Weblog Kanker Payudara

ALTERNATIF BARU DALAM PENGOBATAN KANKER

Posted on: Agustus 1, 2008

Pada tanggal 24 Juli 2008 di RS. Mitra Kelapa Gading diadakan pertemuan rutin yang diprakarsai oleh CISC. Kali ini membahas topic “ALTERNATIF BARU DALAM PENGOBATAN KANKER.” Dibawakan oleh Dr. Walta Gautama SpB ( K )Onk.

Dijelaskan oleh beliau bahwa prinsip terapi kanker adalah sbb :

TERAPI LOKAL : TERAPI SISTEMIK :
- Pembedahan - Chemotherapy
- Radiotherapy - Targetted Therapy

Terapi yang saat ini sedang berkembang :

  1. Trans Arterial Chemotherapy Infusion ( TACI )
  2. Cryoablation
  3. Radiofrequency ablation
  4. Photodynamic Therapy

Semua ini termasuk terapi local

Tujuan Terapi Kanker adalah :

  • KURATIF
  1. Untuk Kanker stadium awal
  2. Bertujuan untuk menyembuhkan

  • PALIATIF
  1. Untuk Kanker stadium akhir
  2. Tujuannya untuk meningkatkan kwalitas hidup pasien
  3. Menghilangkan rasa sakit

PENJELASAN SINGKAT TERAPI LOKAL YANG SAAT INI SEDANG BERKEMBANG :

Perlu diketahui bahwa terapi – terapi ini akan dilakukan dokter apabila terapi standard untuk kanker telah dilakukan. Jadi terapi ini merupakan pilihan terakhir. Karena belum seluruhnya disetujui oleh FDA maupun badan kesehatan dunia yang lain. Tetapi sudah umum dilakukan, baik di Amerika maupun Eropa. Negara yang sangat berani melakukan adalah China. Seperti penjelasan Dr. Walta, sayangnya uji klinis untuk terapi – terapi itu di China belum tuntas ( data untuk Uji klinis tk. III belum ada ). Tapi mereka sudah umum menawarkan terapi –terapi tersebut pada pasien baik local maupun asing.

Di Indonesia sebenarnya sudah ada beberapa rumah sakit yang melakukan yaitu Rumah Sakit Pluit ( menggunakan technology dari China ), Rumah Sakit Mitra Kelapa gading ( menggunakan technology dari Inggris ), untuk RSPAD yang saya ketahui telah menggunakan terapi TACI untuk beberapa pasiennya.

Terapi ini, sebagai pilihan untuk :

  • Mengurangi resiko dalam pembedahan terutama bagi pasien yang dalam pertimbangan dokter tidak mungkin dilakukan pembedahan karena alasan usia lanjut atau lemah.
  • Kankernya merupakan tumor solid, bukan kanker kelenjar getah bening atau darah.umumnya pada kanker hati,ginjal, paru,kanker payudarapun sekarang biasa dilakukan.
  • Pada pasien tingkat advance ( stadium akhir ), untuk mengurangi nyeri akibat desakan tumor.Juga nyeri pada tulang-tulang akibat metastase kanker-kanker tertentu ke tulang.
  • Mengecilkan ukuran tumor, sehingga mudah dioperasi ( sebagai neo adjuvant )
  • Keuntungannya, bisa diulang dan bisa dilakukan bersamaan dengan terapi standard ( pembedahan atau chemo )
  • Pada TACI/E tujuannya memperkecil kemungkinan komplikasi sistemik karena dosis obat kanker.

Pembedahan umumnya diasosiasikan dengan kejadian yang menakutkan dan butuh waktu lama untuk pemulihan. Sekali lagi terapi ini termasuk golongan terapi local yang diharapkan dapat mengontrol tumor solid dengan cara menghancurkan jaringan kanker dengan kerusakan jaringan normal yang sangat terbatas. Untuk melakukan terapi ini, dokter akan dipandu oleh salah satu alat-alat Imaging-guided seperti:

  • Computed Tomography ( CT ),
  • Ultrasonography ( USG ),
  • Magnetic Resonance Imaging ( MRI ).

CRYOABLATION :

Adalah salah satu jenis terapi local yang menggunakan suhu ekstrem dingin ( -40ºC ) untuk menghancurkan sel kanker. Dibawah suhu -15ºC sel kanker akan terganggu. Dimulai dari cairan diluar sel yang membeku, berturut-turut menuju ke bagian dalam sel, seiring dengan suhu yang mulai bertambah dingin.untuk membekukan sel kanker, digunakan gas Argon, kemudian dicairkan dengan gas helium.Proses beku – cair secara cepat ini, mempercepat nekrosis ( kematian ) sel dan merangsang respon imun pada sel tumor yang tersisa.

Pelaksanaannya adalah, pasien bisa dibius local atau ditusukkan / dimasukkan alat semacam jarum atau disebut thin probes dengan dipandu alat Imaging Guided tadi probes itu menuju ke tumor yang akan dilakukan Cryoablation. Setelah sampai didalam kemudian ujung probes akan membentuk gelembung es yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran tumor.Apabila tumornya terlalu besar, bisa menggunakan beberapa probes. Proses ini berlangsung ± 10 s/d 15 menit. Tidak boleh terlalu lama, karena bisa menyebabkan demam tinggi, perdarahan spontan.

Gambar yang memperlihatkan pemasangan 3 bh probes pada cryoablation

TACI/E = TRANS ARTERIAL CHEMO-INFUSION / EMBOLIZATION

adalah pemberian obat anti kanker melalui pembuluh arteri, langsung menuju targetnya yaitu ke pembuluh darah tumor. Pada metode ini, jarum atau probes berisi obat chemotherapy dengan dosis yang lebih rendah dari teknik chemotherapy biasa. Yaitu 20%-30%.

RADIO FREQUENCY ABLATION

Metode ini menggunakan arus bolak-balik frequency tinggi lewat electrode. Arus dengan frequency tinggi dialirkan melalui jarum yang akan memanaskan jaringan sel kanker dan menghancurkannya.Setelah beberapa bulan sel kanker yang mati akan terlihat sebagai bekas luka yang tidak berbahaya. Proses ini bisa berlangsung 15 menit.

Jarum Radiofrequency Electrode sedang bekerja ditujukan pada tumor menghancurkan tumor liver

PHOTO DYNAMIC THERAPY

Photosensitizer diaktifkan oleh gelombang cahaya, reaksinya adalah berupa toksik pada sel kanker yang mengakibatkan sel kanker mati. Waktu terapi untuk metode ini juga singkat.

About these ads

16 Tanggapan to "ALTERNATIF BARU DALAM PENGOBATAN KANKER"

Bagaimana dengan kanker payudara stadium awal yang solid, namun tidak jauh dari situ terdapat juga sedikit kelenjar bening, apakah metoda terapi ini masih efektif?

Berapa ukuran tumornya,pak?. kalau sudah menyerang kelenjar getah bening, rasanya lebih murah kalau dilakukan cara standard dulu saja. Biasanya kombinasi antara chemotherapy ( dosis rendah ) dan radiotherapy. setelah tumornya mengecil baru dilakukan pembedahan ( bisa hanya BCT saja) kemungkinan besar diradiotherapy lagi tapi paling hanya 5-6 kali kemudian dichemo lagi.
Tapi kalau masih ingin mencoba teknik cryoablation / TACI bapak bisa menemui 3 rumah sakit yang telah melakukan atau temui dulu Dr. Walta di RS. Dharmais

pak bagaimana dengan sarcoma sinus maxilaris? papa sy dulu sudasejak h di radioterapy kurang lebih 25 kali, sudah kempes/sembuh, Puji TUHAN tetapi akibat radioterapy papa sy jadi gak nafsu makan, agak lama jg. sebulan gitu, jadi kreatinin jadi naik 15 gitu, jadi harus cuci darah sekarang.sejak cuci darah papa jadi nafsu makan lagi, tapi kebanyakan makan daging jadi di pipinya bengkak lagi, dan ditulang rahang juga bengkak. sudah di mri ukuran 6x4cm. yang mau saya tanyakan, menurut bapak pengobatan apa yang paling efektif untuk papa sy? apakah taci cocok untuk papa sy? papa sekarang cuci darah seminggu 1x, dan gamma gt nya tinggi, 800an. mohon penjelasan dari bapak yah, dan terimakasih banyak untuk bantuannya.

Dear, Oliv. Maaf sekali,ya. Pertama-tama perlu saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Tapi dengan berat hati saya harus menjelaskan bahwa saya sebagai pemilik blog ini bukan dokter, tapi adalah pasien kanker payudara yang sangat peduli dan mempelajari ttg. penyakit saya sehingga bisa sedikit menulis ttg. kanker, khususnya kanker payudara. ( Baca tulisan saya diblog ini dengan judul SAYA PASIEN KANKER PAYUDARA, HIDUP DENGAN KANKER PAYUDARA YANG BERMETASTASE, TENTANG BLOG INI ). Mengenai TACI, Oliv bisa berkonsultasi dengan Dr. Terawan, di RSPAD Gatot Subroto ( di LT. 3 di bagian kedokteran Nuklir ). OK, Oliv semoga informasi ini bisa membantu.

Bagaimana kalau bapak coba dengan tradisional see web http://www.pengobatan-kanker.com

Kanker termasuk kategori penyakit karena lemahnya sistem imun, menurut Dr. William Hennen “penyakit” terjadi karena lemahnya sistem imun.

Untuk perawatan dan pencegahan Kanker Payudara serta berbagai macam penyakit kanker, bisa mengkonsumsi “Transfer Factor” [ TF ], apa itu Transfer Factor, bagaimana cara kerjanya ?…..

1. Transfer Factor ádalah ‘Molekul Pendidik Sistem Imun’ [ Immune IQ ]. 1 buah kapsul TF [ 300 mg ] berpotensi Mengenali lebih dari 200.000 jenis kuman, virus, jamur, parasit, bakteri, dsb. Informasi IQ yang terkandung didalam TF merangsang Tentara – Tentara sistem imun untuk Menyerang segala musuh-musuhnya, sel-sel rusak dan juga sel-sel kanker.

2. TF adalah gabungan antara ekstrak kolostrum [ susu awal sapi ], kuning telur [ gabungan sempurna molekul pendidik / pintar ] dan dipadukan dengan berbagai tanaman obat seperti Cordyceps, Jamur Shiitake, Mitake, Olive leaf extract, Soya bean extract, Zinc [ yang dikenal sebagai tanaman herbal / obat yang mampu melawan sel-sel kanker ] tetapi ia tidak mengandung antibodi khusus seperti yang terdapat di dalam kolostrum [ hewan ], sehingga TF tidak memberi efek alergi kepada pengguna.

3. TF hadir setelah 50 th penelitian ditemukan oleh Dr. Henry Sherwood Lawrence [ 1916 — 2004 ] dan telah menghabiskan biaya lebih dari US$40 juta, dan di teliti oleh ilmuwan dari 60 negara.

4. TF adalah produk Pertama yang disahkan penggunaanya oleh Kementrian kesehatan Rusia untuk digunakan di seluruh Rumah Sakit dan seluruh klinik di Rusia menggantikan obat “IL-2” yang memakan biaya terlalu besar untuk pengobatan kanker US$ 5000 dibandingkan TF hanya 100$ per botol.

5. 4Life Research adalah Leader dalam Revolusi Sistem Imun. Teknologi ekstraksi TF dari kolostrum dan kuning telur telah dipatenkan oleh 4Life Research [ Teknologi Nanofactor ] hingga tahun 2020.

6. Lebih dari 3500 laporan uji klinis dihasilkan untuk membuktikan kekuatan TF.

7. TF aman tidak mengandung kadar toksik boleh di padukan dengan obat resep dokter dan baik di konsumsi oleh pasien yang sedang melakukan proses kemoterapi, karena mampu menaikan daya tahan tubuh hinggá **283% dan 437%.

**Test results obtained from independent NK cell studies conducted by Dr. Anatoli Vorobiev, head of Immunology, at the Russian Academy of Medical Science. The blind studies tested 4Life Transfer Factor E-XF (the primary ingredient in Tri-Factor Formula) and other immune system products.

Web USA : http://www.4life.com
Web Indonesia : http://www.4lifeindonesia.co.nr
Tanya Jawab TF : http://www.r4life.co.nr

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat, terima kasih.

Info lebih lanjut hubungi :
Ryan & Kenny
Phone / Sms : 0818.07183888 – 021.94675666

Berapakah biayanya untuk setiap tindakan
1. TACI/E
2. RADIO FREQUENCY ABLATION

Terimakasih

Setahu saya dua-duanya biayanya hampir sama kira-kira 25 jt.

saya berumur 57 tahun adalah pasien CA-rectum adenocasinoma sejak tahun 2001 dengan stadium 3B dan telah dilakukan operasi sepanjang 16 cm dan di chemotheraphy 1 cure (6 kali) dilaksanakan di Hospital mount-E Singapore dan dokter Oncology Ang Peng Tiam dan di nyatakan bersih pada tahun 2002. Setiap 3 bulan sekali periksa blood test ke Singapore. namun demikian , pada bulan Oktober tahun 2006 pemeriksaan blood test tumor marker CEA saya naik menjadi 9,6 sedangkan maksimum 5. ketika di PET Scan, ternyata terdapat node di paru kiri atas sehingga Dr. Ang meminta saya untuk di Chemo lagi sampai 8 kali dan dilanjutkan dengan Laser (spot burning) lalu dilanjutkan dengan chemo sebanyak 4 kali, setelah itu chemo dianggap selesai pada Oktober 2008. namun demikian pada bulan Maret 2009 yang lalu tumor marker CEA saya naik lagi menjadi 5,8 dan dokter meminta saya untuk melakukan PET Scan lagi dan hasilnya ada dua node, satu di paru kiri dan satu di paru kanan. sekarang sedang menjalani lagi chemotheraphy untuk kesekian kali.
apakah kasus saya ini penyembuhannya bisa melalui tindakan TACI/E atau RADIO FREQUENCY ABLATION???
ditunggu balasannya, terima kasih!! :-)

Salam kenal Pak Gatot, saya juga pasien kanker stadium lanjut tapi saya CA mammae. memang capek, ya harus chemo terus. capek biaya, capek ditusuk tangannya. tapi ya itulah jalan hidup tiap orang kita jalani saja dengan tawakal dan ikhlas. selama kita diberi kesempatan berobat dan selama bisa berobat syukuri saja jalan hidup yang sedang kita jalani. Saya yakin Allah tidak akan mengabaikan kita pada akhirnya pasti ada reward untuk kita. mengenai TACI/E, Bapak bisa konsultasi ke Rumah Sakit Gading Pluit disana juga sudah melaksanakan sendiri, atau disanapun ada perwakilan dari FUDA CANCER HOSPITAL-GUANZHOU di RS. Gading Pluit juga melaksanakan Cryoablation. jadi bapak bisa pilih mau berobat di Jakarta atau di China. dan di RSPAD Gatot Subrotopun TACI juga ada, bapak bisa temui Dr. Terawan di Kedokteran Nuklir. Untuk terapi lain setahu saya belum ada. Wasalam, semoga Bapak tabah dan diberi kekuatan Allah SWT.

salam kenal.. ibu saya berusia 60thn jg menderita kanker payudara stadium lanjut.. diameter tumornya mencapai 9 cm dan sering pendarahan.. sudah mencapai getah bening, tapi belum sampai paru2 (dari hasil CT torax dan abdomen). Permasalahannya, ia memiliki jantung koroner dan single-kidney.. Menurut pengalaman anda, apakah terapi-terapi tersebut diatas berisiko untuk pasien dgn kondisi seperti ini..? terima kasih sebelumnya

Bree, mohon maaf karena saya bukan dokter, tapi hanya pasien kanker. maka untuk kondisi seperti ibumu, coba konsultasi ke beberapa Rumah Sakit yang sudah mengerjakan metoda2 tsb, diantaranya: RS. Mitra Kelapa Gading, RS. Gading Pluit, RSPAD Gatoto Subroto. Semoga membantu

Thank u atas respond nya :) apakah ada dokter-dokter yang direkomendasikan? Terima kasih..

Karena saya belum pernah melakukan salah satu dari metoda itu baik TACI maupun CRYOABLATION, jadi maaf belum bisa kasih rekomendasi

Saya mempunyai seorang nenek berusia 64 tahun. Beliau baru saja diperiksa dokter dan di beritahu bahwa beliau mengidap kanker payudara dan dianjurkan untuk berobat ke Jakarta. Kami sebagai keluarga memang telah berencana membawa beliau berobat dlm waktu dekat. Namun, saya hanya ingin tahu, apakah ad kemungkinan untuk sembuh dan bagaimana dengan pengobatannya? Pengobatan apa yang sebaiknya diberikan kepada beliau? Dokter memberitahukan bahwa beliau telah memasuki stadium 4. Dan apabila dilakukan pembedahan, apakah memungkinkan, dan tanpa efek , karena beliau juga menderita kencing manis. Terima kasih.

Desi, penyakit apapun termasuk kanker kemungkinan sembuh selalu ada. Paling tidak kwalitas hidup pasien bisa ditingkatkan. Tapi semua itu sangat tergantung dari kemauan sembuh & semanagat pasien itu sendiri, pertolongan dan kasih sayang Tuhan, terakhir baru pertolongan dokter. Jadi dokter itu hanya sarana yang dianugerahkan Tuhan untuk membantu menyehatkan dan menyembuhkan penyakit manusia. selebihnya adalah usaha pasien itu bagaimana agar tubuhnya merespon dengan baik obat-obatan yang masuk ketubuhnya. kalau dia sangat lemah dan mudah putus asa, apakah bisa merespon obat dengan baik?. Mengenai nenek kamu, meskipun sudah stadium 4 bukan berarti tidak bisa dilakukan tindakan apapun, memang untuk pasien stad.4 pengobatannya tujuannya adalah sebagai pengobatan paliatif. Tapi tetap ada manfaatnya yang besar. Saya banyak menemukan pasien kanker yang sudah berusia diatas 70 thn bahkan 80 thn, dan dioperasi serta menjalani chemotherapy dengan badan yang tetap OK. Mengagumkan sekali. Mengenai adanya penyakit kencing manis, tidak menjadi masalah banyak pasien kanker yang juga menderita penyakit tsb. Ilmu kedokteran sudah sangat maju pengontrolan kadar gula pada penderita kencing manis mudah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 700,736 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: