Weblog Kanker Payudara

STADIUM DAN GRADE DALAM KANKER PAYUDARA

Posted on: Desember 22, 2007

Tulisan ini disarikan dan diterjemahkan dari website ASCO foundation dan website CANADIAN CANCER SOCIETY

Stadium dalam kanker, adalah untuk menggambarkan kondisi kanker, yaitu letaknya, sampai dimana penyebarannya, sejauh mana pengaruhnya terhadap organ tubuh yang lain. Dokter menggunakan test-test untuk menentukan stadium dari kanker. Jadi stadium belum bisa ditentukan apabila test-test itu belum komplit / selesai. Dengan mengetahui stadium, ini adalah salah satu cara yang membantu dokter untuk menentukan pengobatan apa yang cocok untuk pasien.

Salah satu cara yang dokter gunakan untuk menggambarkan stadium dari kanker adalah system TNM. System ini menggunakan tiga criteria untuk menentukan stadium kanker. Yaitu :

  1. Tumor itu sendiri. Seberapa besar ukuran tumornya dan dimana lokasinya ( T, Tumor )
  2. Kelenjar getah bening di sekitar tumor. Apakah tumor telah menyebar kekelenjar getah bening disekitarnya? ( N, Node )
  3. Kemungkinan tumor telah menjalar ke organ lain ( M, Metastasis )

breast_credit.jpg

STADIUM 0 :
Disebut Ductal Carsinoma In Situ atau Noninvasive Cancer. Yaitu kanker tidak menyebar keluar dari pembuluh / saluran payudara dan kelenjar-kelenjar (lobules) susu pada payudara.

STADIUM I
Tumor masih sangat kecil dan tidak menyebar serta tidak ada titik pada pembuluh getah bening

breast_stagei_large2.jpg

STADIUM IIa :
Pasien pada kondisi ini :

  • Diameter tumor lebih kecil atau sama dengan 2 cm dan telah ditemukan pada titik-titik pada saluran getah bening di ketiak ( axillary limph nodes )
  • Diameter tumor lebih lebar dari 2 cm tapi tidak lebih dari 5 cm. Belum menyebar ke titik-titik pembuluh getah bening pada ketiak ( axillary limph nodes ).
  • Tidak ada tanda-tanda tumor pada payudara, tapi ditemukan pada titik-titik di pembuluh getah bening ketiak.

breast_stageiia_large2.jpg

STADIUM IIB :
Pasien pada kondisi ini :

  1. Diameter tumor lebih lebar dari 2 cm tapi tidak melebihi 5 cm.
  2. Telah menyebar pada titik-titik di pembuluh getah bening ketiak.
  3. Diameter tumor lebih lebar dari 5 cm tapi belum menyebar.

breast_stageiib_large2.jpg

STADIUM III A :
Pasien pada kondisi ini :

  • Diameter tumor lebih kecil dari 5 cm dan telah menyebar ke titik-titik pada pembuluh getah bening ketiak.
  • Diameter tumor lebih besar dari 5 cm dan telah menyebar ke titik-titik pada pembuluh getah bening ketiak.

.

breast_stageiiia_large2.jpg

STADIUM III B :
Tumor telah menyebar ke dinding dada atau menyebabkan pembengkakan bisa juga luka bernanah di payudara. Atau didiagnosis sebagai Inflammatory Breast Cancer. Bisa sudah atau bisa juga belum menyebar ke titik-titik pada pembuluh getah bening di ketiak dan lengan atas, tapi tidak menyebar ke bagian lain dari organ tubuh.

breast_stageiiib_large2.jpg

STADIUM IIIC :
Sebagaimana stadium IIIB, tetapi telah menyebar ke titik-titik pada pembuluh getah bening dalam group N3 ( Kanker telah menyebar lebih dari 10 titik disaluran getah bening dibawah tulang selangka ).

breast_stageiiic_large2.jpg

STADIUM IV :
Ukuran tumor bisa berapa saja, tetapi telah menyebar ke lokasi yang jauh, yaitu :
Tulang, paru-paru,liver atau tulang rusuk.

breast_stageiv_large2.jpg

GRADE
Untuk mengetahui Grade Kanker, sample-sample hasil biopsy dipelajari dibawah microscope. Suatu grade kanker payudara ditentukan berdasarkan pada bagaimana bentuk sel kanker dan perilaku sel kanker dibandingkan dengan sel normal. Ini akan memberi petunjuk pada team dokter seberapa cepatnya sel kanker itu berkembang.
Berikut adalah Grade dalam kanker payudara :

GRADE 1 :
Ini adalah grade yang paling rendah, sel kanker lambat dalam berkembang, biasanya tidak menyebar.
GRADE 2 :
Ini adalah grade tingkat sedang
GRADE 3 :
Ini adalah grade yang tertinggi, cenderung berkembang cepat, biasanya menyebar.

About these ads
Tag:

32 Tanggapan to "STADIUM DAN GRADE DALAM KANKER PAYUDARA"

Dear Bapak/ Ibu,

Apa dalam tes untuk menentukan stadium berapa, pasien harus di operasi atau hanya melalui tes darah atau tes apa? please share to celiaponi@yahoo.com
Thank you in advance.

Celia

Jawaban sudah dikirim lewat alamat email diatas

ini untuk info tambahan aja
Pada kanker payudara, penilaian TNM sebagai berikut :

• T (Tumor size), ukuran tumor :

T 0 : tidak ditemukan tumor primer
T 1 : ukuran tumor diameter 2 cm atau kurang
T 2 : ukuran tumor diameter antara 2-5 cm
T 3 : ukuran tumor diameter > 5 cm
T 4 : ukuran tumor berapa saja, tetapi sudah ada penyebaran ke kulit atau dinding dada atau pada keduanya , dapat berupa borok, edema atau bengkak, kulit payudara kemerahan atau ada benjolan kecil di kulit di luar tumor utama
• N (Node), kelenjar getah bening regional (kgb) :

N 0 : tidak terdapat metastasis pada kgb regional di ketiak / aksilla
N 1 : ada metastasis ke kgb aksilla yang masih dapat digerakkan
N 2 : ada metastasis ke kgb aksilla yang sulit digerakkan
N 3 : ada metastasis ke kgb di atas tulang selangka (supraclavicula) atau pada kgb di mammary interna di dekat tulang sternum
• M (Metastasis) , penyebaran jauh :

M x : metastasis jauh belum dapat dinilai
M 0 : tidak terdapat metastasis jauh
M 1 : terdapat metastasis jauh
1.2.2.2. Setelah masing-masing faktot T,.N,M didapatkan, ketiga faktor tersebut kemudian digabung dan didapatkan stadium kanker sebagai berikut :

Stadium 0 : T0 N0 M0
Stadium 1 : T1 N0 M0
Stadium II A : T0 N1 M0 / T1 N1 M0 / T2 N0 M0
Stadium II B : T2 N1 M0 / T3 N0 M0
Stadium III A : T0 N2 M0 / T1 N2 M0 / T2 N2 M0 / T3 N1 M0 / T2 N2 M0
Stadium III B : T4 N0 M0 / T4 N1 M0 / T4 N2 M0
Stadium III C : Tiap T N3 M0
Stadium IV : Tiap T-Tiap N -M1

aku punya temen cewe. ia sering mengeluh kalu payudaranya terasa sakit dan panas. setelah aku lihat kok perbatasan antara puting dan payudaranya ada lingkaran putih dan ada benjolan. trus ia sering mengeluh sakit leher,ternyata pada lehernya ada benjolan. apa yang diderita temen saya itu???mungkin gak itu kanker?
terimakasih

Bisa iya bisa tidak. kalau benjolannya memang keras sekali ya lebih baik ke dokter bedah Onkology. Karena kalau melalui diskusi ini, saya takut salah. Benjolan di leher, bisa juga akibat metastase dari kanker payudara, bisa juga bukan. Silahkan memenui dokter Onkology, untuk pemeriksaan lebih lanjut

payudara saya besarnya beda yg kiri lebih besar daripada yg kanan,,itu dari masa pertumbuhan payudara saya waktu ada dua benjolan kecil secara tdk sengaja payudara kanan saya kebentur meja akhirnya benjolan itu pecah,,apa yg terjadi dgn payudara saya? saya mohon jawaban dikirim ke email saya.terimakasih

halo, saya mau sharing tentang keadaan yang telah saya alami.
tahun ini saya berumur 19thn,
tepatnya tahun lalu, saya menyadari adanya benjolan di payudara saya. akhirnya ma2 saya segera membawa saya ke beberapa dokter dirumah sakit. Mereka semua bilang bahwa benjolan saya ini disebut ‘tumor jinak’ yang tidak berbahaya.
akhirnya ma2 membawa saya berobat ke kuching. ternyata setelah diperiksa ‘benjolan’ saya ada 5buah. 2 yg agak besar, sisanya masih kecil2.
Dokter bilang yang kecil tidak bisa diambil karena terlalu kecil, dan bisa diambil nanti ketika saya sudah tua (ketika payudara sudah mengendor).
Faktor yang menyebabkan tumor saya ini, karena mereka tumbuh bersamaan dengan tumbuhnya payudara saya ketika masih kecil (jaman SMP). jadi tidak ada kemungkinan tumbuh lagi (kata dokter-__-).
akhirnya saya dioperasi (mengambil yang besar).
bagi saya sendiri, mengambil keputusan untuk operasi sangatlah berat. akan tetapi saya berusaha meyakinkan, ini untuk kesembuhan saya.

tenyata.. sekitar 6 bulan kemudian tumor saya tumbuh lagi!!
sampai sekarang belum saya periksakan lagi ke dokter. sekitar 2-3 buah yang agak besarT-T..
mungkin sekarang saya lebih memilih menjaga pola makan (vegetarian), tidak jajan, dan mencari pengobatan tradisional atau obat2an dibanding harus melakukan operasi lagi. (bad experience)

saya sudah searching dan menemukan ‘tahitian noni juice’. saya tertarik untuk mencobanya. mudah2an bisa sembuh^^..

saran saya kepada teman2, mulai sekarang jaga pola makan, kurangi makan daging (dada ayam boleh), banyak makan brokoli (antioksidan plg tinggi), bagi yang bergolongan darah O hindari makan gandum, jangan lagi makan junkfood.
periksa payudara sebelum terlambat. kita masih muda, jangan sampai masa depan kita jadi hancur karena penyakit mematikan ini. ^^

@ea: Bad experience apa? btw, saya ga yakin dengan obat MLM macam noni, mahkota dewa, sarang semut, dll…

Ea says : bagi yang bergolongan darah O hindari makan gandum. Apakah sudah ada penelitian mengenai itu? Bagaimana dengan oatmeal/havermut?

Ibu Rina, saya tidak menganut diet menurut golongan darah, saya cenderung lebih setuju bahwa cara makan kita mengikuti siklus pencernaan dan diperbanyak makan buah, sayur, kacang-kacangan termasuk juga gandum. asal makanan yang kita makan tidak berlebihan dan tidak hanya satu jenis, maka kita pasti akan mencapai kecukupan gizi. Jaga agar berat badan tidak berlebih, darah tidak kental, kholesterol tidak tinggi dan parameter-parameter kesehatan yang lain stabil Insya Allah kita bisa menjaga daya tahan tubuh.

ass.. bapak/ibu
saya mau minta tolong,,apa ada x-ray hasil mammography disini??
saya mw gunakan untuk tugas akhir saya(skripsi) sebagai bahan nya,,
saya perlu hasil xray kanker payudara hasil mammography dengan stadium yg berbeda2..
mohon bantuannya

kalau ada tolong dikirimkan ke email saya
terima kasih

saya baru mengetahui saya berumur 22 tahun.Tidak mengetahui apapun tentang payudara yang dia antara 2 payudara terdapat benjolan kecil yang bisa digerakkan.Mohon bantuan apakah itu tumor.

Nicken, tumor adalah benjolan, nah benjolan itu berbahaya atau tidak baru diketahui dari pemeriksaan dokter Onkology. OK?

saya usia 20 th ( oktober nanti )
1 bulan yg lalu saya iseng2 waktu mandi ( heeh… biasanya mandi byur 2 aja sih ) iseng2 cek payudara saya,, ehh ada benjolan. saya jd takut juga. :(
apalg kalau sudah mengena ke risiko kematiannya,, wuihh.. merinding

waktu itu benjolan yg dapat saya raba terasa sekali.bnjolannya tidak besar, terletak di payudara sebelah kanan,.tp sekarang benjolan itu kalau diraba terasa samar2 ( ga tau knp )
apa mungkin benjolan tersebt mengecil? dan hilang _hehe =D

dan payudara sebelah kanan saya lebih besar _ jujur saya merasa aneh_ malu. knp kebanyakan wanita yg memiliki ukuran payudara yg berbeda justru yg lebih gede payudara di sebelah kiri,_ :|

pertanyaan saya ;
1. apakah payudara yg lebih besar diakibatkan karena terdapat tumor?
2. benjolan ukurannya kira2 1cm_ ini stadium 1 bukan?? apa perlu operasi?
3. ada jalan lain selain mammografi? *malu sih* :D
4. bisa tolong balas ke email saya phinx_dh@yahoo.co.id ?
thanks
(:

ada yang saya mau tanyakan, sahabat saya menderita ca payudara sudah dikemoteraphy, dan radiasi masing-masing 2 paket, tapi kondisi sekarang daerah sekitar payudara (dada) tangan dan lengan terdapat benjolan-benjolan daging berwarna merah yang keluar, apakah benjolan-benkolan itu mestatase ca payudaranya ato apa??
Apakah masih ada harapan untuk sembuh mengingat saat ini tidak lagi dilakukan pengobatan medis karena kondisi tidak memungkinkan. Selain itu lengan juga mengalami pembengkakan.
Seandainya masih ada solusi pengobatan, pengobatan macam apa dan dimana
Terima kasih

Kemungkinan besar ya, merupakan metastase CA PD. yang sudah ke Kelenjar Getah Bening. Alternatif pengobatan lain, kalau maksudnya diluar pengobatan medis, saya tidak bisa sarankan. Karena saya sendiri menjadi parah juga karena pengobatan2 alternatif. Jadi silahkan saja pihak keluarga teman berunding. Tspi menurut saya, ya sebaiknya chemo dan radiasi lagi

Istri saya 1 bln yg lalu operasi pengangkatan bejolan di payudara. Pada pemriksaan awal di RS tempat operasi dinyatakan ada keganasan dan indikasi penyebaran ke getah bening. Lalu dicoba utk melakukan pemeriksaan lbh detail ke RS Kanker Dharmais. Hasil pemeriksann Riodiagnostik; USG Abdomen Pelvis, Foto Thorax, Bone scan, USG Payudara dinyatakan tdk tampak kelainan apapun dari masing hasil radiologi tsb semua. Namun pada pemeriksaan ulang Patalogi dari biobsy terdapat pernyataan: Tidak tampak keganasan. Namun dari hasil kesimpulan: Histologik sesuai dgn metastasis Krsinoma duktal invasif payudara, Grade III/P3/T3/M3 pd kelenjar getah bening, menembus simpai menyebuk kejaringan lemak disekitanya. dan terdapat Fibroadenomamammae pd jaringan payudara disekitar massa tumor ganas.
Kira2 apakah yg dimasud dng kesimpulan tsb? Mhn dpt pejelasannya. Terima kasih.

Pak Ican, kalau baca hasil PAnya sih benjolan istri Bapak memang menunjukkan kanker. gradenya 3 dan P,T,M menunjukkan penyebarannya. Cuma saya nggak ngerti, ada massa tumor ganas tapi disisi lain dibilang tidak menunjukkan keganasan. lebih baik Bapak konsultasi kedokter bedah Onkology yang mengoperasi istri Bapak. tanyakan tindakan selanjutnya mumpung dari hasil radiology semuanya masih baik. Biasanya sih akan di radioteraphy dan chemotherapy dengan obat ringan. Tapi coba tanyakan dulu kedokter

Ap sj penanganan pada seriap stadium?

Stadium itu hanya menunjukkan ukuran dan penyebaran. sedangkan penanganannya tergantung hasil biopsi, operasi, dll. Itu yang memutuskan adalah team dokter, tergantung data-data yang sudah terkumpul. kalau ada sel ganasnya ya dioperasi, chemotherapy dan radiasi.

Saya berusia 18thn, ingin bertanya di payudara saya terasa ada benjolan di keduanya.. lalu putingnya tertarik kedalam dan kadang2 keluar cairan putih…
apakah itu termasuk kanker??
saya sangat takut karna itu sudah terjadi sejak saya kelas 6 SD… tolong jawabannya sangat saya tunggu..

Dian, apakah benar putingmu tertarik kedalam? mungkin memang bentuknya seperti itu. Biasanya seumur kamu tidak ada kanker hnya fam biasa

keponakan saya (30) belum menikah tetapi divonis stadium IV, terjadi pembengkakan tanpa luka dan mengeras (payudara kanan), bagian kulit seputar dada berwarna merah, sampai ke belakang, bagian dibawah payudara kanan agak mengeras dan terasa sakit, apakah telah terjadi metastasi? apa tindakan terbaik? apakah ada kemungkinan payudara kiri juga terkena?

Henny, biasanya kalau stdium IV, selain untuk menyatakan ukuran tumornya juga untuk menyatakan metastasisnya. Cobalah baca hasil PAnya kemana metastasisnya. Payudara kiri belum tentu kena. biasanya dokter akan melakukan chemotherapy dulu, untuk mengecilkan benjolannya atau kalau sudah kesakitan, ya untuk menghilangkan rasa sakitnya. dan disusul dengan radiotherapy. bisa juga kombinasi chemotherapy dan radiotherapy biasanya obat chemonya dengan dosis yang ringan. setelah itu baru payudaranya dioperasi. tidak usah takut operasi payudara tidak sakit, dan karena keponakan Henny belum nikah, biasanya dokter akan sekalian menawarkan rekonstruksi payudara. Apabila setelah operasi hasil PAnya menyatakan ada sel ganasnya kemungkinan besar akan chemo lagi.

iya benar puting saya tertarik ke dalam, dan keluar cairan putih.. tp tidak terasa sakit jika disentuh
apakah benar jika jamur kayu dapat menyembuhkan kanker payudara?

Dian, biasanya herbal itu hanya memperkuat daya tahan tubuh. Untuk kesembuhan kanker kurang bahkan ada yang semakin parah. Kamu bisa lihat di RSCM atau Dharmais. Tapi apapun keputusan pengobatan adalah hak setiap orang. Dan harus siap dengansegala konsekwensinya. Kamu ke dokter aja dulu, jangan takut

kakak saya baru menjalani pengangkatan tumor. kemudian diberitahukan bahwa dia menderita tumor ganas stadium I.
dan sedang mempertimbangkan untuk diangkat.
pertanyaan saya,
1. bisa tolong jelaskan kondisi dan tindakan yg perlu dilakukan apa saja jika berada dalam stadium I?
2. apakah masih dapat disembuhkan tanpa harus mengangkat salah satu payudaranya?
tks.

Halen, masalah payudara akan diangkat semua atau tidak, biasanya bisa dilihat darihasil PAnya dulu. Kalau kelihatannya sudah mau menginfiltrasi lokasi lain, mungkin memang harus mastektomi, tapi itu bisa didiskusikan dengan dokternya. Ada juga kalau masih bisa dipertahankan PDnya, dokter akan menawarkan pengobatan Neo Adjuvant yaitu dichemo dengan dosis rendah dikombinasi dengan radioterapy untuk mengecilkan tumornya dulu. Kalau harus mastektomi bisa juga langsung diadakan bedah rekonstruksi untuk membuat PD baru. Pokoknya segala kemungkinannya bisa didiskusikan dengan dokter. Jangan diam saja nanti kamu nggak puas. Stadium I sesuai teori kedokteran adalah stadium dini, mudah disembuhkan. asal ada effort juga dari kakakmu.

tolng jelaskan apakah ada hubungan breast cancer dengan ovarian cancer
tolng yach
tlng balas ke e-mai ku yach
kalo bisa selengkap2nya ya.
thanks
GOD BLESS

Rano, memang utk sebag. Pasien kanker PD yg penyebabnya krn hormon akan diberi hormon terapi slm 5thn yg side efectnya utk sebag.pasien adl ovarium cancer

hallo bapak / ibu…..
satu bulan lalu saudara saya menjalani operasi pengangkatan benjolan (tumor???) di payudaranya….setelah operasi dokter mengatakan bahwa hasil lab menunjukkan kankernya sudah stadium tiga dan payudara harus diangkat. Saudara saya menolak untuk dioperasi lagi dan sekarang mencoba pengobatan alternatif.
Apakah keputusan tersebut sudah benar? apakah kanker stadium tiga sudah termasuk ganas??? apakah benar pengobatan alternatif bisa menyembuhkan kanker??? tolong dijawab secepatnya agar saya bisa memberi masukan yang bermanfaat untuk saudara saya ini….trims

sista, sy mau share dunk, tp bisa ga ke email aja?
email sy pi6_eve@yahoo.co.id
ditunggu ya sist balasannya :(

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pita Pink

Pita Pink

Arsip Kankerpayudara

Blog Statistik (sejak Des'07)

  • 715,936 pengunjung

support by:

whiteshirt | media
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: