Weblog Kanker Payudara

JENIS – JENIS KANKER PAYUDARA

Posted on: Januari 6, 2008

Diterjemahkan dari Mayo Clinic

breast-anatomy.jpg

NORMAL BREAST PROFILE :
A. Ducts
B. Lobules
C. Dilated section of duct to hold milk
D. Nipple
E. Fat
F. Pectoralis major muscles
G. Chest wall / Rib cage

ENLARGEMENT :
A. Normal Duct Cells
B. Basement Membrane
C. Lumen

Jenis kanker payudara yang paling umum adalah berasal dari saluran air susu ( ductal carcinoma ) atau kelenjar air susu ( lobular carcinoma ). Penentuan asal kanker ditentukan dari bentuk sel kanker yang terlihat secara microscopic dalam biopsy.

In situ breast cancer
In situ breast cancer adalah type kanker yang mana sel kanker tetap berada dalam selubung tempat asalnya. Jadi sel kanker tidak menyerang jaringan disekitar saluran air susu atau kelenjar air susu. Jenisnya antara lain :

Ductal Carsinoma In Situ ( DCIS )

ductal-carcinoma-in-situ.jpg

ENLARGEMENT:
A. Normal duct cells
B. Duct cancer cells
C. Basement membrane
D. lumen ( centre of duct )

Adalah suatu sel abnormal di sepanjang saluran air susu yang tidak menyerang jaringan sekitar payudara. Ini adalah kanker payudara stadium awal. Beberapa ahli menganggap DCIS adalah kondisi sangat awal dari kanker. Hampir semua wanita dengan DCIS ini bisa disembuhkan. Tapi ada juga yang berkembang menjadi kanker payudara yang invasife.

· Lobular Carsinoma In Situ ( LCIS )

lobular-carcinoma-in-situ.jpg

ENLARGEMENT :
A. Normal lobular cells
B. Lobular cancer cells
C. Basement membrane

Bahwa suatu sel abnormal masih berada dalam kelenjar air susu, dan tidak menyerang jaringan disekitarnya. Masih menjadi kontroversi diantara ahli-ahli kanker bahwa apakah LCIS merupakan suatu stadium sangat awal dari kanker ataukah hanya merupakan penanda bahwa itu dimasa datang akan berubah menjadi kanker. Tetapi para ahli juga sepakat bahwa apabila seseorang mempunyai LCIS, berarti di kemudian hari dia mempunyai resiko untuk mempunyai kanker pada salah satu payudaranya. Pada payudara yang terdapat LCIS bisa berubah menjadi invasive lobular breast cancer. Bila kanker berkembang pada payudara yang lain, maka bisa jadi menjadi Invasife Lobular atau Invasife Ductal Carsinoma.

Invasive breast cancer ( Kanker payudara yang invasive )
Invasive ( infiltrating ) breast cancer adalah jenis kanker yang sel kankernya telah keluar / lepas dari mana dia berasal, menyerang jaringan sekitar yang mendukung saluran dan kelenjar- kelenjar payudara. Sel-sel kanker ini bisa menyebar keberbagai bagian tubuh, seperti ke kelenjar getah bening. Jenisnya antara lain :

· Invasive Ductal Carsinoma ( IDC )

invasive-ductal-carcinoma.jpg

ENLARGEMENT :
A. Normal duct cells
B. Ductal cancer cell breaking through basement membrane
C. Basement membrane

Dianggap sebagai penyebab terbesar kanker payudara yang invasive. Jika seorang wanita mempunyai IDC, maka sel kanker yang berada di sepanjang saluran air susu akan keluar dari dinding saluran tersebut dan menyerang jaringan disekitar payudara. Sel kanker bisa saja tetap terlokalisir, berada didekat tempat asalnya atau menyebar ( metastasis ) kebagian tubuh yang lain, terbawa oleh peredaran darah atau system kelenjar getah bening. Untuk jenis IDC solid tubular, meskipun invasive tapi masih lumayan terkendali dibanding jenis invasive lain.

· Invasive Lobular Carsinoma ( ILC )

invasive-lobular-carcinoma.jpg

ENLARGMENT :
A. Normal cells
B. Lobular cancer cells breaking through the basement membrane
C. Basement membrane

 Meskipun tidak sebanyak IDC, type ini juga mempunyai sifat yang mirip. ILC, berkembang dari kelenjar yang memproduksi susu dan kemudian menyerang jaringan payudara disekitarnya. Juga bahkan ke tempat yang lebih jauh dari asalnya. Dengan ILC, penderita mungkin tidak akan merasakan suatu benjolan, yang dirasakan hanyalah adanya semacam gumpalan atau suatu sensasi bahwa ada yang berbeda pada payudara. ILC, bisa diditeksi hanya dengan menyentuh, dan kadang juga bisa tidak terlihat dalam mammogram. ILC ini bersifat seperti cermin, kalau payudara kanan ada benjolan, biasanya sebelah kiri juga ada.

Type – type yang tidak biasa / Jarang pada kanker payudara
Tidak semua type kanker payudara berasal dari saluran air susu atau kelenjar air susu. Beberapa jenis yang tidak umum adalah :

Inflammatory Breast Cancer
jenis ini jarang, tapi termasuk type kanker payudara yang agresive. Kulit pada payudara menjadi merah dan bengkak. Atau menjadi tebal / besar. Berbintik-bintik menyerupai jeruk yang terkelupas. Ini dikarenakan oleh sel kanker yang memblock pembuluh getah bening yang letaknya dekat permukaan payudara.


Medullary Carcinoma.
Type spesifik pada invasive breast cancer. Dimana batas tumor jelas terlihat. Sel kanker lebar dan sel system imun terlihat disekitar batas tumor.

Tubular carcinoma
Jenis kanker yang jarang ini dinamaidemikian karena bentuk sel kanker ketika dilihat dibawah microscope. Meskipun merupakan invasive breast cancer tapi tampilannya lebih baik dari Invasive Ductal Carcinoma dan Invasive Lobular Carcinoma.

Metaplastic carcinoma
Mewakili kurang dari 1% dari seluruh pasien yang baru didiagnosis mempunyai kanker payudara.Perubahan bentuk jaringan biasanya terlokalisir / terbatas dan berisi beberapa sel yang berbeda, yang secara typical tidak ditemui pada kanker payudara yang lain.Harapan kesembuhan dan cara penanganannya sama dengan Invasive Ductal Carcinoma.Sarcoma
Tumor yang tumbuh pada sambungan antara jaringan di payudara. Jenis tumor ini biasanya kemudian menjadi kanker ( malignant )

Micropapillary carcinoma
Type ini cenderung untuk menjadi agresive, sering menyebarnya ke kelenjar getah bening, meskipun ukurannya kecil.

Adenoid cystic carcinoma
Jenis kanker ini penggolongannya dilihat dari ukurannya, tumor local.Termasuk jenis invasive, tetapi lambat dalam pertumbuhan dan penyebaran

About these ads
Tag:

8 Tanggapan to "JENIS – JENIS KANKER PAYUDARA"

Hai… dalam tiga minggu terakhir ini payudara kiri saya sering terasa sakit dan setelah saya cari posisi sakitnya ada di bawah punting susu namun tidak ada benjolan yang saya temukan. Saya coba mencocokkan dengan ciri-ciri kanker payudara yang dikemukakan dalam beberapa artikel namun tampaknya hanya ciri-ciri kulit payudara yang berkerut menyerupai kulit jeruk saja yang nampak.. tapi seingat saya kerutan-kerutan itu sudah ada sejak saya hamil dan menyusui (kulit yang merenggang dan pembuluh darah yang nampak jelas), apakah gejala yang ada pada saya itu menunjukkan payudara saya terkena kanker? terimakasih

Kikan, susahlah untuk mengetahui di PDmu itu kanker atau bukan, karena informasi sangat minim. Kenapa kamu nggak konsultasi dengan dokter Onkology yang dulu merawat kanker serviksmu?.kalau ternyata bukan kanker khan kamu bisa tenang.

fabriodenoma perikanakulare termasuk kanker dan stadium berapa?

mau tanya kalo sel T47D itu spesifik buat kanker payudara apa ya ? truz info ttg T47D dpat liat dimana ?

mau tanya tentang sel kanker payudara spesifik T47D buat jenis kanker payudara apa ya?

wah saya hanya pasien kanker jadi maaf,ya kalau nggak tahu.

mau tanya, saya sebelumnikah ada kelenjar di payudara sebelah kanan, kemudian di oprasi dan hilang, setelah menikah dan punya anak,ada kelenjar lagi di sebelah kanan payu dara.dan sampei sekarang masih ada. yang saya tanyakan. apabila saya hamil lagi apakah tidak menggangu dengan kesehatan saya dan janin saya. terimakasih.

Sri, apakah kata dokter itu kelenjar biasa? kalau,ya mungkin karena hormon kamu nggak stabil. Stabilkan kondisi hormon dengan cara hidup sehat. ( makan sehat, olah raga, dll ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 701,616 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: