Weblog Kanker Payudara

BAGAIMANA TERAPI RADIASI ( RADIOTHERAPY ) DIBERIKAN ?

Posted on: Februari 7, 2008

Dari ACS dan breast cancer .org

Dibawah ini diuraikan beberapa cara memberikan terapi radiasi antara lain :

EXTERNAL BEAM RADIATION
External beam radiation adalah jenis terapi yang paling sering digunakan. Radiasi, berasal dari mesin yang disebut linear accelerator dimana mesin ini akan mengalirkan energy radiasi yang tinggi ke area dimana kanker dituju tapi berefek juga pada jaringan normal yang dilewati.Metoda ini mirip dengan pemberian X-ray, hanya ini waktunya lebih lama. External beam radiation ini memungkinkan untuk melakukan treatment pada area tubuh yang lebih luas dan lebih dari satu lokasi misalnya pada area utama kanker dan sekitar kelenjar getah bening.Pemberiannya setiap hari ( biasanya 5 hari dalam seminggu ) untuk beberapa minggu ( untuk radiasi tulang biasanya 10x sedang untuk organ lain bisa 20x atau lebih ). Biaya radiasi di RSCM, untuk 10x radiasi ± Rp. 9.000.000 an. Sedang untuk 20x radiasi atau lebih ± Rp. 20.000.000 – Rp. 28.000.000,-

Perencanaan Pengobatan :

Pertama-tama dokter akan merencanakan jenis pengobatan untuk pasien.Bagian pertama dari rencana pengobatan ini disebut simulation. Ini adalah tahap penggambaran. Pasien akan diminta oleh team medis untuk berbaring di suatu meja didalam ruangan simulasi. Dan dilakukan pemantauan dari layar diluar ruang untuk mendapatkan posisi yang paling bagus pada saat penyinaran, dan tidak berefek pada organ-organ penting lain. Apabila posisi sudah didapat, kemudian lokasi itu ditandai dengan spidol tahan air. Maka dilokasi didalam area yang digambari itulah yang akan dituju oleh sinar radiasi. Area ini disebut radiation field.Selama pengobatan ini, area yang disebut radiation field tidak boleh kena air. Karena selain menjaga agar tanda-tanda tidak hilang, juga supaya tidak melepuh kalau terkena air.Dokter, bisa menggunakan test imaging diantaranya CT scan untuk mencek ukuran tumor, mengindentifikasikan dimana kanker kemungkinan paling banyak menyebar, memetakan jaringan normal yang berada diarea treatment, pengukuran dan pengembangan rencana pengobatan. Didalam prosedur komplek disebut dosimetry, program computer digunakan untuk mengetahui berapa besar struktur normal akan terekspose radiasi dalam rangka menentukan dosis radiasi.Kemudian Dokter dan dosimetrist akan bersama-sama menentukan jumlah radiasi yang akan diberikan pada pasien. Dasar penentuan tersebut adalah ukuran tumor, seberapa sensitifnya tumor terhadap radiasi,dan kemampuan jaringan normal menahan sinar radiasi.

Dosis dan Treatment

Jumlah total radiasi yang akan diberikan pada pasien diukur dalam satuan yang disebut Gray ( Gy ). Sering, dosis dinyatakan dalam centrigray ( cGy ), yaitu seratus per satu Gy. Untuk eksternal radiasi, dosis total sering dibagi dalam beberapa dosis yang lebih kecil ( fractions) yang biasa diberikan lebih dari beberapa minggu. Ini memungkinkan pemberian dosis yang tidak menyebabkan kerusakan jaringan normal.

Gambar pasien dalam posisi external beam radiation, dari depan. Terlihat setengah dari beam Radiation:

radiation-treatment1.jpg

A. Warna kuning terang : Adalah payudara yang ditreatment

B. Warna kuning muda : beam di udara, tidak menyentuh pasien

C. Lubang dari Linear Accelerator

D. Alat pemegang lengan kanan pasien

Gambar pasien dari posisi samping, sedang dilakukan treatment radiasi.

radiation-treatment2.jpg

A. Warna kuning terang : Adalah payudara yang ditreatment

B. Warna kuning muda : beam di udara, tidak menyentuh pasien

C. Lubang dari Linear Accelerator

D. Alat pemegang lengan kanan pasien

Potongan melintang dari pasien area payudara yang sedang di radiasi

radiation-treatment3.jpg

A. Middle radiation beam

B. Side radiation beam

C. Kuning terang : Lokasi dimana radiasi diberikan pada payudara

D. Tulang rusuk

E. Jantung

F. Paru-paru

G. Tulang belakang

H. Tulang payudara

Seperti yang terlihat dalam gambar, radiasi untuk seluruh payudara diberikan dari dua lokasi treatment yang berbeda.Kedua area itu saling berlawanan. Dan saling berhadapan :

o Yang satu dimulai dari sebelah payudara dan sampai tengah-tengah dada ( letak tulang payudara )

o Satu lagi dimulai dari tengah-tengah dada dan sampai samping payudara

Gambar pasien berbaring di meja Linac

treatment-session5.jpg

INTERNAL RADIATION

Beberapa jenis radiasi bisa dimasukkan kedalam tubuh. Terapi ini mempunyai beberapa nama yang berbeda, termasuk internal radiasi sendiri, brachytherapy, intracavitary radiation dan intraoperative radiation. Untuk internal radiasi,bahan khusus digunakan untuk radiasi.Zat radioactive yang sangat kecil, disebut seeds, digunakan untuk pengobatan kanker.Beberapa seeds melepaskan radiasi secara perlahan ( pengobatan ini diberikan lebih dari sehari ), ini disebut dosis rendah atau brachytherapy. Beberapa seeds yang lain melepaskan radiasi secara cepat ( pengobatan diberikan antara 5-10 menit ). Ini disebut dosis tinggi. Dengan teknik ini, Seeds diletakkan sementara didalam tabung kecil disebut catheter atau alat special seperti balon ( disebut MammoSite ) yang telah di implant kedalam area payudara, dilokasi yang pernah ada kankernya ( setelahdioperasi ) Apabila ini merupakan pengobatan radiasi utama, maka disebut Partial-breast radiation. Internal radiation bisa juga sebagai treatment tambahan pada akhir dari seluruh external radiation treatment.

PARTIAL-BREAST RADIATION

Untuk wanita yang kankernya merupakan kanker stadium dini, bisa dilakukan operasi breast conserving surgery ( lumpectomy ) diikuti dengan radiasi sebagai pengganti mastectomy. Lumpectomy tujuannya adalah membuang kanker. Kemudian radiasi diberikan untuk menghilangkan kemungkinan sel kanker yang mungkin tertinggal setelah operasi. Standard pengobatan kini, adalah melakukan radiasi pada seluruh payudara setelah lumpectomy. Tapi pilihan lain juga bisa dilakukan yaitu : Partial-breast radiation. Dikenal juga dengan sebutan Partial-breast irradiation (PBI) atau limited-field radiation therapy. Partial-breast radiation dikembangkan untuk mengurangi / mencegah kekambuhan, memperpendek waktu yang digunakan untuk pelaksanaan radiasi, dan memperkecil dosis dari radiasi ( ini otomatis mengurangi efek sampingnya ) terhadap jaringan disekitarnya. Partial-breast radiation juga bisa diberikan lagi, tapi pada bagian lain dari payudara, apabila kanker baru terdiagnosa lagi dimasa datang. Kalau radiasi penuh, biasanya tidak dapat diberikan lagi pada payudara yang sama.

Tag:

2 Tanggapan to "BAGAIMANA TERAPI RADIASI ( RADIOTHERAPY ) DIBERIKAN ?"

Wah, informasinya bagus dan lengkap sekali. Sepertinya saya pernah bertemu Ibu di JBC waktu saya mengantar Ibu saya berobat ke Prof. Zubairi.

Ibu saya terdeteksi menderita kanker payudara stadium 3 B. Sejauh ini, ibu saya sudah melalui mastectomy dan chemo (4 AC dan 4 T).

Pertanyaan saya, apabila radiasi dilakukan setelah mastectomy, apakah treatmentnya sama dengan radiasi yang ditujukan untuk mengecilkan ukuran kanker sebelum operasi ?

Terimakasih ya bu.

Iya, bisa jadi. Karena saya paling tidak 4 minggu sekali ke Prof ZD.Mengenai radiotherapy setelah mastectomy, treatmentnya sama saja. Karena itu fungsinya untuk membersihkan area bekas operasi dari kemungkinan adanya sel kanker yang masih tersisa.Biasanya tiap area radiasi, lama penyinaran tidak sampai 2 menit. Yang lama adalah menunggu giliran di radiasi.OK, sampai ketemu di JBC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 1,056,482 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
%d blogger menyukai ini: