pubertas pada usia dini bagi anak perempuan dan laki-laki. Hormone banyak berperan dalam isu kesehatan ini. BPA diduga memberi efek pada perubahan level hormone dan jaringan sensitive pada hormone, misalnya jaringan payudara dan prostate.

 

Tetapi The U.S Food and Drug Administration ( FDA ) juga ahli-ahli kesehatan dan kimia berpendapat bahwa BPA aman dan dapat digunakan pada produk-produk plastic rumah tangga.Karena penyelidikan ini baru dilakukan pada tikus bukan manusia. Meskipun begitu, penelitian terhadap binatang memberi suatu petunjuk pada kita bahwa bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari memberi efek pada kesehatan manusia. Saat ini ilmuwan dan pembuat kebijaksanaan harus mulai memikirkan apakah BPA harus dibatasi penggunaannya atau dilarang sama sekali dalam produk plastic.

 

Cukup banyak bahan-bahan kimia yang mempunyai efek negative pada manusia. Mungkin sepanjang hidupnya manusia sudah terpapar oleh bahan kimia, dimulai dari masa kanak-kanak ( atau mungkin malahan ketika masih berupa janin ). Termasuk diantaranya BPA. Konsentrasi kita adalah masa bayi dan kanak-kanak sudah terpapar oleh BPA padahal pada masa itu organ-organ mereka belum terbentuk secara sempurna bisa jadi pada saat itu juga mulai terbentuk bakal kanker ataupun problem-problem kesehatan lain pada saat dewasa nanti.

 

Sangat sukar menghindari BPA. Bahan kimia ini ditemukan pada polycarbonate ( PC ) botol plastic, botol bayi, dll. PC plastic adalah salah satu jenis plastic. Beberapa produk plastic ditandai dengan suatu angka didalam suatu segi tiga kecil yang mengindikasikan jenis plastic yang digunakan untuk membuat barang tersebut. Simbol itu biasanya ada didasar barang. PC plastic yang terbuat dari BPA biasanya mempunyai angka 7 didalam segitiganya.

 

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menghindari BPA pada produknya. Apabila kita concern dan ingin menghindari BPA pada alat rumah tangga kita, cara yang bisa ditempuh, selain memeriksa dasar botol atau peralatan plastic lain, juga bisa membuka website dari perusahaan itu. Seharusnya botol air mineralpun tidak boleh menggunakan bahan dari BPA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 1,056,482 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
%d blogger menyukai ini: