Weblog Kanker Payudara

KETIKA TERAPI TERHADAP KANKER ( PAYUDARA ) HARUS DIHENTIKAN

Posted on: Mei 11, 2008

                                                         

 

Banyak pasien yang mau melakukan segala macam terapi yang memungkinkan dia mencapai kwalitas hidup yang lebih tinggi, karena ingin menunjukkan tanggung jawab dan komitmentnya terhadap keluarga dan orang-orang yang dicintai serta keinginan untuk hidup lehih lama. Apalagi bila masih mempunyai anak-anak kecil, maka terapi ini kadang meskipun terasa sangat berat dan melelahkan, bagi beberapa wanita, mereka ini dengan berani akan tetap menempuhnya. Dia seperti pahlawan dalam keheningan bagi keluarga dan orang disekitarnya. Karena berjuang dan berusaha terus bertahan.

 

Tapi ketika kanker  tetap menunjukkan peningkatan keaktifannya meskipun segala usaha dimana melibatkan kelelahan phisik, emosi dan biaya pengobatan telah terasa membebani pasien sendiri dan orang-orang terdekatnya dan mungkin tubuh pasien sendiri akan mengisyaratkan sinyal “ CUKUP  Ini menunjukkan bahwa pasien telah berada dalam batas ketidak sanggupan menahan semuanya. Mungkin dia akan merasa bingung, depresi dan putus asa.Tapi keputus asaan ini jangan berlarut-larut meskipun kanker menunjukkan keaktifannya, alihkan perasaan khawatir akan kematian dengan perasaan bahagia ketika kita bangun pagi ternyata masih dianugerahi oleh Tuhan kehidupan dan syukurilah kehidupan yang dianugerahkanNYA. Sambil mengingat masa-masa menyenangkan yang dulu pernah dilewati, sebagai pengganti dari rasa murung yang menyelimuti hati, gantikan dengan berdoa dan bersyukur. Jangan penuhi hati dengan perasaan marah atau menggugat Tuhan.

 

Untuk beberapa pasien , kadang keluarganya mengharapkan terlalu banyak. Mereka mungkin akan memaksa pasien untuk tetap menjalani semua pengobatan yang masih mungkin dilakukan dengan harapan bisa memperpanjang usia. Tapi apabila pasien sudah merasa ini hanya akan sia-sia saja dan terasa sudah tidak realistis lagi maka semua control dari bagaimana pengobatan yang pasien inginkan dan bentuk kehidupan seperti apa yang saat ini ingin dijalani hingga sampai waktu kematian tiba, sebaiknya pasienlah yang menentukan dengan dukungan orang – orang terdekatnya .

Pasien mungkin merasa khawatir akan ditinggalkan dokter setelah memutuskan untuk menghentikan terapi anti kanker ini. Padahal dokter masih tetap terlibat dalam pemeliharaan kesehatannya, karena pasien tetap harus memeriksakan diri kedokter dan menjalani test-test kesehatan yang disyaratkan bagi pasien kanker payudara. Kadang pasien akan kehilangan  suasana persahabatan antara pasien kanker, antara suster dan paramedic lain yang biasanya terasa karena sering bertemu di klinik /  Rumah Sakit.

Maka ketika pasien memutuskan untuk menghentikan segala terapi, pasien bisa mengganti perawatannya  dengan Hospice Services bisa dirumah sendiri  atau di Rumah Sakit yang ada fasilitas Hospice Facilitynya. Hospice adalah usaha untuk tetap meningkatkan kwalitas hidup pasien diantaranya adalah :

         Menghilangka rasa sakit dan upaya medis lainnya

         Psikology dan spiritual Support untuk pasien dan keluarga

         Membantu pasien melakukan kegiatan sehari-hari ( mandi, memakai pakaian, makan, dll )

Ketika pasien memutuskan untuk menjalani Hospice Care, maka dia akan mendapat kunjungan dari perawat dan pantauan perawatan kesehatan dirumah sesuai keinginannya. Dokter juga tetap memantau kesehatan pasien, tetapi perawat yang ditugaskan untuk merawat pasien dalam program inilah yang akan menjadi pemantau kesehatan pasien yang utama. Dialah yang akan melaporkan pada dokter apabila ada problem medis.

Perawat berpengalaman dalam Hospice Care akan banyak membantu keluarga pasien dalam menghadapi perubahan jenis pengobatan dari usaha untuk terus mendapatkan pengobatan yang sesuai bagi pasien, ke penerimaan terhadap apa yang sekarang dijalani pasien hingga masa depan yang mungkin akan dihadapi. Ini akan membantu pasien dan keluarga menjalaninya dengan rasa damai, bukan saja siap dalam menghadapi kematian tetapi juga damai dalam menjalani hari-harinya. Jadi bagi pasien kanker yang sudah dalam tahap ini lebih baik menghadapi kemungkinan terburuk dengan perasaan siap dan damai karena ini akan meningkatkan semangat hidup daripada mengejar harapan untuk mencapai yang terbaik yang mungkin membuat pasien gusar, meskipun itu tidak dilarang.Tapi akan menguras energi.

Fasilitas Hospice Care yang ada di Jakarta yang saya ketahui adalah di Rumah Sakit Kanker Dharmais dan Yayasan Kanker Indonesia. 

                                                            

                                                     

1 Response to "KETIKA TERAPI TERHADAP KANKER ( PAYUDARA ) HARUS DIHENTIKAN"

Tetap semangat ya mba..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 1,056,482 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
%d blogger menyukai ini: