Weblog Kanker Payudara

DEPARTEMEN RADIOTHERAPY RSCM PUNYA ALAT BARU

Posted on: April 30, 2008

Disebelah gedung lama Dept. Radiotherapy dibangun gedung baru yang tampak menonjol dibandingkan bangunan sekitarnya. Diresmikan pada tanggal 15 April 2008, gedung itu digunakan untuk layanan terpadu pasien-pasien kanker untuk kelas tertentu, disebut “Red Carpet Services” . Yang istimewa pada gedung itu adalah disalah satu ruangannya terdapat alat radiotherapy yang tercanggih di Indonesia atau mungkin di Asia Tenggara, yaitu Alat IMRT/IGRT. Alat-alat canggih ini adalah dalam rangka mendukung layanan Prioritas Red Carpet Services. Yang ditawarkan dalam layanan ini diantaranya adalah :

– Teknology Radiotherapy yang paling modern

– Kemudahan akses yaitu menggunakan SMS & Online Appointment Schedulling.

– Hotline Service 24/7

– Medical Record Patient ID card

– Kenyamanan  Ruangan

Gedung baru Radiotherapy

Gambar ruang tunggunya yang sekarang sedang dibenahi

untuk menyambut pasien-pasien red carpet

Apa IMRT/IGRT itu?

IMRT singkatan dari Intensity Modulated Radiation Therapy adalah alat Radiotherapy terbaru yang sangat presisi, merupakan pengembangan dari 3D-CRT ( 3D Conformal Radiation Therapy ) dimana digunakan berkas sinar yang dibagi menjadi berkas-berkas yang lebih kecil, sehingga tercapai intensitas sinar yang akurat pada tiap titik pada jaringan tumor . Untuk memperoleh perhitungan dosis secara tepat & canggih dalam merencanakan pemberian radiasi pada target tumor yang bentuknya bisa terlihat secara 3-dimensi, digunakan computer untuk mengontrol setepat mungkin radiasi agar tidak terkena pada jaringan sekitarnya tapi menuju sasaran, karena alat ini bisa untuk memantau gerakan organ setiap kali terapi radiasi diberikan. Alat ini disebut IGRT ( Image Guided Radiation Therapy ).

Ada alat lain lagi yang namanya SRT/SRS ( Stereotatic Radio Therapy / Stereotatic Radio Surgery ). Merupakan upaya terapi radiasi dengan presisi sangat tinggi untuk menghancurkan sel-sel tumor. Dengan alat SRT & SRS ini akan diperoleh pola dosis yang sangat tinggi pada titik fokus ( yaitu jaringan kanker ) dengan cara mengarahkan banyak berkas sinar dari berbagai sudut. Banyak bentuk-bentuk lapangan radiasi yang unik dipancarkan ke pasien menggunakan bermacam-macam variasi sudut dan pendekatan, disesuaikan dengan perubahan bentuk tumor.

SRT dan SRS memungkinkan dilakukan terapi kanker pada lokasi-lokasi yang sulit dicapai dengan operasi, seperti pada batang otak, hati, paru. Dengan metoda ini pasien biasanya tidak perlu rawat inap

Alat ini baru akan beroperasi pada bulan pertengahan bulan Mei 2008

Untuk mengetahui tentang biaya dan lain-lain bisa menghubungi Departemen Radiotherapy RSCM. Telp :(021) 3921155. Email : info@radioterapi-cm.org

2 Tanggapan to "DEPARTEMEN RADIOTHERAPY RSCM PUNYA ALAT BARU"

wah, Mbak, saya baru baca artikel ini sementara udah mulai radioterapi di RSPAD dg Linac.
IMRT ini sama nggak dengan tomotherapy di Mt E ?

Kalau nggak salah prinsipnya sama, yaitu membuat seminimal mungkin side efek pada jaringan normal sekitar tumor, hanya mungkin bedanya adalah cara menampilkan gambar pada masing-masing alat ke monitor tidak sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 1,056,482 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
%d blogger menyukai ini: