Weblog Kanker Payudara

MENENTUKAN AREA BEBAS DARI SEL KANKER PADA OPERASI KANKER PAYUDARA

Posted on: Juni 15, 2008

MARGIN OF RESECTIONS :

Ketika dilakukan lumpectomy, resection, excisional biopsy atau mastectomy, Dokter Patology yang ada di ruang operasi pertama kali akan mempelajari tumor yang diangkat dari payudara, sepotong jaringan yang diambil, atau payudara yang diangkat dalam mastectomy  yang telah di masukkan kedalam semacam tinta khusus, sehingga dokter dapat selalu mengetahui bagian terluar. Mengetahui bagian terluar dalam operasi tumor/kanker adalah menjadi bagian yang terpenting dalam menentukan jenis operasi yang akan dilakukan dan pada saat radiotherapy.

Ahli patology akan selalu memeriksa dengan seksama untuk memastikan batas jaringan yang telah bebas dari sel kanker. Karena ini untuk menunjukkan apakah kanker benar-benar telah dibuang. Ahli Patology juga megukur jarak terluar dari sell kanker. Negative dan positive “ margin” atau “ margins of resection” ( Jarak antara tumor dan tepi jaringan normal )

Dokter memakai istilah “margins” atau “margins of resection” untuk menunjuk pada jarak antara tumor dan tepi jaringan. Area ini bisa diibaratkan sebagai bagian putih pada kertas yang memisahkan antara tulisan dan tepi kertas.

Margin ini diukur dalam enam sisi, yaitu dari sisi atas-bawah, depan-belakang, kiri-kanan. Melihat sedekat apa sel-sel kanker itu terhadap jaringan yang diambil, membantu dokter untuk menentukan treatment yang paling sesuai dengan kondisi pasien. Kadang menurut perkiraan dokter, ketika menginformasikan ke pasien bahwa tumornya kemungkinan bisa diangkat melalui cara BCT saja tapi ternyata setelah di ruang  operasi dan diamati oleh Dokter Patologi lokasi marginnya, maka bisa saja untuk kebaikan pasien harus dilakukan mastectomy.

 

 

 

A=Sel kanker

B=Jaringan

C=Tinta yang digunakan untuk menandakan tepi margin

  

MEMAHAMI MARGINS :

Margin dari tumor dinyatakan dalam salah satu dari tiga label berikut ini, tergantung dari apa yang dilihat oleh Dokter Patologi dibawah mikroskop. Yaitu :

  1. Positive Margins : Sel-sel kanker melebar keluar kearah tepi jaringan yang telah ditandai tinta khusus.
  2. Negative Margins : Tidak ditemukan sel kanker diarea yang diberi tinta.
  3. Close Margins : Situasi dimana kondisinya antara positif dan negative margins, maka dianggap “ close “.

Definisi “Negative Margins” bisa berbeda antara Rumah Sakit yang satu dengan yang lain, antara Dokter yang satu dengan yang lain. Ada dokter atau Rumah Sakit yang menganggap Negative Margins adalah apabila sudah ada satu sel normal diantara tinta dengan sel kanker. Ada juga Rumah Sakit atau Dokter yang menghendaki sekurang-kurangnya selebar 2 milimeter dari jaringan harus bebas dari sel kanker diantara tinta dan tumor.

Dari penjelasan ini maka pasien bisa bertanya kepada Dokternya apakah marginnya Positif, Negatif atau Close. Dan juga bisa bertanya kepada Dokter yang merawat, definisi Negative Margins mana yang dianutnya

4 Tanggapan to "MENENTUKAN AREA BEBAS DARI SEL KANKER PADA OPERASI KANKER PAYUDARA"

Dear Bpk/ Ibu,
Saya mau menanyakan kondisi mama saya. 2 Minggu yang lalu sudah menjalani operasi ( angkat semua payudara) hasil patologinya: close margin. Apakah berbahaya? hal2 apa yang perlu saya perhatikan/ tanyakan ke dokter?
Disana tertulis juga grade:2, tapi dokter sempat bilang grade 3, ukurannya berdasarkan apa? tertulis juga panjang sudah 5 cm. kondisi lain: belum menyebar ke lymp note ( yang diangkat 4: clear)
Terima kasih atas tanggapan dan infonya.
Salam,
Blessy

Tanyakan saja kedokter bedah Onkologynya arti close margin itu, kalau grade itu menunjukkan keganasan bukan ukuran tumor. kalau ukuran dan penyebaran sel kanker ditunjukkan dengan stadium. Bersyukurlah bahwa sel kanker mamamu belum menyebar ke kelenjar getah bening. Untuk kondisi mamamu, harus dilakukan chemotherapy dan Radiotherapy

Dear Mr/ Mrs.

saya ingin mengetahui tindakn pa yang harus diambil. ma2 saya sudah dua tahun ini mempunyai tumor payudara, dokter telah melakukan biopsi, tapi setelah dilakukan biopsi ma2 saya merasa itu membuat tumor tersebut terganggu dan merasakan perihdari sebelum na, dokter mengatakan itu adalah tumor ganas, ma2 saya tidak mau di oprasi karna merasa tidak sanggup melakukan oprasi dari segi materil,
Sekarng ini tumor itu sudah terlihat dari luar sebesar telur itik, dan mengeluarkan darah dan cairan bewarna hitam dan putih, ma2 tidak ingin melakukan cekup ke dokter lg , krn takut dokter akan melakukan biopsi lagi, selama ini ma2 menjalankan pengobatan dari obat2 tan tradisional, ma2 juga menjaga pola hidup dan makan na, sekarang lebih banyak memakan sayuran dan buah2an, ma2 dalam kondisi sehat masih bisa beraktifitas sendiri dan bersyukur untuk itu,,
Bapak / Ibu yang terhormat,..
saya mohon bantuan na untuk lebih mengetahui bagaimana mengatasi hal ini, apakah kalau sudah mengeluarkan darah itu bertambah baik atau buruk., secara ekonomi jujur kita hanya biasa2 saja,. itu yang membuat pikiran di ma2 juga,,. Bapak / Ibu bantu saya bagaimana menolong ma2 saya,,
Trimakasih atasperhatian nya .,,. GBU

Dear,Olga kondisi mamamu kalau sp keluar darah dll berarti kanker itu sdh pecah. Kondisi ini tdk bagus.sgralah kedokter bedah onk. Spy bisa sgr tertolong.memang skrg kelihatan OK, tp siapa tahu sdh ada metastase?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 1,056,482 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
%d blogger menyukai ini: