Weblog Kanker Payudara

MAKANAN / NUTRISI BAGI PASIEN KANKER

Posted on: Januari 13, 2008

Para pasien kanker yang sedang menjalani terapi dan yang sudah selesai terapi dianjurkan mengkonsumsi makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien kanker yang mengkonsumsi makanan sehat selama terapi umumnya lebih tahan menghadapi efek samping dari terapi Kadang selama terapi, muncul efek samping seperti mual, kehilangan nafsu makan sehingga pasien kadang sulit mengikuti cara makan yang sehat. Karena itu jika pasien mengalami hal tersebut segera diskusikan dengan dokter dan ahli gizi.

Beberapa terapi kanker bisa bekerja efektif pada pasien yang daya tahan tubuhnya tinggi yaitu didapat dari kecukupan nutrisi. Mengkonsumsi makanan sehat sangat berguna untuk kesehatan otot-otot, membangun jaringan sel baru, menjaga diri dari serangan infeksi. Memang tidak ada jaminan bahwa setelah makan dengan menu sehat, kanker tidak akan kambuh lagi. Karena asal muasal kankerpun sampai sekarang belum diketemukan, hanya dengan mengatur makanan kita, memang daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, kita terhindar dari kelebihan kolesterol, peningkatan gula darah, darah menjadi kental, ketidakstabilan hormone, dll. Dimana itu semua adalah beberapa factor penyumbang kekambuhan kanker. Paling tidak kalau kita lebih sehat dan lebih mandiri tidak akan mengganggu / tergantung pada orang lain, bisa melakukan kegiatan bermanfaat. Juga makanan rendah lemak ini akan membantu kita untuk mengontrol berat badan agar tidak berlebihan. Pasien kanker dianjurkan supaya berat badannya tidak naik berlebihan dan mengontrol tekanan darah nya. Sebaiknya mengkonsumsi makanannya adalah sbb :

  • Konsumsi cukup sayur dan buah ( 4-5 macam setiap hari ). Misalnya apel, papaya, alpukat/kiwi/mangga, jambu merah/ strawberry/buah naga, jeruk dll. Bayam merah, bayam hijau, ginseng, daun papaya+bunga pepaya, broccoli, bit, wortel, dll. Pilih sayur dan buah yang berwarna mencolok dan jangan mengkonsumsi jenis-jenis sayur dan buah yang sama dalam jangka waktu lama. Lebih baik secara kombinasi agar tubuh tidak kelebihan zat tertentu tapi kekurangan zat yang lain. Variasikan warna-warna buah dan sayurnya.
  • Jika menkonsumsi makanan sumber karbohidrat, pilih karbohidrat kompleks, misal nasi merah, roti gandum
  • Perbanyaklah makan ikan laut ( usahakan tidak makan cumi, kepiting, bandeng ), kalau ayam, belilah ayam kampung atau ayam organic. Apabila terpaksa makan daging merah ( daging sapi ) pilih yang rendah lemak . Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi daging merah sebanyak lima hingga enam kali seminggu meningkatkan resiko kanker. Untuk menurunkan resiko, Institut Kanker Nasional AS menyarankan kita untuk membatasi konsumsi lemak hingga30%. Tapi menurut penelitian untuk mendapatkan efek anti kanker, usahakan mengkonsumsi lemak kira-kira 10-15% saja. Atau lebih baik tidak sama sekali. Kalau saya sudah tidak makan daging merah lagi semenjak terkena kanker.
  • Bila mengkonsumsi susu dan olahannya pilih yang rendah lemak atau susu kedelai. Yoghurt pilih yang plain. Kedelai olahan lain juga bagus, seperti tahu, tempe.
  • Sebaiknya mulai kurangi gula ( bisa diganti madu kalau terpaksa), makanan yang mengandung nitrit, pengawet, pewarna, diasinkan, diasap.
  • Kurangi gorengan. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang goreng / keripik kentang akan merangsang terbentuknya senyawa pemicu kanker yang bernama akrilamida. Pada kentang/ keripik kentang goreng senyawa ini lebih banyak dibanding pada makanan gorengan lain.
  • Hindari memasak makanan dengan suhu tinggi.
  • Apabila terpaksa makan makanan yang digoreng, pakailah minyak yang bebas kolesterol seperti canola oil. Sekali pakai langsung dibuang, makanya pakainya hemat saja karena harganya mahal sekali ( 2 liter Rp. 70.000 ) Biasanya saya, kalau Canola Oil susah ditemukan di Supermarket sekitar rumah dengan terpaksa menggunakan Olive Oil ( ini lebih mahal lagi, biasanya untuk dressing salad ) Juga sekali pakai langsung dibuang.
  • Hindari alcohol dan minuman soft drink. Lebih baik minum air putih 8 gelas sehari
  • Batasi cemilan enak tapi tak sehat, seperti cake, permen dan aneka dessert. Ganti camilan dengan misalnya : jagung rebus, kacang rebus, edamame rebus, chestnut, dan polong-polongan / kacang merah.
  • Apabila membuat salad sayur dressingnya pakai campuran olive oil saja. Jangan pakai yang mengandung lemak tinggi.

MAKANAN YANG SAYA KONSUMSI SELAMA MENJALANI CHEMOTHERAPY :

Berikut adalah pengalaman saya mengkonsumsi makanan selama menjalani chemotherapy. Berhubung sebelum menjalani pengobatan secara konvensional ( secara kedokteran, yaitu radiasi & chemotherapy ) kondisi tubuh saya sangat lemah ( berat badan turun hingga 16 Kg, payudara berlubang dengan diameter 11 cm, keadaan hampir lumpuh, kaki mengecil, selalu kesakitan ), maka ketika dianjurkan untuk segera melakukan radiotherapy saya makan agak banyak karbohidrat dan protein agar berat badan cepat naik. Tidak menganut diet tertentu tapi tetap ada sayur dan buah. Sehingga ketika menjalani proses radiotherapy, saya tidak mengalami efek samping apapun. Hanya ketika radiotherapy terakhir leukosit turun menjadi 2500. Itu bukanlah kondisi yang terlalu buruk. Dan HB saya juga tidak drop, levelnya 12+. masih bagus. Begitu selesai Radiotherapy I ( sebanyak 10x ) dimana kondisi saya sudah lebih baik ( rasa sakit sudah berkurang ), pelan-pelan saya mulai mengatur makanan untuk persiapan chemotherapy dan Radiotherapy selanjutnya ( 38x). Disini saya memilih diet dengan cara food combining.

Mengapa saya memilih ini, karena pengaturan makannya mengikuti siklus metabolisme tubuh, supaya proses pencernaan makanan, penyerapan sari makanan dan pemanfaatannya untuk tubuh, serta pembuangan sampah makanan berlangsung efektif. Sehingga seluruh organ tubuh bisa bekerja sesuai kapasitasnya, dan tidak kelebihan beban kerja, karena apabila kelebihan beban kerja organ tubuh akan kelelahan. Tandanya antara lain : meningkatnya kadar gula darah ( akibat pancreas tidak beres ) atau kolesterol / trigliserida darah tinggi ( antara lain gangguan pada empedu )Proses metabolisme tubuh berlangsung terus-menerus selama 24 jam. Namun selama 8 jam terjadi siklus yang teraktif. Yaitu :

Pukul 04.00 – 12.00 : Siklus pembuangan sampah makanan
Pada waktu ini, menu makanan pagi yang paling cocok adalah buah segar, bisa buah potong, jus buah, salad buah, lassi ( jus buah + plain yoghurt). Untuk pemanis bisa ditambahkan madu.Buah menyiapkan energy siap pakai, berupa gula buah yang mudah dicerna dan diserap tubuh secara efisien, tanpa memerlukan energy metabolisme terlalu besar. Hal ini sesuai dengan siklus metabolisme yang masih dalam siklus pembuangan. Karena mudah dicerna, maka buah segar lebih cepat meninggalkan lambung, sehingga kita mudah lapar. Maka antara 1 – 2 jam kemudian kita bisa mengkonsumsi buah berikutnya. Ini untuk menjaga konsentrasi gula darah agar kita tetap berenergy.Untuk pagi hari buah yang saya konsumsi adalah sbb :

  • Seharusnya, diawali dengan jeruk nipis dicampur air hangat pada saat bangun tidur. Berhubung saya sering chemo, maka pencernaan saya tidak tahan lagi kalau bangun tidur minum jeruk nipis dicampur air hangat. Jadi setiap pagi mulai pukul 06.300, saya minum jus apel ( tanpa pemanis apapun ). Kalau saya, jus apel menjadi wajib tiap pagi karena ini mengganjal rasa lapar. Jam 07.300 / jam 8.00 saya makan buah papaya potong. Ini juga wajib. Supaya tidak lapar. Jam 09.00 / 09.30, saya makan jus buah apa saja, bisa : Jus jambu merah + madu, lessi strawberry, jus melon, jus alpukat + gula aren sedikit, dll. Jam 10.30, bisa diselingi susu kedelai, atau kacang rebus satu mangkok kecil, edamame rebus, atau sepotong ubi rebus. Jam 11.30, makan jus buah lagi, bisa apa saja. Tapi selama chemo saya menghindari makan pisang dan mangga karena asam lambung saya tidak kuat. Kalau buah durian sudah tidak pernah saya makan lagi semenjak kena kanker.

Pukul 12.00-21.00 : siklus pencernaan makanan
Siang hari merupakan waktu paling baik untuk mengkonsumsi menu protein hewani, dibanding malam hari. Meskipun pada jam makan siang dan makan malam tubuh kita masih dalam siklus pencernaan makanan, tapi makanan hewani membutuhkan waktu cerna lebih lama daripada pati ( hewani 4-6 jam, pati 2-3 jam ). Jadi, apabila kita makan protein hewani misalnya pada jam 19.00 maka kemungkinan makanan itu belum semua tercerna sempurna ketika siklus sudah berpindah ke siklus penyerapan ( jam 21.00 ). Akibatnya makanan yang belum tercerna akan membusuk dan menjadi toksin.Untuk siang hari menu makan saya adalah :Protein ( bisa ayam kampung atau ikan ) + sayuran menu ini saya pakai apabila tidak chemo atau badan sedang fit pada saat selesai chemo. Kalau saya sedang keadaan lelah banyak kegiatan paginya maka pada saat makan siang, saya tambahi nasi meskipu tidak banyak. supaya sepanjang siang dan sore ada tenaga. Sebenarnya ini menyimpang dari food combining. Sore hari mulai jam 17.30 saya makan sayur hingga jam 21.00. Pada jam-jam ini, saya sering makan lidah buaya yang daunnya saaya beli di supermarket. Lidah buaya yang saya pakai adalah yang daunnya besar ( ada di Hero, Carrefour ) kemudian saya kupas, ambil dagingnya saja, dicuci pakai air matang yang hangat, lalu saya makan tanpa memakai gula atau pemanis apapun, gunanya untuk menghindari sariawan dan panas pada tenggorokan pada saat chemo.

Pukul 21.00-04.00 : Siklus penyerapan sari makanan
Bisa minum teh herba / teh hijau sebelum tidur. Kalau malam masih ada pekerjaan dan terasa lapar, maka saya makan buah. Bisa apel, anggur, atau buah apa saja yang tersedia dikulkas.

Pola makan seperti inilah yang saya pakai setiap hari, sedang chemo maupun tidak. Dan Insya Allah tetap akan saya pakai selamanya. Karena untuk saya, pola makan seperti ini terbukti meningkatkan daya tahan tubuh, Rasanya untuk kondisi tertentu saya lebih sehat dari orang tanpa kanker. Kalau dalam sebulan pasti ada anak buah saya yang ijin karena sakit sedang saya Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah. ( dalam arti lebih berstamina, Alhamdulillah, tidak pernah terkena flu, pusing dan sakit ringan lainnya dan keluhan-keluhan lain ) .Juga, bila dibandingkan chemo tahun kemarin, saya tahun ini lebih kuat padahal chemo saya lebih banyak ( 9 kali ) dan obat yang dimasukkan juga lebih banyak ( 4 macam obat, sehingga chemo berlangsung 12 jam ). Karena pada waktu chemo tahun 2006, konsentrasi saya menaikkan berat badan, maka meskipun makan sayur dan buah, tapi tidak mengikuti pola makan food combining secara ketat. Pola makan inipun masih menolong saya, karena selama chemo tahun 2006 itu saya juga tidak mengalami efek samping apapun hanya rambut rontok, dan pernah sekali leukosit saya turun hingga tinggal 500. itupun saya hanya merasakan lemas saja. Tapi dokter menganjurkan saya untuk diopname 2 hari untuk menghindari infeksi. Setelah itu semua berjalan biasa saja. Hanya pada chemo ke5 dan 6 lutut dan mata kaki agak ngilu kalau untuk berjalan. Ini berlangsung hingga 4 bulan setelah selesai chemo. Tapi Alhamdulillah, untuk chemo kali ini, dengan pola makan ketat, saya tidak mengalami efek samping yang berarti. Hanya rambut rontok ( jebol ? ). Kulit juga tidak mengalami kekeringan ataupun berubah warna, demikian juga kuku tidak mengalami masalah.Dan leukosit tidak ngedrop-ngedrop amat. Paling turun juga hanya sampai 2000. Dan itu saya hanya merasakan kecapean. Tapi setelah disuntik NEUPOGEN ( tahun 2006, untuk menaikkan leukosit saya menggunaka GRANOSITE, tapi ini harganya mahal ± Rp. 1.200.000, kalau NEUPOGEN harganya Rp. 830.000,-) langsung sehari kemudian leukosit naik lebih dari 10.000.

Selama menjalani chemotherapy, saya juga tidak diberi tambahan vitamin apapun dari dokter, tidak makan suplemen apapun. Saya hanya mengandalkan pola makan saja, ditambah untuk melindungi ginjal saya tiap 2x seminggu minum temulawak, kunyit dan supaya tidak pahit ditambah beras kencur. Juga 2x seminggu minum kunyit putih.

Pola makan Food Combining yang saya ikuti ini, bukan berarti saya anjurkan untuk pasien kanker lainnya. Ini hanya sharing pengalaman saja. Masih banyak pola diet yang lain, yang mungkin cocok untuk pasien- pasien kanker, silahkan dicoba. Yang hendak saya garis bawahi disini adalah kalau kita sudah ada kanker maka pola hidup kita harus berubah. Tentu saja ini berubah untuk menuju hal yang lebih baik , jangan sembarangan makan. Dan jangan merasa menderita karena tidak bisa makan seenak dulu lagi nikmati saja makanan yang bisa kita makan. ada pepatah mengatakan bahwa kenikmatan makanan hanya sebatas lidah, setelah itu semuanya rasanya sama saja. Yang paling penting, kan setelah masuk ke perut, bermanfaat tidak makanan itu bagi tubuh.Meskipun dengan pengaturan pola makan memang tidak menjamin kanker tidak kambuh lagi, tapi masih ada keuntungan yang lain apabila hidup lebih teratur, badan jadi lebih segar, tidak lekas capai, kulit jadi lebih bersinar meskipun sudah dihajar dengan obat-obat yang mengandung radioaktif.

Tag:

16 Tanggapan to "MAKANAN / NUTRISI BAGI PASIEN KANKER"

Terima kasih
banyak Mbak. Saya rasa informasi ttg pola makan ini sangat penting. Karena kurangnya informasi, bisa jadi malah membuat sel kanker tumbuh. Setelah mastectomy lalu, saya masih mengkonsumsi ikan goreng, tempe goreng, cumi, gula. Buah dan sayur yang dikonsumsi juga hampir sama tiap hari.

informasi yg bagus & berguna. makasih & semoga cepat sembuh ya danty…

Salut dengan artikel ini plus pengalaman pribadi penulis. Saya juga melakukan FOOD COMBINING sejak 2 tahun yang lalu dan hingga saat ini saya mencoba untuk menjadi LACTO OVO VEGETARIAN (tidak mengkonsumsi daging, tapi masih mengkonsumsi susu dan putih telur)
Banyak manfaatnya…migrain saya yang sudah puluhan tahun berangsur membaik dan saat ini boleh dibilang tidak pernah migrain lagi.

Mbak Ani,saya sebelum melakukan food combining juga sempat 1 tahun melakukan Vegetarian full, atas saran seorang shinshe. Tapi mungkin jalan hidup saya,ya.Pola itu tidak berhasil karena kanker saya naik kelas terus sampai stadium lanjut dan metastasis. Tapi keuntungannya adalah, karena saya sempat melakukan pola makan vegetarian sebelum pengobatan dokter, maka ketika chemo saya tidak merasakan side efek yang berartiuntahpun tidak.Padahal saat itu saya dalam kondisi hancur-hancuran.Mungkin karena 1 tahun vegetarian itu saya tanpa sadar melakukan detox,ya.Kalau sekarang saya memakai pola food combining saja.

Soal pola makan, saya menghargai banget pilihan masing-masing orang. Teman sy pernah datang menangis histeris karena setelah 7 tahun menjadi vegan ternyata kena kanker juga. Saya hanya mengatakan “beruntung kamu vegan, jika tidak mungkin kankermu datang lebih cepat.”……Apapun yang kita jalani, selama tidak merugikan orang lain, saya percaya sekali Tuhan pasti menyayangi kita dengan caraNya.Amin

Yak, betul sekali.Itu khan salah satu ikhtiar manusia, ya mbak.Tapi tetap kita ini khan terdiri dari jasmani dan rohani.kalau jasmaninya sehat, rohaninya tidak ya repot,to?.Sudah diusahakan hidup sebaik-baiknya ternyata benjolan datang lagi. Yah hanya Tuhan yang tahu kapan benjolan capek mengganggu.

Setujuuuuuuu apapun yang terjadi, LIFE IS BEAUTIFUL……….he-he-he

Isteri saya kena tumor payudara stadium dini. Kami memutuskan untuk pengobatan alternatif dengan obat dari Tien Shi, karena banyak kesaksian orang sembuh dari kanker dengan obat tsb. Saya juga anjurkan dia banyak makan sayur dan buah atau jus. Tidak semua makanan vegetarian bagus untuk mencegah atau mengobati kanker, tapi yang tertentu saja. Yang paling baik adalah sarang semut, strawbery dan brokoli, selanjutnya apel (harus dengan kulitnya), wortel, tomat, anggur, benalu teh, mengkudu, mahkota dewa, buah merah, bit, pisang, jeruk, dan sayuran bayam. dan teh hijau. Setelah satu bulan, puji Tuhan, dia kini tampak sudah mulai baik dan sangat sehat, meski belum sembuh total.

Semoga istri Bapak selalu dalam lindungan Tuhan YME, dan kondisinya bisa semakin membaik. Tapi apapun pengobatan ayang Bapak pilih, sebaiknya selalu dikontrol perkembangan tumornya melalui test-test laboratorium standar pada kanker payudara, diantaranya : tumor marker yaitu dengan test CA 15.3 yang harus < 30 ( standard Prodia ), test CEA, bone scanning, photo thorax, USG abdomen. karena kanker merupakan pencuri yang paling lihai. sayapun dulu menjalani hal yang hampir sama dengan istri Bapak tapi ternyata tidak berhasil, karena saya merasa badan OK-OK saja tanpa menjalani test2 standard tsb, sehingga sampai parah. OK, Pak apapun keputusan anda dan istri, tapi jalani saja test-test itu tiap 6 bulan sekali, total biayanya kurang dari Rp. 1.500.000,-

Mbak Danty, saya bersyukur banget lho lewat situs ini sy belajar banyak tentang kanker. Makasih ya mbak, anda telah menjadi saluran berkat bagi banyak orang yang membutuhkan informasi. Sy (usia 36 th) pasien kanker yang sudah dioperasi pertengahan April 09 di JBC dgn dr. Evert. Waktu saya dioperasi, sy tanya suster2 dan dr. Ratna di sana, dan mrk inget sama mbak Danty hehehe… Status kanker sy wkt itu adalah Carcinoma Mammae sinistra T2N1M0/ std II B. Sy baru tau terkena kanker akhir Maret 09 lalu, dan krn sy belajar banyak dari pengalaman mbak Danty (sy sampe nangis deh baca “Saya Pasien Kanker Payudara”) sy memutuskan langsung mau dioperasi tanpa berusaha mencari pengobatan2 alternatif lagi. Saya yakin ini jalur yang paling safe buat saya. Ayah dan adik sy pun dokter, jd mrk meyakinkan sy jalur medis adalah yg terbaik.
Kanker saya telah menyebar ke getah bening juga, dan hasil PA pasca operasi adalah : Carcinoma mammae ductal invasive, solid turbular, drajat 2.
Enam dari 23 kelenjar getah bening level I dan II mengandung anak sebar dan salah satu diantaranya telah menembus simpai. (krn itulah sy hrs di chemo kt dokter)
Awal mei 09 ini sy mulai diradiasi/radioterapi di RSCM krn operasi sy bkn mastectomy, tp BCT, jd sudah 1 paket wajib dgn sinar. FYI sekarang tarif sinar 30x utk kasus sy sudah Rp. 30.888.000,- (sy ambil yg VIP). Yg biasa sekitar 27 jt an.
Berhubung hasil IH sy belum keluar, sy blum tau chemo sy nanti pakai obat apa…kt Prof. Tati hasil IH yg kurang bagus adalah kalau ketiganya min semua….mudah2an hasil sy baik nanti.
Yang saya mau tanyakan mbak, saat ini sy mengkonsumsi pil Ling Qi 10 butir tiap hari, (diksh dari saudara sy dr HK), plus minum Tahitian Noni (utk daya tahan tubuh), lalu mggu dpn akan diberi pil herbal 4 macam oleh teman sy: keladi tikus, kunyit putih dan 2 lg sy lupa namanya. Apakah herbal2 tersebut menurut pengalaman mbak malah akan menghambat proses pengobatan medis, ataukah bisa menolong daya tahan sy selama masa radiasi dan chemo? Krn sy baca wkt mbak chemo, mbak tidak meminum suplemen apa pun. (sy blom konsul dgn Prof. Tati nih)
Selama mbak di radiasi, adakah efek mual dan panas dalam? Krn kawan sy yg terkena kanker hidung mengalami efek samping yg menyedihkan akibat radiasi, hilang indera perasa di lidah, hilang air liur, tenggorokan perih dan muka gosong. Tapi krn sy diradiasi dibagian ketiak dan payudara, efeknya pasti tidak separah itu rasanya.
Pertanyaan kedua, bila kita IH nya lbh ke arah dipicu hormon (++-) dan bukan protein/Her2 (–+), apakah pola makan harus benar2 dijaga ketat, mengingat pemicunya lbh kearah hormonal dan bkn dr sumber makanan. Krn sy punya kenalan yg IH nya ++-, dia pasien kaker payudara std III dokter Ang Peng Thiam dr RS Mount E di Spore (sudah operasi 10th yll), dan dibebaskan utk makan makanan apa pun asalkan tau diri utk makan sewajarnya, tidak ada diet daging merah dll (hny tdk boleh vetsin, pewarna, pengawet) Ini yg bikin sy bertanya-tanya…apakah mbak Danty dpt menjelaskannya?
Pertanyaan ketiga ….ini masalah kuliner diet kanker (tersenyum sopan mode on)….sy tuh suka sekali makan apapun dgn sambal (yg dibuat sendiri, bkn botolan)…tp ktnya duh bahkan cabe pun sebaiknya dihindari…sulit rasanya sy hrs makan sayur2an kukus tanpa sambal lho mbak, kl kopi dan daging2 merah, produk2 makanan dr susu sapi, sy sanggup berhenti makan. Sy kadang makan kukusan 4 macam sayur dgn cocolan kecap manis yg diberi bawang merah goreng dan bawang putih ulek…(itu pun sy tdk tau kecap manis tmsk yg hrs dihindari tidak ya?) tp lama-lama jenuh juga….mbak punya tdk resep2 salad dressing alami yg bisa sy buat di rmh spy diet makanan sehat sy jd lbh bersemangat? sy yakin para pasien kanker lain juga mengalami hal yg sama dgn saya, was-was dgn mana yg boleh dimakan dan yg tidak….oya sy tadi beli kunyit putih di pasar, bgmn cara mengolahnya mbak? diparut atau digodok begitu? sori kl kl nanyanya puanjaang spt kereta api malem…hehehe…maklum sy OKB..(Org Baru Kanker)
Makasih Mbak Danty!

Hallo, Ana. Saya ikut bersyukur kalau blog saya bermanfaat untuk orang lain. Kapan-kapan mungkin kita ketemu di JBC, ya. Karena saya tetap rutin berobat. terutama ke Prof Zubairi. Memang benar, kalau hasil IHnya Triple negative kurang baik, karena berarti pemicu kankernya tidak diketahui. Kalau ER/PR(+) berarti pasien selain chemotherapy bisa diberi terapi hormon, kalau HER2nya positive diatas 3+ berarti selain chemo pasien akan disarankan menggunakan HERCEPTIN. Kalau triple negative ya cuma chemo saja. Tapi, itu semua khan menurut teori kedokteran, kita manusia punya sifat jasmani dan rohani masing-masing. Jasmani, mengikuti makanan yang kita konsumsi, rohani mengikuti pengalaman rohani kita, keyakinan akan pertolongan dan kasih sayangTuhan, daya juang, sikap optimis dll. Itu semua akan mengakibatkan obat yang masuk kedalam tubuh tiap pasien reaksinya bisa tidak sama meskipun obatnya sama. saya sudah sering menyaksikannya. Mengenai obat suplemen selama terapi kanker, sebaiknya tidak perlu tapi semua berpulang pada Anna sendiri,kalaupun ingin menggunakan jangan banyak-banyak pilih satu saja, takutnya nanti obat chemo atau sinar radiasi nggak bekerja maksimal. apalagi kalau didalam kandungan suplemen itu ada antioksidannya malahan nggak baik. selama menjalani terapi kanker, saya nggak pernah menggunakan herbal atau suplemen apapun karena sebelum berobat kedokter selama 2 thn saya sudah cukup main-main dengan obat alternatif, dan untuk saya gagal semua. Selama chemo dan radiasi saya Alhamdulillah tidak mengalami side efek yang berarti, saya masih bisa bekerja dan kalau menjalani radiotherapy saya biasanya ngantor dulu, sorenya baru ke RSCM. begitu setiap hari. Yang perlu diperhatika pada pasien kanker, jaga pola makan. sehingga indikator-indikator dalam tubuh kita stabil semua ( kadar kolesterol, kadar gula, dll ) itu membuat daya tahan tubuh tinggi sehingga kita kuat menjalani terapi. dan Indya Allah, kanker juga tidak agresif menyebar.

Mba, apakah efek samping yang diakibatkan kemoterapi seperti rambut rontok dan kerusakan pada kulit akan bisa pulih kembali setelah proses kemoterapi selesai?
Berapa lama biasanya pelaksanaan kemoterapi dari satu pelaksanaan ke pelaksanaan berikutnya?

Terimakasih Mbak…

Side efek kemotherapy, bisa pulih seperi semula. bahkan untuk rambut, malahan menjadi lebih lebat, dan yang tadinya lurus jadi sedikit ikal

Mbak Ana,

Bisa bantuannya untuk recomendasi rumah sakit dan dokter yang bagus dalam penanganan kanker payudara?
Berapa kira2 biaya operasi pengangkatan tumor di payudara saat ini mengingat saya memiliki benjolan di kedua payudara saya.

Terimakasih.

Saya bukan Ana, tapi ingin membantu menjawab pertanyaan Ningrum. Sebenarnya dokter mana saja tergantung kecocokan pasien yang penting cari dokter yang bekerja secara team, dan dokter bedah Onkologynya cari yang teliti. Sebagai informasi saja, saya berobat di Jakarta Breast Centre Jl. Kramat VI no 14. Tapi semua sekali lagi kembali pada kecocokan hati pasien

Trima kasih mbak… atas infonya..
kbetulan ortu sy terdx CA Paru std 3b
Walaupun berat sy masih berharap masih ada keajaiban spy bpk sy bisa sembuh. skrg beliau masih kemotrapi dan ada gejala kakeksia…
Smoga masih ada harapan…

Tinggalkan Balasan

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 677,514 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

