Weblog Kanker Payudara

Pernah Kena Kanker Payudara, Amankah untuk Hamil?

Posted on: Februari 17, 2008

Berikut adalah konsultasi dari koran Republika :

Konsultasi
Pernah Kena Kanker Payudara, Amankah untuk Hamil?

Assalamualaikum wr wb
Prof Zubairi yang baik,
Saya, 31 tahun, tiga tahun yang lalu dinyatakan menderita kanker payudara. Saya telah menjalani operasi, ditambah penyinaran dan kemoterapi. Kontrol beberapa kali sesudah pengobatan tersebut menyatakan, saat ini saya bersih dari kanker. Setelah kemoterapi, siklus menstruasi saya sempat berhenti, tapi kemudian muncul kembali tidak teratur, dan saat ini sudah kembali teratur. Masalahnya, saya ingin sekali hamil kembali. Saat ini, saya telah memiliki seorang putri berusia enam tahun. Dulu, dokter mengatakan bahwa saya jangan hamil dulu selama dua tahun. Kini setelah tiga tahun berlalu, keinginan untuk hamil timbul kembali. Namun, sampai saat ini saya masih ragu-ragu.Yang ingin saya tanyakan, apakah kehamilan dapat merangsang kanker saya kambuh kembali? Bagaimana jika kanker saya kambuh saat hamil? Apakah risiko anak saya cacat lebih besar, mengingat sebelumnya saya menjalani kemoterapi? Nana, Jakarta

Assalamualaikum wr wb
Ibu Nana,
Kehamilan memang merupakan salah satu masalah yang sering ditanyakan oleh pasien kanker payudara yang usianya masih muda, masih dalam usia reproduksi, terutama mereka yang belum mempunyai anak. Kemoterapi memang dapat mempengaruhi ovarium sehingga siklus menstruasi dapat terganggu bahkan berhenti.

Namun, jika Anda sekarang masih mengalami menstruasi, tentu kemungkinan untuk hamil kembali masih ada. Menurut beberapa penelitian, kehamilan pada wanita dengan riwayat kanker payudara tidak mempengaruhi ketahanan hidup dan tidak ditemukan perbedaan jumlah bayi yang lahir cacat bila dibandingkan dengan wanita tanpa riwayat kanker payudara. Memang benar, biasanya dianjurkan untuk menunda kehamilan selama 2-3 tahun pertama karena pada masa-masa setelah itu kemungkinan kekambuhan menjadi lebih rendah.

Salah satu faktor yang diketahui dapat memicu pertumbuhan kanker payudara adalah hormon estrogen. Oleh karena itu, usia saat pertama kali menstruasi yang lebih muda, kehamilan pertama yang lebih lambat, pemakaian terapi pengganti hormon, diketahui menjadi faktor risiko kanker payudara.

Sebenarnya pada kehamilan, kadar estrogen justru menurun. Namun, apakah risiko kekambuhan menjadi lebih rendah? Beberapa penelitian memang melaporkan bahwa angka ketahanan hidup lebih tinggi pada pasien kanker payudara yang kemudian mengalami kehamilan dibandingkan yang tidak, terutama pada pasien dengan reseptor estrogen positif. Namun, beberapa penelitian yang lain melaporkan tidak ada perbedaan.

Jadi, dari beberapa penelitian tersebut, yang sayang sekali jumlahnya masih terbatas dan subyeknya sedikit, tidak ditemukan bahaya untuk hamil pada wanita dengan riwayat kanker payudara. Jika terjadi kekambuhan pada saat kehamilan, maka tindakan yang diambil tentu sangat tergantung dengan usia kehamilan saat kekambuhan terdeteksi. Jika terjadi pada tiga bulan pertama, kemungkinan besar akan dianjurkan agar kehamilannya dihentikan oleh karena kemoterapi memiliki efek yang buruk terhadap janin, sebaliknya jika ditunda maka dikhawatirkan kanker akan menyebar sehingga nyawa ibu menjadi terancam.

Jika terjadi pada tiga bulan terakhir, menurut beberapa penelitian, kemoterapi sudah cukup aman dilakukan. Sedangkan jika terjadi pada tiga bulan kedua kehamilan, maka pilihan tindakan yang akan dilakukan menjadi lebih dilematis dan perlu diskusi lebih lanjut dengan dokter. Semoga penjelasan saya ini cukup memuaskan. Semua keputusan tentu berada di tangan Anda dan suami. Jika Anda memutuskan untuk hamil, maka sebelum merencanakan kehamilan tersebut, harus memeriksa kondisi Anda secara keseluruhan agar Anda yakin bahwa sebelum kehamilan tidak terjadi kekambuhan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Bu Nana dapat hamil, bila dokter menyatakan bahwa saat ini tidak ada tanda-tanda kekambuhan kanker payudara.

( )

Tinggalkan Balasan

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 1,056,482 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
