Weblog Kanker Payudara

ULANG TAHUN YAYASAN KANKER INDONESIA YANG KE-31

Posted on: April 27, 2008

Pada hari Sabtu, tanggal 26 April 2008 bertempat di gedung RNI lt.6 diadakan perayaan ulang tahun Yayasan Kanker Indonesia yang ke 31 dengan tema : PEDULI & BERBAGI, PELITA BAGI MEREKA.

Kata sambutan pertama oleh Dr. Aditiawati P., dilanjutkan dengan sambutan dari ketua II yaitu : Dr. Melisa Luwia. Beliau melaporkan garis besar perkembangan / kegiatan Yayasan Kanker Indonesia dan fasilitas-fasilitas yang telah dimiliki. Diantaranya :

  1. Memiliki 2 Klinik Deteksi Dini, terutama untuk kanker yang menyerang wanita yaitu kanker leher rahim dan kanker payudara, dengan biaya yang terjangkau tentunya.
  2. Sasana Mardi Husada, adalah asrama bagi pasien kanker, terutama yang berasal dari luar kota yang sedang berobat jalan di RSCM. ( dichemo atau di radiotherapy ). Dengan biaya murah, mereka mendapat penginapan yang nyaman berikut makan dan fasilitas antar jemput menggunakan mobil ambulan dari Sasana ke RSCM. Sasana ini terletak di YKI Lebak Bulus.
  3. Santunan obat-obat sitostatika ( obat chemoterapy ) bagi pasien-pasien yang tidak mampu.Dengan persyaratan tertentu, persyaratannya bisa dibaca di YKI.
  4. Penyaluran / penjualan obat-obat sitostatika ( chemotherapy )dengan harga murah
  5. Program HOSPICE HOME CARE perawatan bagi pasien terminal ( stadium akhir ) dimana pengobatan terhadap penyakitnya sudah tidak diperlukan lagi. Perawatan ini bertujuan untuk meringankan pasien dari penderitaannya baik fisik ( nyeri, mual,muntah, dll ) maupun psikis ( sedih,marah,khawatir, dll ).
  6. Memberikan pelatihan praktis dalam hal perawatan pasien bagi keluarga pasien dan siapapun yang merawat.Untuk program kunjungan rumah, peminjaman alat-alat kesehatan selama persediaan masih ada, tidak dipungut biaya.
  7. Program REACH TO RECOVERY adalah program dukungan moril bagi pasien kanker payudara yang diberikan oleh para sukarelawan yang sebagian besar pernah menderita kanker jenis tersebut. Para sukarelawan ini akan membagi pengalaman saat mereka menghadapi situasi yang sama.
  8. Donatur Iur Bayar Radiotherapy bagi pasien yang tidak ditanggung asuransi.

Acara selanjutnya dengan dipandu oleh DR.dr. Aru Sudoyo SpPD-KHOM FACP Disampaikan ceramah tentang:

  1. Penyakit-penyakit penyerta pada penderita kanker. Oleh Dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD-KHOM
  2. Mobilitas setelah operasi. Oleh DR.dr. Angela Tulaar SpRM(K)
  3. Latihan Pernafasan dipandu Oleh DR.dr. Angela Tulaar
  4. Hiburan yang dibawakan oleh pasie-pasien kanker

Dibawah ini adalah foto-foto acara hiburan yang dibawakan oleh para pasien kanker :

Gambar para pasien nesofagus yang sedang berusaha bernyanyi. Dengan pita suara yang telah terpotong sebagian karena kanker mereka dengan semangatnya bernyanyi beberapa lagu.


Survivor kanker payudara sedang menari

Paduan suara survivor kanker payudara
Alamat Yayasan Kanker Indonesia :

  • Jl. Dr. GSSY Ratulangi No.35- Menteng, Jakarta Pusat, Telp : (021)31927464, Fax: (021)3920568
  • Jl. Lebak Bulus Tengah No.9 – Jakarta Selatan, Telp : (021)7690704
About these ads

21 Tanggapan to "ULANG TAHUN YAYASAN KANKER INDONESIA YANG KE-31"

:D

kalau buat orang yg tidak mampu gimana? adakah cara biar mereka bisa di obati.

Ada, yaitu melalui askeskin atau SKTM. Yang diurus melalui RT, RW sampai Puskesmas, dan nantinya akan disurvey apakah memenuhi syarat untuk memperoleh Askeskin atau SKTM tidak?. Apabila memenuhi maka kalau Askeskin itu seluruh pengobatan gratis dan kalau SKTM bisa sampai 50% ditanggung negara, Tapi sayang pada praktiknya, kadang RSCM atau RS. Pemerintah yang lain suka kehabisan obat-obat sitostatika ( obat chemotherapy ) sehingga sering akhirnya ada pasien yang seharusnya dichemo tapi karena tidak ada persediaan obat, akhirnya dia terpaksa beli sendiri. Di Yayasan Kanker pun dengan Surat Keterangan Tidak Mampu ( SKTM ) ini, pasien bisa memperoleh keringanan pembelian obat. dan apabila pasien beruntung kadang Yayasan Kanker Indonesia memperoleh dana dari suatu Organisasi dimana dana itu diamanatkan untuk dipakai sebagai pembiayaan berobat orang-orang tidak mampu secara gratis. Oleh karenanya bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan untuk berobat kanker bisa menghubungi YKI. Atau apabila disekitar teman-teman ada penderita kanker yang ingin berobat tapi tidak ada biaya, bisa cari informasi ke YKI, siapa tahu di YKI sedang ada program-program tertentu.

Saya adalah orang awam yang tidak mengerti tentang kanker payudara, kalo saya ingin berkonsultasi tentang penyakit ini, kira – kira saya bisa ketemu dengan siapa ya…dan apakah konsultasi itu dikenakan biaya.

Apakah ada teman atau saudara yang terkena kanker payudara?. Kalau hanya sekedar cari informasi, di Yayasan Kanker juga ada dokter yang bisa ditemui. dan tidak dipungut biaya. Di RS. Dharmais mungkin juga ada

Ass.Wr Wb. Istri saya skrng diagnosis kanker payudara,sudah 3x kemotherapy saran Dr harus diangkat karena bekas lukanya sdh baik.Saya ingin tau bagaimana sebaiknya, apakah hrs dioperasi atw dikemo terus, karena kalau dioperasi saya membutuhkan biaya yg sangat mahal klau ada jln keluarnya tolonglah krn dlm waktu seminggu ini hrs diopersi

Walaikum salam Wr, Wb.
Pak Riyandi, saya bukan anggota YKI, tapi pasien kanker PD juga ( lihat tulisan saya : SAYA PASIEN KANKER PAYUDARA ). Setahu saya memang YKI sering membantu pasien yang mengalami kesulitan pengobatan. Untuk itu Bapak bisa datang ke YKI yang di jalan Sam Ratulangi, Menteng.
Juga saya ingin tanya, apakah luka istri Bapak betul-betul sudah kering?. Saya juga dulu mengalami seperti istri Bapak, jadi diterapinya adalah chemo 6x, dilanjutkan Radiotherapy baru dioperasi pengangkatan seluruh PD. Setahu saya pengangkatan PD untuk pasien kanker PD stadium IV boleh dilakukan apabila metastasisnya hanya ke tulang, atau kankernya belum bermetastasis ke organ lain. Sabar, Pak bergantunglah sepenuhnya pada pertolongan Allah.

saya berterima kasih kepada YKI dan wisma sasana mardi husada yang telah membantu moral dalam pengobatan dan penyembuhan kanker leher rahim ibu saya tahun 2006 silam, yang menginap di wisma hampir 6 bulan lamanya. dan alhamdulillah dinyatakan sudah sehat. namun, ibunda tetap berkeinginan untuk cek up di jakarta, namun, seperti biasa, terhalang biaya. masih adakah harapan bisa mendapatkan bantuan dana? terima kasih.

Yulia yang baik. Syukur Alhamdulillah ibunya bisa survive dari kanker, dan mendapat bantuan dari YKI. Karena Yulia sudah merasakan sendiri, maka tolong sampaikan ke teman atau saudara yang menderita kanker bahwa di YKI ada bantuan untuk mereka. Tapi berhubung saya bukan pengurus tapi hanya salah satu partisipan dalam kegiatan YKI, maka Yulia bisa telpon atau datang lagi ke YKI utk menanyakan hal itu.

sy bru dpt informasi td pagi, dan sdkt kaget wkt k’k sy blng klo’ tmnnya trnyata saat ini sedang mengidap kanker payudara. sblmnya dy jg bru tau bhwa dy mengidap kanker ganas pd juni 2007, dan sudah stadium 2. stlh tau hasil diagnosa dokter sprt itu, dy langsung mnjalankan chemo. stlh bbrapa wkt mmang keadaannya berangsur-angsur membaik, namun awal januari 2008 keadaannya memburuk, yg tadinya diagnosa dokter hanya payudara kiri, skr sdh merambat yg kanannya jg. dari pihak kluarga sdh amat sangat melakukan yg terbaik untuk dy, rmh yg mrka tempati (dy, k2 anaknya, suaminya, k2 adiknya, dan ibunya, ayahnya sdh meninggal sktr oktober 2007 setelah 5th mengidap kanker getah bening) pun sdh di jual untuk pengobatannya. dy seorang ibu dari 2 org putra yg masih kecil, yg pertama usianya 6.5th dan yg k2 4th. suaminya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di jkt dgn posisi administrasi, sblmnya dy jg karyawan di salah satu hotel yg ada di jkt, namun karena penyakit yg dideritanya tdk memungkinkan dy untuk bekerja akhirnya dy resign.
kami dari pihak keluarga dan teman sudah memberikan semua2nya dari yg kami bisa dan mampu. tapi melihat kondisinya saat ini sangatlah memprihatinkan dan membuat kami sangat sedih. saat ini pengobatan yg sedang dijalani tidak lagi dari medis, dikarenakan biaya yg sudah tdk mencukupi lagi, dan juga dari dy-nya pun sudah lelah dengan pengobatan medis. akhirnya dari informasi2 yg didapat ada pengobatan alternatif yg lokasinya di tasikmalaya. sdh 6 bln terakhir ini pengobatan yg dijalankan dengan media patok ular dy jalani. pengobatan dilakukan seminggu sekali, pengobatannya untuk 1 kali datang biayanya 500rb, setiap kali dy berobat ditemani oleh ibunya karena suaminya harus bekerja, mereka biasanya sudah harus berangkat dari rumah jam 4pagi dengan menggunakan bis umum antarkota. setelah beberapakali pengobatan memang keadaannya sedikit membaik, namun belum lama ini adiknya yg perempuan yg 1 rmh dgn dy bercerita klo’ keadaan k’knya menurun lagi, sampai puting payudaranya sudah mengelupan dgn sendirinya, dan jg payudaranya seperti membusuk mengeluarkan bau anyir dan bernanah. sbnrnya hal itu dy pendam sndri aja, tapi adiknya tau dgn tdk sengaja. dy menyimpan penderitaannya karena dy sdh bnr2 pasrah, cape, dan ga mau lagi menyusahkan org. mungkin saat ini yg membuat dy masih survive hanya 1 keinginannya, melihat anaknya yg k2 lulus smp.

dan….apakah ada sedikit harapan dan cahaya untuk dy??? dari yg smua dy derita didlm tubuhnya saat ini. karena kami sdh tdk tau lagi apa yg bs membuat dy semangat dan selalu berfikir optimis/positif. karena setiap kali menjalani pengobatannya pun keluarga harus membujuk-bujuknya terlebih dahulu.

apa mungkin smuanya itu bisa didapat dari YKI??
baik itu bantuan berupa materiil maupun juga tentunya moril??? yg sangat dy butuhkan saat ini.

terima kasih.

Septia, cobalah datang ke YKI, tanyakan bantuan apa yang bisa didapat saudaramu itu. dan apa syarat-syaratnya. Selain itu coba juga mengurus JAMKESKIN melalui RT, RW, LURAH, PUSKESMAS. saya lihat banyak pasien-pasien di RSCM menggunakan JAMKESKIN, dan mereka mendapat pengobatan gratis. Saya melihat dan mengenal sendiri orang yang sakit kanker payudara, dan berobat menggunakan JAMKESKIN tertolong. Dia tidak membayar sepeserpun biaya mulai dari pemeriksaan, chemotherapy hingga operasi.tolonglah jangan putus asa, memang ngurusnya berbelit-belit, tapi asalkan tekun akan berhasil. ada pula tetangga saya karena tidak menuntaskan mengurus JAMKESKIN, akhirnya ibunya tidak tertolong. Dan teman kamu itu, apabila PDnya sudah luka dan berbau, maka tidak bisa diobati dengan cara alternatif seperti itu, karena lukanya akan tambah melebar dan berbau.OK, selamat berjuang, Allah SWT selalu bersamamu

Alhamdulillah..!!!
berita baik ..!! berita BAIK..!!
sekedar untuk membantu memberikan informasi baik ini yaitu telah hadir pencegahan dan pengobatan dari kanker rahim dan payudara…… dengan hadirnya anion atau lovemoon di indonesia..
hub;0856882713

Pengobatan ini telah teruji di 169 negara dan biaya tidak mahal ..
sangat senang sekali bila informasi ini sampai kepada anda dan bisa menolong anda2

bagaimana caranya mendapatkan bantuan dari YKI bagi yng tdak mampu

Pak Heri bisa tanyakan ke YKI, jalan Sam Ratulangi. Karena saya juga nggak hapal persyaratannya

Dear YKI,

Sy Michi.. saya ingin sedikit sharing, sy ada kenalan dr luar negara dimana mereka membuat sbh alat kedokteran yg bisa mendeteksi lbh dini akan kanker payudara. alat ini sudah mendapatkan persetujuan dari Mentri Kesehatan Negara dan juga mendapatkan pengakuan ISO 13485 : 2003 sebagai alat pendeteksian dini untuk kanker payudara.

Jikalau boleh, saya ingin mohon bantuan YKI, mengenai pihak2 yang saya bisa hubungi untuk teman saya mengadakan seminar untuk memperkenalkan alat deteksi kanker lbh dini ini.

Demikian kiranya hal ini kami sampaikan. Saya sangat mengharapkan bantuan informasi dari YKI.

Salam hangat,
Michi Octa (0815.8872940)
email : remicci.octa@gmail.com

Michi, blog saya bukan milik YKI ini blog pribadi saya sebagai pasien kanker payudara. Apabila akan menghubungi YKI bisa langsung telpon ke nomor yang tertera diatas.

saya seorang bidan yang banyak menemukan ibu2 yg menemukan benjolan di payudaranya, dan sudah 2 orang klien tersebut meninggal dunia dengan diagnosa ca mamae, walau saya sudah mendeteksi secara dini, tetapi untuk konsultasi lanjutan sulit karena terbentur biaya yang mahal, kesulitan yang saya alami adalah menjelaskan prosedur rujukan dan apa yang bisa dilakukan untuk bantuan biaya, karena pasien yang saya temui tersebut mayoritas dari keluarga tidak mampu, untuk biaya pengobatan 5 juta rupiah saja sudah sangat sulit, apa yang bisa saya lakukan, keterbatasan ini kadang membuat saya putus asa sebagai tenaga kesehatan, saya sangat ingin membantu tapi saya tidak bisa berbuat apapun,dikota saya tidak tersedia kemotherapy, jadi harus kekota lain palembang dan ini menambah biaya lagi bagi keluarga, perlu diketahui kalau dari penilaian saya penyakit ini sudah banyak sekali di temukan saat ini, tetapi dinkes tampaknya kurang memperhatikan hal2 yang tidak ada spjnya, eva curup bengkulu

Eva, baik sekali kamu sangat perhatian terhadap kanker PD ini, karena sekarang kanker PD merupakan pembunuh wanita terbesar, dan penyaklit ini sekarang bukan diturunkan saja tetapi siapa saja bisa terkena. Kalau kamu mau menolong mereka, coba tanyakan pada Kantor Dinas Kesehatan setempat, biasanya tiap daerah mempunyai program untuk pasien miskin. Petugas Dinkes akan mendatangi rumah pasien untuk disurvey dahulu. Semoga perjuanganmu menolong mereka berhasil. memang kadang sulit menghadapi birokrasi. tapi saya banyak menemukan pasien kanker di RSCM Jakarta yang dikirim dari daerahnya.

Saya penderita Ca ductal invasive std IIA, sdh mastektomi radikal mammae sinistra & pascakemoterapi. Sy ingin melibatkn diri dlm yayasan pita pink utk berbagai kegiatannya, bisa gabung jd anggota/member, bagaimana caranya?

Dokter Febriana, biasanya langsung saja datang ke Yayasan Pita Pink . Kalau saya bukan anggota yayasan tsb, blog saya hanya ngelink saja.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 718,836 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: