Weblog Kanker Payudara

CARA MENGETAHUI OBAT CHEMOTHERAPY SEDANG BEKERJA DI TUBUH KITA

Posted on: Januari 21, 2008

Diterjemahkan dari chemocare

Dengan pengecualian pada adjuvant chemotherapy, dimana tidak terlihat kanker lagi, Efektifitas dari chemotherapy pada sel kanker diukur berdasarkan “ respon “. Teknik untuk memonitor respon itu sama dengan test-test yang digunakan untuk mendiagnose kanker. Yaitu :

o Benjolan atau tumor yang melibatkan beberapa Kelenjar Getah Bening dapat dirasakan dan diukur secara external dengan pemeriksaaan secara fisik

o Beberapa tumor yang berada didalam akan tampak di x-ray atau CT-scan dan bisa diukur dengan penggaris

o Test darah, termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan test untuk mengetahui fungsi organ-organ juga sekaligus bisa diketahui,

o Test tumor marker dapat dilakukan untuk beberapa kasus kanker.

Bagaimanapun kegunaan dari test-test itu, apakah test darah, jumlah sel, tumor marker test, itu harus diulang dalam interval waktu tertentu sehingga bisa dibandingkan dengan test sebelumnya.

BAGAIMANA MENDEFINISIKAN RESPON ?

Respon terhadap pengobatan kanker didefinisikan dalam beberapa cara :

o Complete response

Berarti seluruh kanker atau tumor menghilang; Tidak terlihat lagi adanya penyakit. Tumor marker turun ke angka normal.

o Partial response

Kanker mengecil dinyatakan dalam prosentase, tumor marker angkanya menurun, tapi penyakit masih ada

o Stable disease

Kanker tidak mengecil, juga tidak tumbuh membesar. Kondisi penyakit juga tidak berubah ( hasil test-test ). Tumor marker juga tidak berubah secara signifikan.

o Disease progression

Kanker terlihat tumbuh membesar. Penyakit menunjukkan peningkatan, juga tumor marker.

BAGAIMANA MENGUKUR RESPON

Untuk pasien yang baru didiagnose menderita kanker, dan disarankan untuk menjalani chemotherapy, maka jumlah seri chemotherapy biasanya sudah ditetapkan. Dokter akan menentukan jumlah seri chemotherapy berdasarkan protocol pelaksanaan chemotherapy. Respon bisa diukur selama pelaksanaan chemotherapy, tetapi jumlah dari seri chemo tersebut tidak otomatis dirubah kecuali apabila kanker membesar. Apabila kanker terlihat berkembang, chemotherapy kemungkinan akan dihentikan dan diganti obat baru.

Sebagaimana pengalaman saya selama menjalani chemotherapy, biasanya pada seri ke tiga, akan diadakan evaluasi ( melakukan bonescanning, photo thorax, USG, mammography, test tumor marker ) untuk mengetahui apakah obat chemo yang dipakai cocok atau tidak. Apabila tidak cocok maka obat akan diganti.Untuk pasien yang tingkat kankernya sudah mencapai tingkat advance atau kanker yang kambuh lagi, maka jumlah spesifik dari seri chemotherapy mungkin tidak ditentukan. Berdasarkan evaluasi, apabila penyakitnya stable atau tumornya mengecil, kemungkinan chemotherapy tambahan akan diberikan selama respon terpelihara dengan baik, asalkan efek toksisitasnya masih ditoleransi. Umumnya, minimum pada seri ke dua atau tiga chemotherapy, akan diukur responnya. Satu seri chemotherapy tidak cukup untuk mengevaluasi efektivitas obat.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 1,056,482 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
%d blogger menyukai ini: